Lima Tahun Ke Depan Pendidikan Madrasah Dicangkan Akan Menjadi Model Bagi Dunia Internasional

Pemerintah memang tidak tanggung-tanggung dalam memperhatikan dunia pendidikan khususnya madrasah. Pemerintah telah membuat peta arah bagi peningkatan kualitas pendidikan madrasah lima tahun ke depan. Hal tersebut sesuai dengang visi Kementerian Agama “Kami ingin mengembangkan pendidikan Islam yang toleran, moderat, inklusif di Indonesia serta menjadi model bagi dunia internasional,"
Baca: Kemenag Targetkan Tahun 2019 Semua Guru Agama dan Madrasah Disertifikasi
Grand desain peningkatan mutu untuk 5 tahun ke depan sudah selesai disusun oleh Tim Direktorat Pendidikan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, Kemenag.

Sementara Kamaruddin Amin, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama mengungkapkan "Untuk 5 tahun ke depan, setidaknya diperlukan biaya hingga 24 T (triliun)," (Liputan6.com)

Menurut Guru Besar Ilmu Hadits UIN Alauddin Makassar tersebut, sedikitnya ada 3 komponen besar program penguatan mutu pendidikan madrasah dalam 5 tahun ke depan, yaitu pertama, peningkatan kompetensi untuk lebih dari 1,2 juta guru madrasah, staf pendukung, manajer, dan personel penjaminan mutu.

Kedua, bantuan untuk lebih dari 45.000 madrasah dalam memenuhi Standar Nasional Pendidikan sebagai dasar akreditasi (termasuk air bersih dan fasilitas sanitasi) dan Standar Pelayanan Minimal. "Bantuan ini bersifat stimulan untuk melengkapi sumber pendanaan lain," jelas Kamaruddin.

Ketiga, rehabilitasi lebih dari 110.000 ruang kelas yang rusak, fasilitas khusus untuk pendidikan inklusif dan kebutuhan fasilitas serta bantuan teknis yang berkualitas tinggi.

Demikianlah info yang bisa kami bagikan kepada Sahabat Guru, semoga bisa bermanfaat.
Info selengkapnya bisa dilihat di liputan6.com

Artikel Terkait

Kabar Pendidikan 1198313538370869548

Post a Comment

emo-but-icon

item