DASAN TUMBU DITERJANG BANJIR

SURALAGA_Hujan deras yang melanda wilayah kebupaten Lombok Timur, Jumat (26 Desember 2014) pada siang hari sekitar pukul 12.00 hingga pukul 02.00 WITA mengakibatkan air  sungai Odang Dasan Tumbu Desa Tumbuh Mulia kecamatan Suralaga meluap. Air sungai yang meluap tersebut mengakibatkan tanaman padi dan palawija terendam. Kemudian salah satu sawah milik warga yang berdekatan dengan perkampungan jebol sehingga puluhan rumah terendam oleh air setinggi lutut orang dewasa. Hal tersebut membuat warga yang bermukim di kampung Rambutan itu panik. Masyrakat pun kewalahan membendung derasnya air yang masuk ke halaman rumah karena tidak adanya akses untuk mengalihkan aliran air.

Akibat derasnya air juga telah merusak bangunan talud di sungai Ancar. Rumah warga yang berada di atasnya dalam kondisi gawat  darurat. Sehingga pemilik rumah harus mewanti-wanti jika sewaktu-waktu ikut tergerus air. Sementara pekarangan rumah mereka yang berhadapan langsung dengan kali tersebut sudah terkikis sedikit demi sedikit.

Menurut warga setempat banjir tersebut diakibatkan karena tidak adanya jaringan iringasi pada jalan yang baru saja dibangun oleh program PNPM beberapa bulan lalu. Bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya ketika belum adanya jalan baru belum pernah terjadi banjir seperti itu meskipun hujan sampai sehari. Sedang kali ini durasi hujan yang hanya tiga jam saja telah mengakibatkan banjir.




Artikel Terkait

Kabar Desa Tumbuh Mulia 2651811744947706690

Post a Comment

emo-but-icon

item