Manfaat Membaca dalam Kehidupan

Membaca adalah kegiatan otak yang membuat orang menjadi cerdas dan lebih bijak dalam menyikapi kehidupan. Kita mengenal nama-nama seperti Albert Einstein, Antony Robin, Soekarno, Muhammad Hatta, Mario Teguh, dan lain sebagainya, adalah orang-orang yang bersahabat dengan buku. Mereka menjadi berpengaruh di dunia karena banyak membaca buku. 

Berbicara soal manfaat membaca memang sangat banyak sekali. Di antaranya sudah disebutkan tadi.  Dan berikut ini adalah manfaat membaca buku secara lebih rinci yang perlu kita ketahui. 
  1. Membaca dapat mengusir perasaan was-was, kecemasan, dan kesedihan.
  2. Membaca dapat menghindarkan seseorang agar tidak tenggelam dalam hal-hal yang batil.
  3. Membaca dapat menjauhkan kemungkinan seseorang untuk berhubungan dengan orang-orang yang menganggur dan tidak memiliki aktivitas.
  4. Membaca dapat melatih lidah untuk berbicara dengan baik, menjauhkan kesalahan ucapan, dan menghiasinya dengan balaghah dan fashahah.
  5. Membaca dapat mengembangkan akal, mencerahkan pikiran, dan membersihkan hati nurani.
  6. Membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan pengembangan daya ingat dan pemahaman.
  7. Dengan membaca orang dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain, kebijaksanaan kalangan bijak bestari, dan pemahaman ulama.
  8. Mematangkan kemampuan seseorang untuk mencari dan memperoses pengetahuan, untuk mempelajari bidang-bidang pengetahuan yang berbeda, dan penerapannya dalam kehidupan nyata.
  9. Menambah keimanan, khususnya ketika membaca buku-buku karangan kaum muslimin. Sebab buku merupakan; pemberi nasihat yang paling agung, pendorong jiwa yang paling besar, dan penyuruh kepada kebaikan yang paling bijaksana.
  10. Membaca dapat membantu pikiran agar lebih tenang, membuat hati agar lebih terarah, dan memanfaatkan waktu agar tidak terbuang percuma.
  11. Membaca dapat membantu memahami; proses terjadinya kata secara lebih detil, proses pembentukan kalimat, untuk menangkap konsep dan untuk memahami apa yang ada di balik tulisan. (La Tahzan, 2013 : 131-132)


Tujuh Kunci Agar Menjadi Pribadi yang Positif  
Cara Mengatasi Insomnia
Sepuluh Bunga Hidup Bahagia

Artikel Terkait

Tips 8210798519871873885

Post a Comment

emo-but-icon

item