Mensyukuri dan Mengisi Kemerdekaan


Mensyukuri dan Mengisi Kemerdekaan | Tinggal beberapa hari lagi Hari Ulang Tahun Republik Indonesia akan tiba. Adalah hari kebanggaan bersama bagi seluruh rakyat Indonesia. Hari di mana para pejuang Tanah Air meraih kesuksesan. Kesuksesan yang ditandai dengan Proklamasi Kemerdekaan RI sebagai publikasi secara nasional dan internasioanal sehingga diakui oleh bangsa luar bahwa Indonesia telah merdeka.

Dengan adanya kemerdekaan itu maka kita patut bersyukur atas limpahan rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Karena tanpa Izin-Nya bangsa ini tidak mungkin menjadi bangsa yang besar dan merdeka seperti sekarang ini.

Tidak lupa kita berterima kasih setinggi-tingginya kepada pejuang bangsa.  Mereka telah berkorban jiwa dan raga dalam meraih kemerdekaan. Tanpa usaha keras mereka kita tidak mungkin merdeka. Jadi, ikhtiar dan doa mereka telah melengkapi perjuangan kemerdekaan bangsa ini.

Kemudian yang menjadi tanggung jawab kita sekarang adalah bagaimana menjaga kemerdekaan itu dengan sebaik-baiknya. 

Apa yang kita hadapi sekarang bukanlah musuh yang menggenggam peluru dan mesiu, namun kita sekarang hanya perlu berjuang mengentaskan kebodohan dan kemiskinan. Maka tanggung jawab kita mengisi kemerdekaan itu adalah dengan berperan serta dalam pembangun fisik dan nonfisik bangsa. 

Jadi banyak cara untuk mengisi kemerdekaan ini. Sesuai dengan profesi masing-masing. Dengan bekerja secara disiplin dan jujur adalah cara kita mencintai bangsa ini dan itu artinya kita telah mensyukuri sebuah kemerdekaan.

Bagi kamu yang masih pelajar perlu mengisi kemerdekaan dengan cara tekun dalam belajar  sehingga kelak kamu bisa menjadi manusia Indonesia yang tangguh yang mampu menjadikan bangsa ini lebih maju. 

Kita tidak perlu mencari sesuatu yang lebih dari bangsa ini. Apalagi sampai saling menjatuhkan satu sama lain.

Seperti apa yang dikatakan oleh Bapak Proklamator Soekarto bahwa "Jangan kau tanyakan apa yang telah diberikan oleh negara kepadamu, tapi tanyakanlah apa yang telah kau berikan kepada bangsa dan negaramu."

( Sumber gambar : antoksoesanto )

Artikel Terkait

Artikel 7825876879196033412

Post a Comment

emo-but-icon

item