Jangan Sampai Ditinggalkan, Inilah Fadilah-Fadilah Dzikir

Ketahuilah bahwa zikir dengan menyebut nama Allah SWT termasuk ibadah yang paling utama, ketaatan yang paling besar, perbuatan yang paling mendekatkan diri kepada Allah, manifestasi kepatuhan yang paling tulus kepada pencipta bumi dan langit, baik zikir itu dilakukan secara diam-diam maupun dengan suara keras, sendiri-sendiri maupun  berjama’ah, di masjid maupun di tempat-tempat yang lain, sesudah shalat maupun pada semua waktu.

Sungguh banyak ayat dan hadis yanng tak terhitung menyatakan keutamaan zikir dan pahalanya yang besar yang menganjurkan kita tetap melaksanakannya dan mengingatkan kita agar tidak lalai dalam situasi dan kondisi apapun. Inilah faedah-faedah zikir:


 Fadilah-fadilah Dzikir:
  1. Zikir itu menyembuhkan penyakit hati, stress, dengki, iri dan semua penyakit batin yang lain. Sesuai firman Allah SWT dalam Alquran  yang artinya “Ingatlah hanya dengan menyebut nama Allah hati akan menjadi tentram” (QS. Ar-Ra’d: 28). Dan dari Anas r.a yang artinya.”Zikir adalah obat hati” (Al-Hadis).
  2. Zikir lebih besar keutamaannya dari ibadat-ibadat lainnya sesuai firman Allah SWT dalam Alqur’an yang artinya, ”Dan sesungguhnya berzikir dengan menyebut nama Allah adalah lebih besar (keutamaannya daripada ibadat-ibadat yang lain) (QS. al-‘Ankabut: 45).
  3. Dengan zikir syaitan tidak akan berani mendekat bahkan sebaliknya jika lalai dalam berzikir maka syaitan sangat cepat menggoda manusia dan juga termasuk sifat-sifat orang munafik. Sesuai firman Allah SWT dalam Alqur’an “Mereka bermaksud ria’(dengan salat) dihadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut nama Allah kecuali sedikit sekali” (QS. An-Nisaa’: 142).
  4. Zikir membuat manusia tidak terlalu terobsesi dengan duniawi dan meminimalisir nafsu duniawi sesuai firman Allah SWT dalam alqur’an “Maka berpalinglah (hai muhammad) dari orang yang berpaling dari berzikir dengan menyebut nama kami, dan tidak mengingini kecuali kehidupan duniawi” (QS. An-Najm:  29).
  5. Zikir membatasi diri agar tidak terlalu mencintai harta dan sesama manusia yang kadang-kadang menyesatkan dan melalaikan sesuai firman Allah SWT dalam alqur’an  “Hai orang-orang yang beriman janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari berzikir menyebut nama Allah” (QS. Al-Munafiqun: 9).
Itulah sekilas manfaat-manfaat zikir jika dilasanakan dengan terus menerus dan istiqamah tiada lain balasannya pahala dan syurga semoga kita termasuk orang-orang yag selalu berzikir kepada Allah SWT. Demikian semoga bermanfaat.

Lahmuddin
(sumber “Tahlil Antara Sunnah dan Bid’ah Oleh: Syaikh Ismail Usman Zain Al-Yamani Al-Makki :1996)

Artikel Terkait

Tips 7329828049050858051

Post a Comment

emo-but-icon

item