Indikasi Klik Iklan Adsense Tidak Valid dan Cara Mengatasinya


Apa yang menjadi kekhawatiran saya selama ini sebagai penayang Adsense ternyata terjadi juga. Dan mungkin hal seperti ini yang dikhawatirkan oleh sebagian besar para publisher Adsense. Kekhawatiran semacam apakah itu?

Suatu hari, terjadi suatu lonjakan klik secara tiba-tiba pada akun Adsense saya. Lalu diikuti dengan penghasilan yang juga ikut meningkat secara tidak wajar.

Padahal mula-mulanya saya sangat senang melihat kualitas yang tiba-tiba meningkat itu. karena memang seiring kuantitas pengunjung yang mulai pesat juga. Tapi, setelah saya perhatian lama-lama jumlah angka klik itu tiba-tiba menurun secara drastis.Mulai lah saya menjadi was-was.

Penghasilan awal pada hari itu Cuma $0,02 saja. Lalu beberapa menit kemudian sudah mencapai $0,17, dan beberapa menit kemudian lagi meningkat menjadi $0,27.

Bagi situs-situs besar mungkin hal itu sudah biasa dan wajar, tapi buat blog saya yang masih baru, tentu saja menjadi kurang wajar. Bayangkan, hanya dalam beberapa menit saja jumlah klik iklan saya sudah menjadi 30 klik. Dan penghasilan tertaksir saat itu $2,30.

Siapa yang tidak senang melihat angka yang pantastis itu. sementara selama satu tahun saya bergelut di adsense belum pernah melihat angka itu dalam satu hari. Paling banter $1 ,00. Itu pun hanya sekali saja di saat konten saya sempat viral beberapa waktu lalu.

Dan kali ini hal itu seperti terulang kembali tapi dengan kondisi yang berbeda.

Berikutnya, saya pun kembali membuka akun adsense, betapa terkejutnya saya ketika melihat angka yang tadinya $2,30, berubah menjadi $1,30.

Lalu saya berpikir, Jangan-jangan saya dibom klik sama netizen. Kebetulan saat itu saya cuma bisa masuk dengan menggunakan ponsel. Lantas saya tidak bisa berbuat apa-apa untuk segera mengatasinya.

Kekhawatiran saya pun semakin menjadi-jadi. Kebetulan saat itu kuota modem saya habis, lalu meminjam uang untuk membeli kuota hanya untuk menyelamatkan akun adsense saya.

Setelah dapat kuota sedikit, lalu saya membuka akun Adsense dengan PC. Ternyata, angkanya semakin megecil dan mentok pada $0.92.

Sampai beberapa lama kemudian angka itu sudah tidak berubah. Sampai zuhur tiba angka itu belum juga berubah. Berarti orang yang usil tadi sudah berhenti melakukan aksinya. Mungkin saja dia sudah lapar dan membeli nasi di warung, pikirku. Tapi bukan tidak mungkin, ia pasti kembali lagi. jadi saya harus benar-benar mencarikan jalan keluarnya.

Lalu saya pun mencari tau bagaimana cara mengatasi bom klik iklan Adsense di Mbah. Saya ketemu dengan postingan portaluang.com. Di sana dijelaskan bahwa ada dua pilihan cara untuk mengatasi problem bom klik.

Yang pertama di katakan bahwa kita harus melepas iklan untuk sementara. Dan yang kedua kita harus mencopot otoritas iklan pada situs penayang kita.

Tapi sesuai dengan saran dan pendapat portaluang.com, sebaiknya kita menggunakan cara yang kedua. Kelebihannya adalah dengan melepas otoritas iklan maka iklan kita akan tetap tayang, dan orang yang usil pun tidak akan tau bila kita sudah melakukan proteksi. Berapa kali pun ia mengklik iklan, tidak akan direspon oleh Adsense. Akun kita akan aman.

Sementara pilihan yang pertama, kemungkinan buruknya adalah si tangan usil akan tau bahwa kita khawatir dengan keadaan yang terjadi, dan bisa saja mereka akan kembali mem-bom klik saat iklan kembali kita tayangkan. Jadi, berpotensi besar untuk di banned.

Tapi saya malah jdi bingung. Kondisi saya saat itu seperti sudah telat penanganan. Namun saya cek kotak masuk email belum ada tanda peringatan. Saya berdoa semoga saja saya tidak telat penaganan. Sebab, saya baru bisa online ketika malam tiba. Karena saya dapat minjam uangnya pada saat petang. Sementara terjadinya bom klik ketika masih pagi.

Wah, wah, saya tentu harus hati-hati. Tapi saya pasrahkan saja pada yang Maha Kuasa. Karena bagaimana pun hasil yang saya terima, pastinya tergantung dari yang di atas juga. (ciri-ciri blogger beriman, hehehe...).

Esok hari saya melihat iklan adsense saya masih bisa tayang. Alhamdulilillah ....

Artikel Terkait

Cerita Blogger 7151916899897234960

Post a Comment

emo-but-icon

item