Tiga Langkah Ini Akan Membuat Ranking Kamu Menjadi Seksi di Setiap Akhir Semester

Bagaimana hasil rapor sekolah kamu selama ini? Apakah sudah cukup membanggakan? Apakah orangtua kamu sudah bisa tersenyum? Bila belum, saatnya kamu harus berubah.

Mungkin saja selama ini kamu masih membudayakan belajar kebut semalam. Padahal itu adalah kebiasaan yang sangat buruk untuk nilai kamu.

Baca juga: Hari Gini Belajar Kebut Semalam Nggak Banget!

Agar tidak terjadi lagi sistem belajar kebut semalam, maka kamu harus memangkas setiap aktivitas di luar belajar yang tidak perlu.

Maka inilah hal yang harus kamu lakukan agar rangking kamu menjadi  lebih seksi. Ingat ya, rangking yang dikatakan seksi itu dari 1 – 3.


Mengurangi Nonton TV 

Tidak ada larangan untuk nonton TV. Karena TV juga bisa menambah wawasan. Asalkan bisa memilih channel yang mendidik.

Tetapi menonton TV yang berlebihan akan sangat mengganggu aktivitas belajarmu. Maka, kalau mau rangking kamu menjadi seksi di semester mendatang, mulai sekarang kamu harus bisa diet TV.

Mengurangi Aktivitas di Media Sosial (Medsos) Seperti Facebook, Twitter, Line, dll.

Ini adalah semacam virus. Karena terus terang saya menganggap medsos seperti narkotika. Jika sudah ketagihan orang-orang akan berada pada tarap ketergantungan.

Jika kamu merasakan galau saat tidak mencicit atau membuat status dalam sehari, atau sekedar melihat notifikasi. Itu tandanya kamu sudah mulai dijangkiti virus medsos.

Maka pada tarap seperti itu sudah pasti medsos sangat mengganggu aktivitas belajar. Sama halnya dengan menonton TV, kamu juga harus diet medsos bila ingin ranking kamu menjadi ramping.

Membuat Jadwal Harian

Ini dia yang harus kamu lakukan, dan wajib bila kamu benar-benar menginginkan rangking mengecil.
Karena Ini adalah hal yang dilakukan oleh orang-orang cerdas. Ini pula yang diterapkan oleh orang-orang sukses di dunia. Apa itu? yakni membagi waktu.

Jadi kamu harus membagi waktu kuhusus di luar sekolah seperti waktu belajar, waktu membantu orangtua, waktu bermain, waktu nonton TV, waktu online jika kamu suka online, dan lain sebaginya. Kemudian tempel jadwal harian itu di kamar kamu.

Khusus untuk waktu nonoton TV, seperti yang terdapat dalam bukunya Sugihastuti bahwa idealnya tidak boleh lebih dari 15 jam perminggu. Jika lebih kamu masih belum bisa mejadi pelajar unggulan.

Adapun manfaat membagi waktu yaitu pertama, dengan membagi waktu semua pelajaran akan habis kamu pelajari hingga akhir semester. itu artinya kamu tidak perlu belajar kebut semalam lagi. Dan otomatis kamu akan lebih menguasai setiap mata pelajaran.

Kedua, dengan membagi waktu kamu tidak akan ketinggalan dengan acara TV favoritmu, tidak pula ketinggalan menyapa sahabatmu di medsos. Lebih penting lagi kamu akan bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lain seperti membantu orantua, menghadiri eskul, dan lain sebagainya.

Terakhir, satu hal yang harus kamu pegang teguh adalah konsisten, yaitu kamu harus taat dengan jadwal yang telah dibuat. Jika tidak, ya sudah terima saja rangkingmu yang tak pernah bisa mengecil namun justru semakin membengakak. (Abduh Sempana)

Baca Juga: Dua Kebiasaan Belajar yang Baik

Artikel Terkait

Tips 5945372311605117340

Post a Comment

emo-but-icon

item