Contoh Proposal Permohonan Dana Pengadaan Alat Kesenian

Berikut ini adalah Contoh Proposal Permohonan Dana Pengadaan Alat Kesenian. Jika Anda kesulitan mengkopi paste, silakan Pesan Contoh Proposal dan RAB Berbentuk Word/Exel di Sini.

Lihat juga:
Contoh Proposal Permohonan Bantuan Buku Bacaan Gratis

KOP SURAT
---------------------------------------
Nomor : 03/IPDB/Daskul/2015
Lamp : 1 Exsp
Prihal : Mohon Dana

Yth. Bapak Gubernur Provinsi NTB
di - 
         Mataram
         


Bismillahirrohmanirahim
Assalamu’alaikum.Wr.Wb.

Dengan Hormat. Dalam perjalanan sejarah Pemuda sangatlah menentukan arah perjuangan Negara Indonesia dimasa-masa mendatang, untuk meningkatkan kreativitasnya diperlukan perhatian semua pihak oleh itu karena Pemuda adalah harapan bangsa untuk pembangunan di segala segi kehidupan. Maka lewat kesempatan ini kami dari Pemuda memiliki aktivitas yang ingin coba untuk kami gali dalam bidang seni. Maka oleh karena itu kami sangat mengharapkan semua kalangan untuk mendukung kegiatan maupun kreativitas yang kami jalankan demi meningkatkan aktivitas yang positif. 

Demikian permohonan ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik disampaikan terima kasih.

Wabillahitaufiq Walhidayah
Wassalamu’alaikum. Wr.Wb.  

Dasan Kulur, 12 Januari 2015 M

IKATAN PEMUDA DASKUL BERSATU
( IPDB )
DUSUN DASAN KULUR DESA TUMBUH MULIA KEC. SURALAGA KAB. LOMBOK TIMUR - NTB

Ketua,                                                              Sekretaris,



NAZRULLAH, SH                                          ZULFIKRI 

Mengetahui :
Kepala Desa Tumbuh Mulia


MAWARLAN, S.PdI 
-----------------------------------------------------------------------------


IKATAN PEMUDA DASKUL BERSATU
( IPDB )
DUSUN DASAN KULUR DESA TUMBUH MULIA KEC. SURALAGA
KABUPATEN LOMBOK TIMUR - NTB

Sekretariat : Jln. Simpang Kulur - Bantek Kode Pos : 83659


A.   DASAR PEMIKIRAN
Cepatnya proses peradaban sosial yang dipengaruhi oleh berbagai aspek menuntut kesigapan pemuda untuk menghadapi realitas kekinian (kontemporer), tentunya dengan berorientasi ke depan dengan melakukan penyegaran kolektif baik dibidang politik, sosial, budaya, dan agama. Berapresiasi dari berbagai fenomena yang terjadi dalam masyarakat, banyak sekali ketimpangan atau kesenjangan sebagai akibat dari dampak rekayasa sosial yang diciptakan oleh manusia. Hal ini harus segera disikapi dan diisi oleh aktivitas pemuda menuju pada perbaikan nilai-nilai kemanusiaan. 

Seni dan budaya sebagai salah satu aspek yang vital dalam pembentukan watak dan kepribadian suatu komunitas yang memperoleh kedudukan sama dengan aspek-aspek yang lain. Seni dan budaya tidak hanya pemanis peradaban, namun seni dan budaya menjadi simbol dari suatu bangsa seperti halnya dengan musik tradisional, lagu dan tarian suatu daerah dan lain-lain.

Seni panggung merupakan sebuah pilihan media sosialisasi nilai dalam tatanan struktur sosial dan mengkritisi improvisasi manifulasi realitas cultural. Hal ini akan sangat epektif karena bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga proses interaksi sosial dapat terkontrol atau minimal dapat terdeteksi gejala sosial yang  terpolak karena pengaruh rekayasa destruktif. Disisi lain, percepatan yang tidak terkontrol akan berdampak pada keresahan sosial yang berkepanjangan, sehingga perlu adanya penyegaran kolektif. Tidak hanya itu saja tapi pengadaan dan penataan instruktur serta konsep kehidupan perlu direkonstruksi untuk memenuhi metode alternatif guna mengantisipasi sekaligus menjawab berbagai perubahan.

