Amalan-Amalan Malam Hari di Bulan Suci Ramadan

Beberapa waktu yang lalu kami telah memposting amalan pada siang hari di bulan suci Ramadan, maka kini giliran kami berbagi tentang amalan-amalan apa saja yang sangat perlu diamalkan pada malam harinya di bulan suci Ramadan.

Amalan-Amalan Malam Hari di Bulan Suci Ramadan yaitu:

1. Mandi
Mereka yang berpuasa disunatkan untuk mandi pada setiap malama  Ramadan, khususnya di akhir malam. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa orang yang mandi pada malam pertama bulan Ramadan akan terhindari dari sakit kulit hingga bulan Ramadan berikutnya. Yang juga dianjurkan ialah mandi di sungai yang mengalir, agar ia benar-benar dalam tharah sepanjang bulan suci ini.

2. Salat
Di samping itu, kita juga dianjurkan untuk melakukan salat sunat Ramadan sebanyak dua rakaat di mana pada masing-masing rakaatnya membaca surat al-Fatihah satu kali dan disusul dengan membaca surat al-Ikhlas tiga kali.

3. Tasbih
Selesai salat tersebut, kita dianjurkan membaca tasbih berikut sebanyak tiga kali.


Mahasuci Dzat yang Maha Menjaga dan tak pernah lalai. Mahasuci Dzat yang Maha Penyayang dan tidak pernah terburu-buru. Mahasuci Dzat yang Mahategak dan tak pernah lupa. Mahasuci Dzat yang Maha Kekal dan tak pernah lalai.”

Kemudian lanjutkan dengn membaca tasbih berikut ini.


Mahasuci Engkau. Mahasuci Engkau. Mahasuci Engkau. Wahai Dzat Mahaagung. Ampunilah dosaku yang besar ini.”

4. Salawat kepada Nabi

Amalan tersebut diakhiri dengan membaca salawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya sebanyak 10 kali.


Artikel Terkait

Mutiara Ramadan 5999256507567877885

Post a Comment

emo-but-icon

item