Satu Menit Pertama Akan Mempengaruhi Proses Pembelajaran Dua Jam Ke Depan

Apa yang disebut-sebut sebagai Golden Minutes adalah menit-menit pertama saat baru dimulai proses pembelajaran. Yaitu sebuah kalimat pembuka yang akan mengantarkan makna dan intisari pelajaran. Semakin peka Anda dengan makna bahasa pembuka di kelas Anda, maka akan semakin mudah materi pelajaran yang Anda sampaikan  diserap oleh siswa.

Disadari atau tidak, kalimat pembuka Anda di dalam kelas adalah oksigen yang akan memompa kesegaran  dan motivasi anak untuk belajar selama dua jam pelaran ke depan.

Kalimat pembuka yang keluar di detik-detik pertama bagaikan pelontar roket yang akan membawa imajinasi anak melayang jauh ke angkasa yang penuh dengan kedahsyatan mata pelajaran Anda. 

Baca: Cara Membuat Anak Mencintai Buku

Kalimat pembuka bagai energi awal yang akan menempatkan imajinasi  siswa pada kondisi yang sangat ideal untuk masuk materi pelajaran.

Kalimat pembuka di dalam kelas Anda adalah bahasa yang akan mengantarkan dunia ilmu yang tersembunyi di balik materi pelajaran saat itu.

Kalimat pembuka merupakan bahasa yang bukan hanya berperan sebagai kunci yang akan membuka pintu pikiran siswa dalam menyambut materi pelajaran, namun juga bagai pupuk yang akan menuburkan daya serap (receptive) dan rasa penasaran setiap individu untuk memahami pelajaran (inquiri).

Berdasarkan hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi dan perhatian siswa berada pada kondisi yang optimal pada menit-menit awal ketika Anda berada di hadapan mereka. Dan beberapa saat kemudian konsentrasi mereka cenderung menurun seiring dengan gerak otak bawah sadar mereka . di sinilah tantangan besar bagi para guru untuk menahan agar golden minutes ini bukan hanya bertahan lebih lama namun juga bisa digunakan dengan sangat optimal.

Setelah itu otak bawah sadar mereka akan secara tidak langsung memutuskan bahwa pikiran mereka akan ‘lanjut’ atau ‘tidak’ dengan Anda selam dua jam pelajaran ke depan. Artinya mereka akan menghabiskan waktu bersama Anda dalam kondisi siap menerima dan mengikuti segala kegiatan Anda di kelas dengan sepenuh hati atau sebaliknya.

Kemampuan anak untuk berkonsentrasi memang sangat beragam. Namun kecerdikan Anda dalam ‘memanipulasi’ waktu dan kegiatan anak akan membantu mereka tetap utuh untuk besama Anda dalam keadaan apapun.

Memanipulasi waktu dan kegiatan berarti menjadikan waktu dan kegiatan terasa begitu kuat, berisi, dan attractive


*Dikutip dari buku “One Minute before Teaching.”

Baca Juga:
Rahasia Sukses Orang Jepang yang Perlu Diketahui

Artikel Terkait

Artikel 1351514179948687666

Post a Comment

emo-but-icon

item