Puasa Anda Sia-Sia , Bila Tidak Mematuhi Enam Syarat Ini

Dalam menjalankan ibadah puasa tentu kita tidak ingin tergolong orang yang disebut Rasulullah dalam hadisnya , “Betapa banyak orang yang berpuasa yang tidak mendapat sesuatu selain lapar dan dahaga.” Bila itu yang terjadi, sungguh kita adalah orang merugi.

Agar menjadi orang yang tidak merugi, maka untuk mengisi bulan Ramadhan ini, Imam Al-Ghazali mengingatkan agar kita mematuhi enam syarat berpuasa. Keenam syarat ini mengantar kita kepada tujuan diwajibkannya puasa: takwa kepada Allah SWT.

Pertama:  agar kita tidak melihat sesuatu yang dibenci Allah.
Pada zaman sekarang ini dengan sangat mudahnya kita bisa melihat sesuatu yang dibenci oleh Allah. Di dunia maya misalnya, tanpa disengaja pun bisa saja kita terjebak untuk melihat sesuatu yang dibenci-Nya itu. Maka berhati-hatilah.

Kedua:  agar kita selalu menjaga lisan.
Dalam hadis yang diriwayatkan Anas, Nabi SAW bersbda, “Ada lima hal yang dapat membatalkan puasa seseorang: berdusta, mengumpat, menyebar desas-desus, bersumpah palsu, dan memandang penuh nafsu.”

Ketiga: agar kita menjaga pendengaran
Kata Al-Ghazali, apa saja yang dilarang diucapkan, Allah juga melarang kita untuk mendengarnya.

Keempat: supaya kita menjaga seluruh anggota badan
Gerak langkah kaki akan membawa seluruh anggota tubuh kita kepada suatu tempat, dan itu digerakkan oleh hati. Maka kita harus berupaya untuk menjauhi tempat-tempat yang di  larang oleh Allah SWT.

Kelima: kita menghidari makan dan minum berlebihan.
Biasanya , karena menahan haus dan dahaga seharian, kita berbuka puasa dan sahur secara rakus. Kekenyangan mengakibatkan kita meninggalkan salat tarawih, tadarus, dan ibadah lainnya

Terakhir agar kita selalu takut dan berharap hanya kepada Allah SWT.

Bila kita melaksanakan keenam syarat ini, kata Al-Ghazali, puasa kita tidak akan sia-sia dan bahkan bermanfaat bagi kehidupan kita.


Artikel Terkait

Mutiara Ramadan 8157595435971783569

Post a Comment

emo-but-icon

item