Contoh Proposal Permohonan Pengembangan Sarana Peningkatan Mutu

KOP SURAT
---------------------------------------------

No. : ....................
Lampiran : 1 Bendel
Hal : Permohonan Pengembangan

Yth. Departemen  Agama RI
        Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 
        Jakarta, 10710

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat muslim terutama di wilayah Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, dengan ini kami Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa “Madrasah Tsanawiyah NW Boro’Tumbuh”, Desa Tumbuhmulia, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, sedang mengadakan sarana peningkatan mutu MTs. NW Boro’Tumbuh.  Kelengkapan sarana peningkatan mutu tersebut dengan biaya Rp. 53.095.600,00 (Lima Puluh Tiga Juta Sembilan Puluh Lima Ribu Enam Ratus Rupiah).

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan segala kerendahan hati dan penuh rasa hormat, kami mengajukan permohonan kepada Bapak Menteri Agama di Jakarta agar sudilah kiranya berkenan memberikan bantuan demi terlaksananya pembangunan tersebut.

Atas perhatian dan bantuan Bapak Menteri Agama di Jakarta, kami segenap pengurus Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa “MTs. NW Boro’ Tumbuh” menyampaikan terimakasih yang setulus-tulusnya.

Wasslamualaikum Wr. Wb.

Dasan Tumbu, 23 Januari 2015
Pengasuh
Ponpes Darul Iman Wattaqwa
MTs. NW BORO’TUMBUH




(..................................)

Kepala
MTs. NW BORO’TUMBUH




(..............................)

Mengetahui / Mendukung
Camat Suralaga




(....................................)

Kepala Desa Tumbuh Mulia




(.......................................)

Kepala Kementrian Agama Kab. Lombok Timur
Cq. Mapenda




(.................................................)
------------------------------------------------------------------------


1. LATAR BELAKANG

Arah kebijakan pendidikan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) antara lain menegaskan bahwa, pendidikan adalah untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin secara terarah, terpadu, dan menyeluruh, melalui berbagai upaya proaktif oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal disertai dengan dukungan dari lingkungan sesuai dengan potensinya.

Generasi muda merupakan sumberdaya insani potensial bagi pengembangan bangsa, oleh karena itu perlu terus dibina dan dikembangkan sesuai tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan megembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, khususnya dalam aspek keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi luhur khusunya di sekolah diupayakan pencapaiannya melalui mata pelajaran pendidikan agama yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik pada semua jenjang pendidikan. Hal ini dilakukan karena agama merupakan landasan moral, etika, dan spiritual yang kuat untuk pembanguna  bangsa. Namun demikian dewasa ini dirasakan bahwa materi pendidikan agama di sekolah masih kurang, terutama karena jumlah jam yang tersedia sangat terbatas. Akibatnya tercemin dari rendahnya orilaku hidup beragam dalam kehidupan sehari-hari.

Di daerah Suralaga kondisi tersebut diperparah oleh banyaknya generasi muda yang sudah tidak sekolah karena berbagai sebab. Dengan tingkat keimanan dan pengetahuan agama yang lemah pula. Di samping itu banyak pula orang-orang yang tergugah hatinya untuk memperdalam ilmu agama sehingga mereka memerlukan pelayanan pendidikan agama melaui pondok pesantren. Keadaan tersebut mendorong berdirinya Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa “MTs. NW Boro’Tumbuh di Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaaten Lombok Timur.

2. MAKSUD DAN TUJUAN

a. Maksud 
Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa “MTs. NW Boro’ Tumbuh” didirikan dengan maksud untuk memberikan pelayanan pendidikan agama bagi masyarakat muslim desa Tumbuhmulia dan sekitarnya seta generasi muslim dari berbagai daerah yang memerlukan.

b. Tujuan Umum
Secara umum, tujuan yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, yang berwawasan luas, mandiri, dan berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

c. Tujuan Khusus
1. Menciptakan manusia beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
2. Terbentuknya manusia berilmu agama dan berilmu pengetahuan.
3. Mampu mengamalkan, memperjuangakan ilmu yang telah dimilki.
4. Terwujudnya manusia yang ber-akhlakul karimah.
5. Mengusahan terciptanya manusia hidup mandiri dan siap pakai.
6. Menjadikan manusia berjiwa dan berpola pikir pesantren.

