Empat Kemahiran yang Perlu Dikuasai Oleh Pelajar Abad 21

Pelajar Abad 21

Empat Kemahiran yang Perlu Dikuasai Oleh Pelajar Abad 21 | Pergerakan zaman yang begitu cepat membuat segala sesuatunya menjadi berubah drastis. Pola pikir manusia, seni budaya, corak politik, dan interaksi sosial berkembang pesat mengikuti arus zaman yang terkadang tidak bisa dikendalikan. Dalam hal ini teknologi informasi dan komunisasi yang paling berperan dalam mengubah peradaban umat.

Untuk mengimbangi hal yang demikian itu, masing-masing diri manusia perlu menjejali dirinya dengan berbagai ilmu pengetahuan.

Tentu akan jauh berbeda dengan manusia yang hidup di abad 20 ke bawah. Manusia pelajar abad 21 harus lebih tanggap dan lincah dalam mengimbangi kemajuan IPTEK. Maka dari itu pelajar abad 21 perlu membekali diri dengan hal-hal berikut ini.

Baca Juga: Jika Ingin Populer di Sekolah, lakukan Tiga Hal Ini

1. Kemahiran Membaca dan Menulis
Membaca dan menulis adalah dua buah aktifvitas yang tidak boleh ditinggalkan oleh pelajar. Karena teknologi informasi membutuhkan dua hal ini. Seperti kata orang “Siapa yang menguasai informasi, maka dialah yang terdepan.” Maksudnya orang yang suka membaca biasanya adalah orang memiliki wawasan luas dan berilmu tinggi. Maka salah satu cara untuk bisa menaklukkan teknologi informasi adalah dengan membaca dan menulis.

2. Kemahiran Berfikir dan Menyelesaikan Masalah
Kemahiran berfikir dan menyelesaikan masalah sebenarnya dampak dari kemahiran membaca dan menulis. Jika orang sudah terbiasa membaca dan menulis maka ia akan terbiasa berpikir kritis. Terutama kegiatan menulis.  Kegiatan menulis membuat orang menjadi pakar. Akibat dari menulis juga membuat orang bisa cepat menyelesaikan masalah karena sudah terbiasa berpikir kritis.

3. Kemahiran Memimpin Diri
Memimpin diri maksudnya menguasai diri. Tidak terombang ambing oleh pergolakan zaman. Dalam hal ini ilmu agama sangat berperan. Jadi setiap pelajar abad 21 haruslah membekali diri dengan ilmu agama. Karena ilmu agama akan membuat orang menjadi lebih taat dalam menjalankan agamanya.

4. Kemahiran Berkolaborasi dan Bergaul

Kemahiran yang satu ini sebenarnya mutlah dikuasai oleh setiap orang. Karena manusia adalah mahluk sosial, manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain. Setiap manusia selalu saling  membutuhkan. Maka tidak layak seorang pelajar hidup nafsi-nafsi. Hidup sendiri-sendiri membuat orang sulit berubah.

Kemahiran berkolaborasi dan bergaul identik dengan kemahiran berbicara atau berkomunikasi. Orang yang pandai berkomunikasi biasanya pandai bergaul. Orang yang cakap berkomunikasi juga biasanya selalu berada di depan. Para peminpin negara, pemimpin agama, pemimpin sebuah perusahaan sejatinya adalah orang-orang yang pandai berkomunikasi sekaligus pandai berkolaborasi dan bergaul.

Maka pelajar abad 21 haruslah bisa berkolaborasi, bisa bernegosiasi, da berinteraksi dengan banyak karekter orang. Kehangatan dan keakraban adalah sesuatu yang menyenangkan. Lebih-lebih dalam dunia bisnis, orang yang berbicara manis biasanya bersifat menjual.

Baca: Hari Gini, Belajar Kebut Semalam, Nggak Banget!
Sumber gambar: phinueisal.wordpress.com

Artikel Terkait

Artikel 1734932547666146965

Post a Comment

emo-but-icon

item