Hari Gini, Belajar Kebut Semalam, Nggak Banget!

Satu hal yang mungkin sering kamu lakukan selama ini adalah belajar dengan sistem kebut semalam. Kebanyakan sih siswa melakukan hal seperti itu. Biasanya pas lagi ada semesteranan saja baru mulai belajar. Ini lah sebenarnya yang membuat nilai kamu menjadi buruk. Karena kamu tidak akan bisa menghafal pelajaran satu semester dalam satu malam. Maka mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Mungkin dengan berbagai dalih sehingga kamu melakukan kebiasaan buruk tersebut. Misalkan kamu sangat aktif di eskul. Padahal sebenarnya itu bukan alasan. Belajar tetap lebih penting, apalagi mendekati masa Ujian. Tapi, asalkan kamu bisa mengatur waktu, bisa kok kamu mengikuti kegiatan apa pun di luar belajar.

Nah, daripada kamu belajar dengan sistem kebut semalam, mending ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buatlah Jadwal Belajar
Membuat jadwal untuk rutinitas kamu menjadi hal wajib, agar kamu memiliki time keeper untuk aktivitas. Jangan lupa, masukkan pula jadwal untuk belajar minimal satu jam setiap harinya. Perlu diingat, jadwal yang sudah dibuat harus diikuti. Motivasilah diri kamu untuk mengikuti jadwal yang sudah dibuat. 

Baca: Jika Ingin Populer di Sekolah, Lakukan Tiga Hal Ini

2. Istirahat yang Cukup
Setelah belajar di sekolah, biarkan tubuh kamu istirahat sejenak. Tidur yang cukup atau bermain bisa membuat tubuh dan pikiran kamu kembali segar. Setelah itu, kamu bisa mulai belajar dari pelajaran yang paling sulit karena pikiran yang segar bisa menyerap pelajaran lebih dalam lagi.

3. Rapikan Catatan
Sebelum mulai belajar, rapikan dulu catatan kamu. Tulis kembali hal-hal yang penting dan buatlah seringkas mungkin. Kamu juga bisa mengubahnya menjadi mind mapping yang unik agar bisa lebih mudah dan cepat memahami setiap pelajaran.

4. Latihan Soal
Selain merapikan catatan yang sudah dibuat, jangan lupa untuk latihan soal juga, supaya kamu makin memahami pelajaran yang sulit dimengerti. Jika kesulitan mengerjakan latihan soal, kamu bisa membuat kelompok belajar untuk mendiskusikannya atau masukkan daftar pertanyaan untuk konsultasi ke guru.

5. Pilih Bimbingan Belajar yang Tepat
Persiapan yang satu ini tidak boleh dilupakan, pilihlah bimbingan belajar yang siap untuk memberikan kemudahan kamu dalam belajar. Bimbingan belajar yang memiiki pengalaman dan kualitas terbaik selama puluhan tahun bisa menjadi pilihan kamu untuk mempermudah pemahaman pelajaran kamu.


Sumber: Liputan6

Artikel Terkait

Tips 708825310421724696

Post a Comment

emo-but-icon

item