Inilah Cara Menulis Ungkapan “Hari Ulang Tahun Kemerdekan Republik Indonesia” yang Tepat

Selamat pagi Sahabat Kabartumbuhmulia. Kali ini kami sajikan informasi/pengetahuan terkait tentang cara penulisan ungkapan hari ulang tahun kemerdekaan RI yang tepat.

Sadar atau tidak, kita sering menggunakan kata atau istilah dalam bahasa Indonesia secara tidak cermat. Baik penggunaannya dalam bahasa tulis maupun lisan.

Ketidakcermatan itu terjadi karena kurangnya pengetahuan terhadap penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Padahal kecermatan dalam menggunakan bahasa Indonesia adalah efetifitas dalam penyampaian informasi kepada orang lain.

Termasuk kami juga menyadari, penggunaan bahasa dalam blog ini masih banyak yang kurang cermat. Namun, sedikit demi sedikit kami selalu berusaha berbenah, juga termasuk menerima saran dan kritik dari pembaca.

Terkait dengan cara penulisan ungkapan 'Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI' yang tepat, mari kita sama-sama baca dan telaah pembahasan berikut ini.

Inilah Cara Menulis Ungkapan “Hari Ulang Tahun Kemerdekan Republik Indonesia” yang Tepat

Setiap menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia banyak dijumpai tulisan yang mengungkapkan ucapan “Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia”. Ungkapan itu dalam pemakaiannya sangat bervariasi. Dari berbagai variasi itu ada beberapa di antaranya yang penulisannya kurang tepat. Hal ini dapat diperhatikan pada contoh di bawah ini.

(1)    Dirgahayu HUT RI Ke-54
(2)    Dirgahayu RI Ke-54

Penulisan dan penyusunan contoh itu dilakukan secara tidak cermat sehingga dapat menimbulkan salah tafsir.

Ketidakcermatan contoh (1)

Ketidakcermatan contoh (1) terletak pada penempatan kata dirgahayu. Kata dirgahayu merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta, yang bermakna ‘panjang umur’ atau ‘berumur panjang’. Jika dihubungkan dengan makna yang didukung oleh HUT, pemakaian kata dirgahayu tidak tepat karena rangkaian kata HUT bermakna ‘selamat panjang umur HUT’. Makna seperti itu dapat memberi kesan bahwa yang diberi ucapan “selamat panjang umur “ dan “semoga panjang umur” adalah HUT-nya, bukan RI-nya. Padahal yang dimaksud dengan ungkapan itu adalah RI.

Oleh karena itu, agar dapat mendukung pengertian secara tepat, susunan dirgahayu HUT perlu diubah menjadi dirgahayu RI. Ungkapa itu sudah tepat tanpa harus disertai HUT dan ke-54. Jika HUT ingin digunakan, sebaiknya kata dirgahayu kita hilangkan dan kata bilangan tingkat ke-54 dipindahkan sebelum RI sehingga susunannya menjadi HUT KE-54 RI.

Ketidaktepatan contoh (2)


Ketidaktepatan contoh (2), yaitu dirgahayu RI ke-54, terletak pada penempatan kata bilangan tingkat. Dalam hal ini kata bilangan tingkat yang diletakkan sesudah RI (RI ke-54) dapat menimbulkan kesan bahwa RI seolah-olah berjumlah 54 atau  mungkin lebih. Kesan itu dapat menimbulkan pengertian bahwa yang sedang berulang tahun adalah RI yang ke-54 bukan RI yang ke-10, ke-5, atau yang lain. Padahal kita mengetahui bahwa di dunia ini hanya ada satu RI, yaitu Rebublik Indonesia, yang sedang berulang tahun ke-54

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya salah tafsir semacam itu, susunan Ri ke-54 harus kita ubah. Pengubahan itu dilakukan dengan memindahkan kata bilangan tingkat ke-54 ke posisi sebelum RI dan menggantikan dirgahayu dengan HUT sehingga susunannya menjadi HUT Ke-54 RI.

Atas dasar uraian di atas, contoh (1), dan (2) yang tepat dinyatakan sebagai berikut.
Dirgahayu RI
HUT ke-54 RI

Di samping ungkapan itu, tentu masih banyak ungkapan lain yang dapat digunakan, antara lain sebagai berikut.

HUT ke-54 Kemerdekaan RI
Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia
Dirgahayu Kemerdekaan Kita


Berikut ini adalah beberapa cara penulisan yang salah dan yang benar.

SALAH 

DIRGAHAYU HUT RI KE 71
DIRGAHAYU RI KE 71
DIRGAHAYU KEMERDEKAAN KITA KE 71
HARI ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA KE 71
ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA KE 71
PERINGATAN ULANG TAHUN RI KE-71
SELAMAT HARI ULANG TAHUN RI KE-71
SELAMAT DIRGAHAYU RI KE-71
H.U.T .R.I KE-71


BENAR

DIRGAHAYU RI
HUT KE-71 RI
DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA
DIRGAHAYU KEMERDEKAAN INDONESIA
HARI ULANG TAHUN KE-71 REPUBLIK INDONESIA
ULANG TAHUN KE-71 REPUBLIK INDONESIA
PERINGATAN ULANG TAHUN KE-71 REPUBLIK INDONESIA
SELAMAT ULANG TAHUN KE-71 REPUBLIK INDONESIA



Sumber:
Buku Praktis Bahasa Indoensia 1
Buku Praktis Bahasa Indonesia 2
badanbahasa.kemdikbud.go.id

Artikel Terkait

Pengetahuan 770586775416963561

Post a Comment

emo-but-icon

item