Keunggulan dan Kelemahan Blog Niche Mata Pelajaran

Keunggulan dan Kelemahan Blog Niche Mata Pelajaran
Setelah menjalani proses yang cukup panjang dalam membangun beberapa buah blog, telah saya temukan beberapa kelebihan maupun kelemahan pada masing-masing blog tersebut.

Baca juga : Kisah Perjalanan Pertama Kali Membuat Blog

Sebut saja salah satu blog yang saya buat yakni blog tentang mata pelajaran, atau tepatnya blog yang membahas tentang soal-soal dan materi mata pelajaran, yaitu mata pelajaran bahasa Indonesia. Selanjutnya secara singkat disebut dengan blog niche mata pelajaran.

Selama kurang lebih enam bulan saya bangun blog tersebut. Dan selama itu saya tidak meng-updatenya secara berkala, melainkan saya isi sembarang waktu, alias mau-mau saya, dan kapan ada waktu. Akibatnya, pengunjunga sepi.

Namun dua bulan terakhir saya selalu berpikir bagaimana membuat maju blog tersebut. Sehingga selama dua bulan itu saya optimasi blog tersebut dengan cara meng-update artikel setiap hari. Yaitu satu artikel satu hari. Akibatnya, dalam waktu dua bulan terakhir banyak judul artikel saya yang berposisi di halaman pertama google.

Salah satu kata kunci yang paling atas misalnya “contoh soal poster”. Kata kunci tesebut memang saat ini masih berada di urutan pertama mesin pencari google. Mengapa ia bisa diurutan pertama? Saya melihat artikel serupa masih cukup jarang. Itulah kesimpulan sementara saya.

Nah, pada kesempatan ini saya mau membahas soal keunggulan dan kelemahan blog niche mata pelajaran. Yang menurut saya pribadi blog niche mata pelajaran memang cukup baik untuk  dioptimasi, sebab pengunjungnya cukup banyak pula. Namun di samping itu, membangun blog niche mata pelajaran juga harus siap dengan resiko yang terkadang terasa pahit.

Setiap kali ada kegiatan semesteran atau ujian pastinya blog tentang mata pelajaran tertentu akan selalu kebanjiran pengunjug. Tetapi di saat musim liburan biasanya blog tentang mata pelajaran akan sepi dari pengunjungnya. Dari itu saya bisa menyimpulkan beberapa kekurangan dana kelebihan blog tentang mata pelajaran sebagai berikut.

Keunggulan dan Kelemahan Blog Niche Mata Pelajaran

Keunggulan #1: Berpeluang besar berada pada halaman pertama google
Bisa Anda bayangkan siapa saja yang mengunjungi blog niche pendidikan khususnya blog tentang mata pelajaran. Tentu saja adalah orang-orang pendidikan. Orang-orang pendidikan yang dimaksud tentu adalah guru, dosen, mahasiswa, maupun siswa.  Lalu bayangkan berapa jumlah orang-orang pendidikan di Indonesia ini, berapa jumlah anak sekolah, berapa jumlah guru dan dosen. Mereka adalah sumber-sumber pengunjung yang sangat potensial untuk blog niche mata pelajaran. Walaupun tidak semuanya mengakses internet, tapi paling tidak ada gambaran umum tentang blog tentang mata pelajaran.

Saya contohkan secara lebih spesifik lagi. Misalkan, sebuah blog dengan niche pelajaran bahasa Indonesia, semua kontennya tentang pelajaran bahasa Indonesia. Maka, bisa diperhitungkan siapa saja yang akan berkunjung ke blog tersebut. setiap hari pasti ada orang yang belajar bahasa Indonesia. Dan setiap hari pula pasti ada orang yang mengakses blog kita bila memiliki kata kunci yang tepat. Itulah sebabnya blog niche pelajaran memang layak dikatakan memiliki pengunjung yang lumayan banyak sehingga berpeluang untuk bertengger pada halalaman pertama google.

Keunggulan #2: blog tentang mata pelajaran memiliki pesaing yang sedikit
Sebenarnya ini  merupakan penyebab setiap blog mengapa bisa berada pada halaman pertama google. Blog niche mata pelajaran menurut saya masih sedikit pesaing. Terbukti dengan blog niche pelajaran yang saya buat, hampir semua judul artikel bisa berada pada halaman pertama mesin pencari google.

Keunggulan #3: Saat-saat tertentu pengunjung bisa meledak
Nah, ini yang sering terjadi pada blog niche mata pelajaran. Misalkan Anda mengelola blog niche pelajaran bahasa Indonesia, pada saat terntu akan kebanjiran pengujung. Misalnya pada saat ujian nasional. Wah, pengunjungnya pasti meningkat drastis. Lebih-lebih jika Anda lihai dalam mengolah kata kunci untuk masa-masa ujian nasional. Selain masa-masa ujian nasional, saat ujian semester juga tidak kalah penting. Pokoknya pasti akan kebanjiran pengunjung. Siap-siap mengapung dah di antara pengunjung yang membeludak itu.

Nah, itu di di antara kelebiha blog niche mata pelajaran. Selanjutnya kita bahas kekurangan maupun kelemahannya.

Kekurangan atau Kelemahan Blog Niche Mata Pelajaran

Pengunjung blog niche pelajaran tidak bisa tetap
Kelemahan pertama blog niche pelajaran yaitu pengujungnya tidak bisa tetap alias berubah-berubah. Tetap yang dimaksudkan di sini adalah terus menerus. Memang tidak ada pengunjung yang tetap dan selalu sama setiap harinya. Tapi paling tidak perbedaannya tidak terlalu mencolok pada garis statistik. Tidak dengan blog niche peajaran. Garis statistiknya akan terlihat turun naik pada saat-saat tertentu.

Seperti yang tertera pada kelebihan blog niche pelajaran tadi bahwa blog niche mata pelajaran akan kebanjiran pengunjung saat masa ujian, masa semesetan, maupun masa-masa midle. Karena boleh dikatakan masa-masa ini serentak dilakuakn.

Tapi tunggu dulu, nanti pada saat hari-hari biasa atau pada musim libur blog niche pelajaran akan menjadi berantakan. Garis statistiknya akan nyungsep jauh ke bawah. Bahkan menyentuh garis paling bawah.

Ini adalah fakta yang saya alami. Jadi saya mengatakan demikian karana memang saya pernah mengelola blog niche mata pelajaran, dan bahkan masih sampai sekrang. Dan ini terlepas dari kekurangannya saya sebagai blogger. Yang saya maksudkan disini adalah blog yang hanya sedikit sentuhan seonya.

Blog niche pelajaran yang saya kelola tersebut saat-saat tetentu bisa menyentuh angka pageview 4,5 k per hari . Dan di lain waktu, pageview-nya menurun sampai di bawah 1 k.

Ini memang problemnya blog niche mata pelajaran. Tapi, kembali lagi kepada blogger. Jika sang blogger pandai mengaturnya, pasti tidak terjadi demikian.

Dan untuk solusi dari permasalahan ini, saya masih mempelajarinya. Saya belum berani berasumsi yang macam-macam untuk bisa mempertahankan pengunjung blog niche mata pelajaran menjadi tetap.

Demikian sekilas infot tentang blog niche pelajaran dari saya. Terima kasih. Kekurangannya bisa Anda tambah di kolom komentar.

Artikel Terkait

Cerita Blogger 6211776886585552934

Post a Comment

emo-but-icon

item