Hal-Hal yang Dimakruhkan pada Saat Berpuasa

Setelah memposting hal-hal yang membatalkan puasa, kini adalah hal-hal yang dimakruhkan saat berpuasa.

Dalam peristilahan ulama kita, kata makruh berarti hal-hal yang dilarang oleh agama tapi tidak secara tegas. Artinya, kalau dikerjakan tidak mengapa, tapi lebih baik ditinggalkan, karena meninggalkannya bisa mendapat pahala. Nah, dalam masalah puasa ada beberapa hal yang apabila dikerjakan tidak sampai membatalkan puasa kita, tapi dianjurkan untuk meninggalkannya, karena dikhawatirkan merusak puasa.

Hal-Hal yang dimakruhkan pada Saat Berpuasa

1. Berlebihan berkumur atau menghirup air saat wudhu.

Rasulullah SAW bersabda:
"Bersungguh-sungguhlah dalam menghirup air ke hidung (saat berwudhu), kecuali kamu dalam keadaan berpuasa." (HR. Ibnu Khuzaimah)

2. Menghayal

Ini biasaya terjadi pada anak muda usia pubertas. Menghayal yang bukan-bukan, misalnya menhayalkan hal yang porno, sampai membuat air mani keluar, ini yang membatalkan puasa. (Lihat artikel hal-hal yang membatalkan puasa).

3. Menyentuh perempuan

Seorang laki-laki yang berpuasa sebaiknya menghindari menyentuh isterinya, terutama yang masih muda atau pengatin baru. Karena dikhawatirkan tak mampu menguasai diri sehingga terjatuh ke dalam perbuatan yang mambatalkan puasa.

4. Mencicipi  makanan

5. Berkumur bukan karena berwudhu

6. Berbekam (Hijamah).

Lihat berbekam pada hal yang membatalkan puasa. Jika hendak berobat dengan cara ini sebaiknya ditunda sampai waktu berbuka.

7. Menggigit benda.



Artikel Terkait

Mutiara Ramadan 5130619403691949199

Post a Comment

emo-but-icon

item