Tips Perawatan Kulit Berminyak

Banyak orang memiliki kulit berminyak, dan ini biasanya disebabkan oleh kelenjar sebaceous, terlalu banyak sebum. Kulit berminyak sering disalahkan pada genetika, tetapi Anda juga dapat memilikinya karena perubahan hormon dan stres. Sebum adalah zat lilin yang melindungi kulit, tapi terlalu banyak dapat menyebabkan munculnya berminyak dan berjerawat. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa kulit Anda benar dibersihkan dan produksi minyak yang terkandung atau diminimalkan.

Berikut adalah beberapa tips dan pengobatan rumah untuk kulit berminyak:

Cuci Wajah

• Gunakan air hangat - Air hangat membantu untuk membuka pori-pori sehingga ekstrak kotoran dan minyak berlebih dari wajah. Hal ini dapat melarutkan minyak secara efektif. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat bilas sabun dengan air dingin, yang membantu menutup pori-pori Anda sehingga mencegah wajah Anda dari berkeringat.

• Pilih pembersih yang tepat - Jauhkan dari produk sabun yang mengandung banyak pelembab. Cari produk yang khusus dirancang untuk kulit berminyak. Mereka sering benar diberi label untuk memudahkan identifikasi, jadi pastikan untuk membaca label pembersih wajah sebelum Anda membeli. Jika Anda memiliki jerawat, memilih sabun antibakteri atau pembersih wajah yang mengandung asam aplha-hidroksi seperti asam laktat, asam glikolat, vitamin C, atau asam sitrat karena mereka membantu mengangkat sel kulit mati dan meminimalkan minyak di pori-pori untuk mencegah infeksi.

Gunakan toner yang sesuai

• Ekstrak Witch hazel - Setelah mencuci wajah, melembabkan kapas dengan suling witch hazel, dan oleskan pada wajah Anda. Fokus area di mana Anda biasanya mengalami sekresi minyak. Witch hazel memiliki tanin, yang memberikan efek astringent untuk mengencangkan pori-pori karena mengering. Gunakan ini sebagai toner dua kali sehari selama dua atau tiga minggu, dan kemudian mengurangi penggunaan untuk sekali sehari.


• Alternatif untuk penyihir cokelat - Peppermint, sage, dan yarrow memiliki sifat astringent, juga. Membuat toner buatan sendiri dengan menempatkan satu sendok makan ramuan pilihan Anda dalam cangkir sebelum mengisi ke atas dengan air mendidih, lalu curam selama 30 menit. Saring cairan dan mendinginkannya sebelum mengusap di wajah Anda. Gunakan botol pencet untuk menyimpan sisa makanan, yang dapat tetap segar selama setidaknya tiga hari, selama Anda menyimpannya pada suhu kamar. Anda mungkin menyimpannya di lemari es untuk membuatnya terakhir selama lima hari. Akan terasa sejuk di wajah seperti itu juga.

Lavender dan neroli dapat berfungsi baik sebagai pembersih kulit dan toner. Tuang air bunga lavender di sprayer dan tambahkan setetes minyak esensial neroli, yang biasanya dipanen dari bunga jeruk. Anda bisa semprotkan pada wajah Anda beberapa kali sehari.

Hisop adalah toner herbal yang baik yang dapat meningkatkan kulit Anda. Untuk menggunakan, menambahkan satu sendok makan untuk secangkir air, didihkan selama 10 menit, dan ketegangan. Biarkan dingin. Terapkan toner hisop dengan bola kapas untuk kulit Anda setelah membersihkan.

Sumber: EzineArticles.
gambar: triviaries

Artikel Terkait

Life Style 4004840786481215936

Post a Comment

emo-but-icon

item