Kesenian tradisional budaya lokal sebagai akar dari kebudayaan nasional kehidupan sosial-budaya masyarakat sasak (adat suku bangsa yang berada dipulau Lombok Nusa Tenggara Barat) senantiasa dinamis dan tidak pernah lepas dari upaya komperehensif dalam rangka menciptakan, mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai seni dan budaya lokal sebagai manipestasi konkrit dari ikatan emosional, rasa kepemilikan serta keberanian terhadap eksplorasi potensi elemen bangsa yang jelas-jelas merupakan akar dari kebudayaan nasional negeri ini ikut serta mewarnai akan heterogenitas khasanah budaya bangsa yang besar sebagaimana terpatri dalam selogannya,” satu dalam ke-bhineka-an, dan bhineka dalam kesatuan (bhineka tunggal ika, beda tapi tetap satu jua). Karena itulah, diperlukan perhatian yang lebih serius dan pemikiran baru yang bersifat konstruktif dalam menentukan setiap gerak dan langkah untuk menjunjung tinggi akan kearipan budaya lokal sebagai akar kebudayaan nasional dengan mengedepankan kepentinagan dan keutuhan maasyarakat secara makro untuk meraih tujuan strategi jangka panjang. Pemikiran-pemikiran ini tentunya sangat diharapkan dari para generasi muda yang memiliki komitmen terhadap pembangunan dan kemajuan daerah, bangsa dan negaranya. Sehingga dalam kerangka itu dipandang perlu untuk menampung berbagai aspirasi, aspirasi dan peran serta para pemuda didalam proses membangun dan memberdayakan masyarakat. Lebih jauh dapat diharapkan sebagai upaya mengembangkan dan membangun kerangka konseptual terhadap pola pikir sekaligus penjewantahan akan nilai kreasi dan apresiasi terhadap minat dan bakat yang dimiliki oleh generasi muda yang siap pakai di era pembangunan ini untuk menuju tatanan masyarakat berilmu, berbudaya dan religius, tidak terkecuali pada keikut-sertaannya dan/atau turut andil dalam mempertahankan, mengembangkan, melestarikan dan megembangkan nilai-nilai kreativitas budaya-kesenian tradisional yang ada didaerah ini.

B.    MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan terbentuknya Ikatan Pemuda Daskul Bersatu (IPDB) sebuah wadah kepemudaan untuk menampung minat dan bakat dikalangan generasi muda dalam rangka polarisasi pembinaan dan pengembangan menuju kreativitas dan produktivitas kearah positif konstruktif, yang mana dapat dijabarkan dalam beberapa varian sebagai berikut :
1. Tersedianya wadah yng dapat menampung dan menyalurkan aspirasi, minat dan bakat para kawula muda untuk turut andil dan berpartisipasi dalam proses pembangunan sehingga tidak terjerumus kepada hal-hal yang dapat menghilangkan integritas moral generasi bangsa dan tindakan destruktif lainnya.
2. Menggalang persatuan dan kesatuan dengan seni musik dan kesenian tradisional sebagai media alternatif.
3. Ikut serta secara pro-aktif mengembangkan pola pikir, minat dan bakat para generasi muda sebagai manifestasi dari pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.
4. Mampu memberikan konstribusi positif dalam mewujudkan masyarakat berbudaya religius, aman, adil dan sejahtera melalui seni dan budaya.
5. Menumbuhkan dan memotivasi pemuda agar peka terhadap fenomena sosial.

C.   ANGGARAN BIAYA. Terlampir

D.  SUSUNAN PENGURUS. Terlampir

E.  PENUTUP
Demikian permohonan ini kami buat dengan harapan mampu melahirkan sebuah kesepahaman dan kerjasama sehingga segala kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kreatifitas dapat berjalan secara berkelanjutan. Atas segala partisifasi dan kerjasama yang baik kami haturkan. Jazakumullahu Khairon Katsiro

Artikel Terkait

proposal 2472871939800039976

Post a Comment

emo-but-icon

item