Hal-hal yang Ditolelir dalam Berpuasa

Dalam berpuasa ada hal-hal yang terjadi di luar kontrol kita. Bahkan ada beberapa hal di antaranya susah dihindari.

Berikut ini adalah hal-hal yang ditolelir dalam berpuasa:

Lihat Juga: Hal-hal yang Dimakruhkan dalam Berpuasa

1. Makan dan minum karena lupa
Rasulullah SAW bersabda:
Barang siapa lupa ketika ia berpuasa lalu ia makan atau minum, maka hendaklah ia meneruskan puasanya karena sesungguhnya Allahlah yang memberinya makan atau minum.”

Dalam hadis lain Rasulullah bersabda:
Siapa yang buka pada bulan Ramadan karena lupa, tidak wajib baginya mengganti atau membayar kaffarat.” (Hadis shahih, riwayat al-Daraquthni).

2. Mimpi basah
Bagi yang tidur di siang hari atau di malam hari  lalu keluar spermanya karena mimpi, maka ia tidah perlu membatalkan puasanya. Sebab ini terjadi di luar kehendak (tidak sengaja).

3. Menelan debu, asap kendaraan, asap kayu bakar, dan debu-debu lain yang sulit dihindari.

4. Menelan serangga yang tiba-tiba masuk ke dalam mulut. Biasanya pas lagi di atas kendaraan sepeda motor, atau pas lagi asik bicara, tiba-tiba seekor serangga nyelonong masuk mulut, dan tertelan, ini tidak membatalkan puasa.

5. Menelan ludah.
Meski jumlahnya banyak, ini tidak membatalkan puasa. Dan tentu yang dimaksud di sini adalah ludah sendiri. Bukan ludah orang lain. Tapi ada batasnya, yaitu jika masih di dalam bagian gigi. Bila ludahnya sudah keluar dari gigi atau meleleh di bibir, lalu tiba-tiba disedot begitu saja, ini termasuk batal.

Artikel Terkait

Mutiara Ramadan 6979432773219348554

Post a Comment

emo-but-icon

item