PERINGATI ISRO’ MI’RAJ, PEMUDA DASAN TUMBU ADAKAN BERBAGAI MACAM PERLOMBAAN


Mawarlan, S.Pd.I (Kades Tumbuhmulia)

Kabartumbuhmulia: Sebagai wujud rasa syukur atas datangnya bulan Isro’ Mi’raj, yakni salah satu bulan yang disakralkan oleh umat Islam, pemuda dasan Tumbuh memperingatinya dengan berbagai perlombaan.

Isro' Mi'raj sendiri merupakan  momentum penerimaan salat lima waktu oleh nabi Muhammad SAW, maka pemuda dan remaja dasan Tumbu desa Tumbuhmulia mengemas suatu kegiatan yang bertemakan salat lima waktu. Sehingga jenis perlombaan yang digelar pun terokus pada kegiatan-kegiatan keamaan.

Adapun jenis-jenis perlombaan yang dikompetisikan antara lain Tahfiz ayat-ayat pendek tingkat SD/MI, tahfiz al-Quran satu juz tingkat umum, tahfiz nazam batu ngompal tingkat SD/MI, tahfiz Asmaul Husna tingkat SD/MI, lomba azan tinkat SD/MI, cerdas cermat islami tingkat SD/MI dan SMP/MTs, murottal Quran tingkat umum, dan  terakhir lomba pidato tingkat SD/MI dan umum.

Acara perlombaan akan berlangsung selama tiga hari, yakni dari tanggal 14 s.d. 16 Mei 2015 M (25 – 27 Rajab 1436 H). 


Sementara kegiatan perlombaan di pusatkan di depan kantor desa Tumbuhmulia dan di Musalla Darul Iman yang berada di belakang kantor desa. Acara pembukaan langsung dibuka oleh kepala desa Tumbuhmulia dan dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai unsur masyarakat desa Tumbuhmulia.

Dalam pidato sambutannya, Kepada desa Tumbuhmulia menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para pemuda dan remaja tersebut. Tidak ada alasan bagi beliau untuk menolak segala bentuk kegiatan yang bersifat positif.


“Tidak ada alasan bagi kami untuk menolak kegiatan positif semacam ini, sehingga kami akan selalu siap untuk membantu dan mengarahkan agar lebih baik.” Tegas Kepala desa Tumbuhmulia..

Sedangkan ketua panitia, M. Hipni sebelumnya juga telah menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar para remaja semakin mencintai al-Quran. Karena al-Quran adalah pedoman hidup yang harus selalu dipelajari dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

M. Hipni juga mengatakan bahwa cukup besar animo masyarakat terhadap kegiatan yang dilaksanakan tersebut . Hal itu terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut ambil bagian di berbagai mata lomba.

Jumlah peserta yang mendaftarkan diri pada kegiatan ini mencapai 150 orang. Sebagian besar berasal dari TPQ-TPQ yang ada di dasan Tumbu, selebihnya datang dari berbagai dusun di wilayah desa Tumbuhmulia.

Pada hari pertama para peserta lomba cukup antusias dalam mengikuti perlombaan. Disambut dengan riuh para penonton yang bertepuk tangan sehingga kegiatan tersebut terkesan cukup meriah.

Artikel Terkait

Kabar Desa Tumbuh Mulia 1597817689441335801

Post a Comment

emo-but-icon

item