Ramadhan Segera Datang, Mengobati Kerinduan Sang Kekasih

Tanpa terasa bulan Ramadhan akan tiba. Tinggal menghitung hari, ia akan hadir menemani kaum musilimin seluruh dunia di tahun ini. Betapa kerinduan orang-orang yang taat akan segera terobati. Dengan hadirnya bulan Ramadhan, berarti ladang amal yang amat besar untuk orang yang beriman dan mengetahui.

Ramadhan adalah bulan kemulian. Di dalamnya terdapat berbagai hikmah yang terpendam. Terdapat mutiara-mutiara yang siap diambil oleh kaum taat dan beriman. Ada tiga macam hikmah terbesar dalam bulan Ramadan, yakni pada sepuluh hari pertama merupakan rahmat, pada sepuluh hari kedua adalah pengampunan, dan sepuluh hari terakhir adalah pembebasan dari api neraka.

Siapa yang tidak menginnginkan ketiga hal tersebut? tentu saja mereka yang ingkar di jalan Allah tidak meyakini hal itu sehingga tidak mengerjalkan amalan di bulan Ramdan, hanya mereka yang tetutup hatinya yang tidak mau berjibaku menghabiskan waktunya untuk beribadah di bulan Ramadan.

Lebih-lebih pada sepuluh hari terakhir. Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW akan menguatkan pinggangnya erat-erat bila telah datang sepuluh hari terakhir. Belau akan menhabiskan waktunya di masjid. Beliau juga akan mengabarkan kepada anak cucunya, dengan membangunkan mereka di tengah malam untuk ikut beribadah.

Betapa agungnya sepuluh hari terakhid di bulan Ramadhan. Apa sebenarnya yang terjadi di sana sehingga Rasulullah meningkatkan dan menghabiskan seluruh waktunya di masjid pada hari dan malam-malam itu?

Jawaban atas semua ittu ternyata di dalam al-Quran telah dijelaskan bahawa pada bilangan malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan merupakan malam turunnya al-Quran atau yang biasa disebut malam Lailatul Qadr. Malam Lailatu Qadr itu merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bisa dibayangkan, sampai kapan kita bisa mendapatkan usia selama seribu bulan dalam kondisi beribadah.

Itulah sebabnya Nabi Muhammad saw selalu berupaya meningkatkan kualitas maupun kuantitas ibadah di malam hari pada bulan Suci Ramadan. Maka marilah kita sama-sama mencontoh Rasulullah, sehingga kita termasuk orang-orang yang beruntung dengan hadirnya bulan Ramadan tahun ini.



Artikel Terkait

Mutiara Ramadan 8628570272062289651

Post a Comment

emo-but-icon

item