Pentingnya Pendidikan

Pendidikan merupakan tonggak sebuah kemajuan. Majunya sebuah negera ditandai dengan tingginya tingkat pendidikan masyarakatnya. Oleh karenanya pendidikan sangat perlu  ditingkatkan dalam kehidupan bernegera. Bila perlu pendidikan menjadi prioritas utama.

Alangkah gelapnya dunia tanpa pendidikan. Bisa dibayangkan bila tidak ada sekolah-sekolah. Maka, akan terasa pada zaman purba dulu. di mana orang-orang saling membunuh, bahkan saling memakan daging temannya. begitu pula berbagai kejahtan meraja lela. Bisa dilihat pada zaman jahiliah. Bayi perempuan di tanam hidup-hidup. Sesungguhnya semua itu adalah akibat dari tidak adanya pendidikan.

Tapi kenyataannya sekarang ini, di mana pendidikan sudah semakin maju, tapi tetap saja manusia masih saling memakan. itu artinya, masyarakat belum mendapatkan pemerataan pendidikan, atau, masyarakat masih banyak yang belum tersentuh oleh pendidikan. Ini adalah tugas bersama. Di mana peran pemerintah selalku stackholter harus menjadi yang terdepan dalam menggalakkan masyarakatnya untuk berpendidikan. Terutama anak usia sekolah. Seharusnya tidak ada anak yang lepas atau putus sekolah.

Pendidikan seorang anak bukanlah cuma peran seorang guru di sekolah. Tapi layaknya yang lebih besar tanggungjawabnya adalah orangtua di rumah. Oleh karenanya orang tua harus aktif dalam menuntaskan pendidikan anak-anaknya.

Sangat disayangkan bila anak-anak putus sekolah. Mau jadi apa dia nanti. Akankah dia akan melanjutkan generasi premanisme? Itu tidak boleh terjadi lagi di negara ini.

Sekolah sebagai wadah yang sangat ampuh untuk mencetak genarasi penerus yang berpendidikan. Oleh karenanya sudah semestinya sekolah itu harus memiliki fasilitas yang lengkap. Pemerintah harus benar-benar memperhatikan sekolah. Bentuk fisik sekolah juga harus menarik, untuk menarik minat siswa untuk tetap bisa sekolah. Misalkan di sekolah terdapat taman-taman yang rindang sebagai tempat belajar.  Jadi, taman sekolah bukan hanya dipergunakan sebagai tempat bermain, tapi harus dijadikan sarana praktik juga.

Kemudian guru sebagai tenaga pemandu pendidikan haruslah profesional. Ini merupakan jembatan menuju warga negara yang berpendidikan. Peran guru amatlah sakral dan utama dalam pendidikan. Oleh karenanya guru haruslah benar-benar orang yang bisa mejadi contoh tauladan.  Guru harus memiliki kinerja yang bagus, baik di sekolah maupun di masyaraktnya.


Artikel Terkait

Opini 1276967993725954699

Post a Comment

emo-but-icon

item