Tujuh Kunci Agar Menjadi Pribadi yang Positif

Pikiran negatif akan menghasilkan tindakan negatif. Begitu pula sebaliknya pikiran yang positif akan membuat kita bertindak ke arah yang positif.

Alangkah indahnya hidup ini apabila bisa selalu berpikir positif, atau dalam bahasa agamanya "husnuzzon" (prasangka baik), lawan kata dari "suuzzhon" (prangsangka buruk).

Gambaran orang-orang bodoh terlihat dari cara berpikirnya. Salah satu cara berpikir orang bodoh adalah sering berpikir yang negatif. Maukah kita dikatakan orang yang selalu berpikiran negatif?

Berpikir negatif juga akan menghambat kemajuan. Kita tidak bisa berkembang dengan baik. Ibarat bunga yang dihinggapi oleh hama. Bunga menjadi kusut dan layu, bahkan bisa menjadi berguguran akibat ganasnya serangan hama tersebut.

Jadi hama ibarat pikiran negatif. Jika tidak segera dihilangkan, ia akan menghancurkan hidup ini.

Maka tujuh hal berikut ini sangat ampuh untuk membuat menjadi  diri yang positif alias tidak terjangkit virus atau hama pikiran negatif.


Tujuh Kunci Agar Menjadi Pribadi yang Positif

1. Mengatakan hal-hal yang positif pada diri sendiri 
Berbicaralah secara positif dengan diri Anda sendiri ; kendalikan dialog batin Anda. Gunakan kalimat penegasan dalam bentuk positif. Misalnya: "Saya suka pada diri saya!" "Saya pasti bisa!" "Saya sangat luar biasa!"

2. Visualisasi Positif 
Ciptakan sebuah gambaran yang jelas dan menarik mengenai sasaran dan kehidupan yang ideal bagi Anda, setelah itu putar gambaran itu berulang kali di dalam benak.

3. Orang-orang yang positif 
Buatlah keputusan hari ini  juga untuk bergaul dengan para pemenang, dengan orang-orang yang positif, orang-orang yang bahagia dan  optimis, yang memiliki tujuan dengan hidup mereka.

Hindari orang-orang yang negatif. Mereka adalah sumber utama kehidupan yang tidak menyenangkan. 

4. Santapan Rohani yang Positif 
Bacalah buku, majalah, juga artikel yang mendidik, inspiratif, dan memotivasi. Bekali pikiran dengan informasi serta ide-ide yang membuat Anda maju dan senang serta merasa lebih percaya diri terhadap diri dan dunia Anda.

5. Pelatihan dan pengembangan yang positif 
"Pendidikan formal akan memberi Anda nafkah; pendidikan  diri akan memberikan Anda kekayaan." (Jim Rohn)

6. Kebiasaan sehat yang positif 
Makanlah makanan yang baik, yang menyehatkan, dan bergizi seimbang. Buatlah keputusan untuk berolahraga secara teratur. Dan yang paling penting, luangkan waktu untuk beristirahat dan bersantai.

7. Harapan Positif 
Berharaplah untuk sukses. Berharaplah menjadi sosok yang populer bila Anda berkenalan dengan orang yang baru. Berharaplah untuk mencapai tujuan yang besar dan ciptakanlah kehidupan yang luar biasa bagi diri Anda sendiri. Ketika Anda selalu mengharapkan terwujudnya hal-hal yang baik, Anda tidak akan sering mengalami kekecewaan.

Dipetik dari buku "Kiss That Frog!" Karya Brian Tracy & Christina Tracy Stain

Cara Mengatasi Insomnia
Sepuluh Bunga Hidup Bahagia

Artikel Terkait

Tips 3010714398488376497

Post a Comment

emo-but-icon

item