Cara Bangun di Awal Waktu

Dulu saya selalu mengeluhkan hal yang bernama bangun siang. Tapi, sekarang saya sudah bisa mengatakan “Good bye bangun siang,” dan saya juga berhak mengatakan “Welcome bangun subuh,”.

Ya, itulah yang saya alami beberapa waktu lalu. Bahkan saya begitu benci melihat diri saya yang selalu bangun kesiangan. Karena sampai-sampai saya itu lupa mengerjakan salat subuh. Namun karena  saya bertekad untuk bangun di awal waktu,  maka saya pun berusaha keras untuk bisa bangun lebih cepat. Bahkan di dalam doa, saya juga tidak lupa mencantumkan permohonan agar saya bisa bangun di awal waktu.

Akhirnya saya pun bisa melakukannya. Saya bangun lebih dari yang saya harapkan. Saya sangat bersyukur atas nikmat Allah. Betapa Allah telah memberikan saya sesuatu yang jauh lebih baik. Saya bisa bangun setiap jam 4 pagi, sehingga saya bisa melaksanakan salat sunat.  Saya berharap itu bisa langgeng.

Maka dari beberapa kebiasaan itu, saya bisa menyimpulkan bahwa, tidak sulit sebenarnya untuk bisa bangun di awal waktu. Kuncinya hanya satu, yaitu kemauan. Kita harus berniat bangun pagi. Lalu kita pun tidak lupa berdoa untuk bisa bangun pagi.

Maka ada hal-hal  yang perlu diperhatikan ketika ingin bangun pagi.

  1. Kuatkan hati, siapkan niat untuk bangun pagi (sebelum subuh).
  2. Tentukan pekerjaan apa yang harus dikerjakan ketika bangun di awal waktu, misalkan belajar, baca al-Quran, atau menulis.
  3. Siapkan jam weker, dan tentukan pukul berapa Anda harus bangun di awal waktu.
  4. Jangan tidur dalam keadaan yang terlalu kenyang, usahakan jangan makan sebelum tidur.
  5. Mulai tidur maksimal pukul 22.00, dan kalau bisa tidur pada pukul 21.00. karena kalau sudah tidur pada pukul 00.00, biasanya mata akan sulit untuk dibuka ketika mau bangun.
  6. Berdoalah kepada Allah agar bisa bangun di awal waktu.


Artikel Terkait

Opini 6824964161941062013

Post a Comment

  1. bagus Artikelnya.. krn sya keseringan bgadang dan bngun kesiangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga Bermanfaat Mas, terima kasi telah membaca..

      Delete

emo-but-icon

item