Kisah Verifikasi PIN Adsense dengan Scan Kartu Identitas

Kisah Verifikasi PIN Adsense dengan Scan Kartu Identitas

Setiap publisher Adsense pasti sangat mendambakan yang namanya surat PIN dari Ansense. Karena publisher Adsense belum berhak mendapatkan pembayaran bila belum verifikasi alamat dengan PIN.

PIN Adsense adalah nomor pengenal pribadi yang akan dikirimkan oleh pihak Adsense ke alamat pembayaran publisher Adsense.

Baca juga: Indikasi Klik Iklan Adsense Tidak Valid dan Cara Mengatasinya

PIN Adsense dikirim oleh pihak Adsense untuk memastikan bahwa alamat publisher memang benar-benar valid. Sehingga memudahkan pihak Adsense dalam hal pembayaran.

PIN Adsense sendiri akan secara otomatis terkirim saat ambang batas penghasilan $10. Biasanya PIN akan diterima dalam 2-4 minggu, namun mungkin akan lebih lama, bergantung pada lokasi publisher Adsense.

Bila selama 2-4 minggu PIN belum juga datang maka publisher Adsense berhak memohon PIN baru. Bila PIN permohonan kedua tidak datang juga, maka publisher mendapatkan kesempatan satu kali lagi untuk meminta PIN pengganti.

PIN pengganti merupakan duplikat PIN asli. Jika PIN asli datang lebih awal sebelum datangnya PIN pengganti maka tidak apa-apa memasukkan PIN asli. Karena pada dasarnya PIN asli maupun PIN pengganti adalah sama.

Nah, setelah permohonan ketiga kalinya tidak juga datang, yaitu sampai batas akhir enam bulan semenjak pengiriman PIN yang pertama, maka iklan Adsense akan dinonaktifkan.

Tentu sangat rugi bila iklan adsense yang sudah diperjuangkan mati-matian tidak terverifikasi. Namun pihak Adsense memberikan satu kesempatan terakhir yang tidak boleh terlewatkan. Bila PIN pengajuan ketiga tidak datang sampai 2-4 minggu, maka pihak Adsense akan menyediakan format pengirima scan identitas. Bila publisher mengisi format itu dengan benar, maka secara otomatis akun Adsense akan terverifikasi.

Kaitannya dengan penjelasan singkat tadi, saya punya pengalaman dalam memverifikasi PIN Adsense dengan Scan kartu identitas. Berikut ini kisahnya.

Setelah sampai tiga kali saya mengajukan permohonan nomor PIN tidak juga kunjung datang, akhirnya saya pun hampir saja putus asa. Namun diantara kepasrahan itu, saya pun menunggu munculnya format pengajuan dokumen resmi semacam KTP, ataupun paspor. Karena ini adalah langkah terakhir, sehingga saya perlu membuka beranda adsense setiap hari. Karena saya takut kehilangan kesempatan terakhir ini.

Selama hampir satu bulan saya menunggu usai pengajuan PIN pengganti ke-3 yaitu sejak tanggal 26 September 2016. Dan tepat pada tanggal 18 Oktober 2016, sekitar pukul 18.00 WITA, akhirnya format pengajuan identitas KTP/SIM pun muncul juga.

Format yang dimaksud kurang lebih seperti berikut ini.


Betapa senangnya hati ini ketika itu. Saya pun sangat berhati-hati untuk mengisi setiap kolom yang wajib terisi. Mulai dari penulisan nama, email, id penayang, lalu meng-upload KTP. Kebetulan scan KTP sudah saya persiapkan jauh sebelumnya untuk mewanti-wanti.

Setelah saya mengirimkan scan KTP, maka muncullah kalimat yang mengatakan bahwa saya harus menunggu dalam waktu 1x24 untuk mendapatkan email balasan dari Adsense. Itu pun kalau email yang masuk ke Adsese tidak terlalu padat, karena bisa saja saya mendapatkan balasan sampai waktu 2x24 jam, katanya.

Lalu saya pun menutup beranda Adsese. Hati saya sudah sedikit tenang karena berhasil meng-uplod scan ktp tadi. Itu artinya, tinggal menggu hasilnya. Apakah saya berhasil diverifikasi atau tidak, saya sudah pasrahkan saja.

Tapi menurut para mastah, biasanya kalau sudah kirim scan ktp, adsense langsung menanggapi dan memperivikasi tanpa ada syarat lagi. karena mungkin sudah menganggap kita sudah cukup bersabar menunggu dalam jangka waktu tiga bulan lamanya.

Benar sekali, beberapa menit kemudian karena sangat penasan dengan email balasan dari Adsense, saya pun mencoba membuka halaman kotak masuk di email. Saya cek ternyata belum. Tapi tidak mengapa karena saya sudah percaya dengan 1x24 jam tadi.

Lalu saya pun masuk ke beranda adsense, saya mau masuk kembali he format permintaan PIN, ternyata sudah tidak bisa. Itu artinya, permintaan saya sudah sedang diproses.

Lalu saya kembali masuk ke email. Eh, tenyata dan ternyata sudah ada balasan daris Adsense. Saya baca dengan pelan-pelan, seakan tidak ingin luput dari setiap kata yang terpapar di sana. Hingga akhirnya, saya merasakan syukur yang luar biasa. Ternyata akun adsense saya sudah terverifikasi.

Berikut ini adalah screnshot email balasan dari Adsense.



Ternyata adsense cukup tanggap. Jarak peng-upload-an ktp sekita 30 menit. Sms balasan tentang verifikasi langsung saya terima. Luar biasa. Terjawab sudah rasa penasaran saya. akhirnya saya resmi menjadi penayang Adsense, dan sudah berhak mengambil imbalan di setiap ambang batas penghasilan.

Kini tinggal bagaimana mengoptimalkan penghasilan sehingga cepat mendapatkan hasil dari Adsense. Semoga saja saya bisa menarik penghasilan dengan cepat. Bila perlu setiap bulan di tanggal 21 saya bisa mencairkan gaji dari google. He,he,he...

Ok, kalau begitu ada tips nih buat para penayang adsense yang belum verifikasi alamat. Sekaligus sebagai kesimpulan dari pengalaman yang tadi.
  1. Batas pengajuan PIN sampai tiga kali. Tapi untuk yang pertama tidak perlu diajukan karena akan secara otomatis dikirim setelah ambang penghasilan $10.
  2. Jika tahap tiga belum datang juga, maka tunggu saja format scan identitas ktp, sim atau paspor
  3. Setelah format scan identitas sesuai ktp, sim atau paspor muncul, segera lakukan pengisian format yang tersedia.
  4. Isi format scan identitas sesuai ktp, sim atau paspor dengan hati-hati.
  5. Dalam waktu 1-24 jam atau kurang, Anda resmi menjadi penayang Adsense.
  6. Berbahagialah.

Artikel Terkait

Cerita Blogger 7907289552004377828

Post a Comment

emo-but-icon

item