3. PROPIL LEMBAGA

a. Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa “MTs. NW Boro’ Tumbuh”
MTs. NW Boro’ Tumbuh didirikan pada tanggal 30 Januari 1966, kemudian mendapatkan izin operasional tanggal 29 Januari 1997 dengan Nomor SK Izin Operasional WX/1-B/63/1997. Madrasah ini berdiri di atas tanah wakaf seluas 3765 m2, terletak di Dasan Tumbu, Desa Tumbuhmulia, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur.

b. Program Kegiatan
Program kegiatan di MTs. NW Boro’ Tumbuh yaitu:
1. Kegiatan belajar mengajar konvensional merupakan kegiatan utama yang dilaksanakan setiap hari, dimulai sejak pukul 06.30 s/d 13.00.
2. Selain kegiatan pokok tersebut di atas, MTs. NW Boro’Tumbuh juga mengembang kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR, Marcing Band, dan Kasidah tradisional. Kemudian pada setiap sore Kamis diadakan hiziban akbar dan pembacaan al-Barzanji secara rutin diikuti oleh seluruh santri yang berjumlah 165 orang.
3. Pengajian umum bagi umat muslim yang diikuti oleh masyrakat luas juga diselenggaran pada setiap satu kali sebulan.

4. FASILITAS DAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)

a. Sumber Daya Manusia (SDM)
1. MTs. NW Boro’ Tumbuh ini berada di bawah naungan Pondok Pesanteran Darul Iman Wattaqa NW Boro’Tumbuh yang diketuai oleh HAMDUN AZHARI, S.Ag, dan dibantu oleh tokoh-tokoh lainnya termasuk kepala MTs. NW Boro’ Tumbuh yaitu Drs. Tajuddin.
2. Tenaga pengajar di MTs. NW Boro’Tumbuh ini terdiri dari guru/pegawai swasta yang rata-rata berpendidikan sarjana (S1) dan mengajar sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.  Jumlahnya 29 orang yang terdiri dari 15 guru laki-laki dan 14 guru perempuan.

b. Fasilitas
1. Madrasah ini fasilitasnya masih terbatas, seperti :
- Ruang kelas (6 ruang)
- Kantor (4 ruang)
- Perpustakaan (1 ruang)
2. Fasilitas yang akan dibutuhkan
- Sarana Peningkatan Mutu

5. JARINGAN KERJA SAMA

a. Madrasah ini bernaung dibawah organisasi Nahdlatul Wathan sehingga bekerja sama dengan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur.
b. Taman Pendidikan al-Quran al-Ikhlas Dasan Tumbu Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur.
c. Taman Pendidikan al-Quran Baitussollah Dasan Tumbu Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, dan
d. Taman Pendidikan al-Quran Darul Iman Dasan Tumbu Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur.

6. KEBUTUHAN DAN PENGGUNAAN DANA

Agar penyelenggaraan program-program di Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa “MTs. NW Boro’ Tumbuh” Desa Tumbuhmulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur ini dapat berjalan dengan baik, diperlukan dana yang akan dipergunakan untuk kegiatan pembangunan fisik gedung tahun 2015 dengan rincian sebagai berikut :

- Sarana Peningkatan Mutu : Rp. 53.095.600,00
-
7. SUMBER DANA

Kebutuhan dana tersebut dikumpulkan dari :
a. Dana yang sudah dimiliki (swadaya)
b. Sumbangan dari pemerintah
c. Sumbangan, infaq, amal jariyah, shadaqah dari masyarakar muslim/muslimat.
d. Donatur tetap maupun donatur tidak tetap.
e. Usulan lain yang sah dan halal.

8. SUSUNAN PENGURUS MTs. NW BORO’TUMBUH
Terlampir

9. RENCANA KERJA
Terlampir

10. RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
Terlampir

11. BADAN HUKUM
- Rekening MTs. NW Boro’ Tumbuh, terlampir.
- No. Statistik MTs NW Boro’ Tumbuh, terlampir.
- NPWP MTs. NW Boro’ Tumbuh, terlampir.
- Akta Notaris MTs. NW Boro’ Tumbuh, terlampir.

12. PENUTUP
Demikian gambaran singkat tentang Pondok Pesantren Darul Iman Wattaqwa “MTs. NW Boro’ Tumbuh” Tumbuhmulia, Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Semoga mendapat perhatian.

Untuk melengkapi proposal ini, berikut kami lampirkan gambar dan rekapitulasi rincian biayanya.
Selanjutnya dengan segala kerendahan hati dan penuh rasa hormat pengurus atau penaggungjawab MTs. NW Boro’ Tumbuh mengetuk pintu hati nurani Bapak/Ibu/Saudara untuk berkenan memberikan bantuan amal jariyah, infaq, shadaqah berupa apa saja demi terwujudnya madrasah tersebut dalam rangka mengembangkan pendidikan islam untuk kemaslahatan umat.

Semoga amal baik Bapak/Ibu/Saudara diterima di sisi Allah SWT, dan mendapatkan balasan yang setimpal baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin, aamiin, Ya Rabbal’alamiin.

Dasan Tumbu, 23 Januari 2015


Pengasuh,
Ponpes Darul Iman Wattaqwa




(..................................)
Kepala
MTs. NW BORO’TUMBUH,




(..............................)


Artikel Terkait

proposal 6970016537646201588

Post a Comment

emo-but-icon

item