Bahasa Indonesia Bahasa yang Kaya dan Dinilai Layak Menjadi Bahasa ASEAN

Selama ini bahasa Indonesia memang terus diupayakan untuk bisa menjadi bahasa internasional. Misalnya melalui forum BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Dari forum BIPA sendiri tercatat bahwa ada sekitar 29 negara yang juga menyelenggarakan pengajaran atau kursus bahasa Indonesia, itu di luar Indonesia dan kawasan Melayu (Alwi, 2011: 117).
Baca Juga: Film Ayu Anak Titipan Surga, Ajarkan Pendidikan Karakter pada Anak
Dengan kenyataan pertumbuhan minat belajar bahasa Indoneisa di luar negeri yang sangat menggembirakan itu, besarlah kemungkinan bahasa Indonesia ini pun akan diterima di percaturan internasional. Lebih-lebih di tingkat ASEAN, bahasa Indonesia memiliki posisi yang sangat strategis.

Seperti juga halnya berita yang dilansir oleh ANTARA News bahwa "Bahasa Indonesia berasal dari negara dengan penduduk sekitar 250 juta, seharusnya bisa menjadi bahasa ASEAN," kata Guru Besar Tetap bidang Linguistik Universitas Mataram Prof. Dr. Mahsun, M.S, di Gelar Wicara Internasionalisasi Bahasa Indonesia, di Universitas Negeri Jakarta, Kamis.

Meskipun bahasa Indonesia memang hanya memiliki 90.000 kosa kata tetapi mempunyai strategi gramatikal untuk menciptakan kata baru. Sehingga, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang kaya, demikian kata Mahsun (antaranews)

Sumber:
  • Hasan Alwi. 2011. Bahasa Indonesia Pemakai dan Pemakaiannya. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
  • antaranews.com
  • Gambar: filemakalah.ga

Artikel Terkait

Kabar Pendidikan 7614231585463073226

Post a Comment

emo-but-icon

item