Amalan-Amalan di Siang Hari pada Bulan Ramadan

Di siang hari selama bulan Ramadan, ada sejumlah amalan berfaedah dan mendatangkan pahala yang telah dicontohkan Rasulullah SAW dan para kekasih Allah SWT. Di antaranya:

1. Doa Siang 


Artinya: “Wahai pemilih bulan Ramadan. Wahai yang telah mewahyukan al-Quran dan mewajibkan hamba-hamba-Nya untuk berpuasa selama bulan itu. anugerahkanlah padaku haji yang mabrur pada tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Ampunilah segala kesalahanku yang menggunung karena sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa-dosaku selain Engkau, wahai Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.

Dalam berbagai riwayat yang terdapat dalam kitab al-Balad al-Amin dan al-Mishbah disebutkan, siapa saja yang membaca doa pengampunan pada setiap hari di bulan Ramadan, niscaya Allah SWT mengampuni dosa-dosanya selama 40 tahun.

Selain itu, kaum muslimin juga diajarkan untuk membaca doa berikut sebanyak tiga kali di setiap siang:


Artinya: “Ya, Allah, sungguh aku memohon pada-Mu seperti yang telah Engkau perintahkan pada hamba-Mu untuk senantiasa berdoa. Karena itu dikabulkan doaku ini, sebagaimana janju-Mu.

2. Tasbih Siang

Selain mengisi hari-hari dengang doa, ada juga amalan bacaan tasbih yang dibaca sebanyak seratus kali:



Artinya: “Mahasuci Tuhan pemilih bencana dan manfaat. Mahasuci Dzat yang memutuskan segala yang benar. Mahasuci Dzat yang Mahatinggi. Mahasuci Dia yang untuk-Nya segala pujian. Mahasuci Dia lagi Mahatinggi.”

3. Bersedekah

Selain berdoa dan bertasbih, kita juga dianjurkan untuk mengisi bulan Ramadan dengan bersedekah, semampunya. Cucunda Nabi SAW, Imam Ali Zainal Abidin, mengajarkan untuk bersedekah setiap hari seraya mengucapkan: La’ally ushiba laylatul qadr. (Semoga saja aku mendapatkan Lailatul Qadar)

Demikianlah amalan-amalan yang sangat penting dikerjakan untuk menambah kebajikan pada bulan suci Ramadan, khususnya pada siang hari. Semoga postingan ini beramanfaat.


Dipetik dari buku: Amalan Lengkap & Doa-doa Bulan Ramadan

Artikel Terkait

Mutiara Ramadan 3943431562184310171

Post a Comment

emo-but-icon

item