Inilah Rahasia yang Membuat Jumlah Page View Blog Meningkat


Berbicara mengenai visitor maupun page view (viewer) merupakan hal yang sangat menarik untuk dibahas di dunia blogging. Sebab jumlah visitor maupun page view merupakan sebuah acuan bagaimana sebuah blog dikatakan besar atau kecil.

Sebelum bercerita sedikit soal pegalaman saya dalam menjaring visitor dan meningkan page view, yang mungkin nantinya bisa menjadi pembelajaran bagi sesama blogger pemula, mari kita ketahui dulu pengertian maupun perbedaan keduanya.

Baca Juga: Tips Blogging Sederhana Buat Para Pemula

Apa itu page view?

Seperti yang diketahui, page view atau yang biasa disingkat PV merupakan jumlah tampilan laman pada blog. Sedangkan visitor adalah pengunjung blog.

Jadi, page view bukan jumlah pengunjung blog, melainkan jumlah halaman yang dibuka oleh setiap pengunjung dalam satu blog. Karena setiap satu pengunjung bisa saja membuka 2 sampai 3 halaman baru.

Logikanya, jika satu pengunjung mengunjungi sebuah blog dan membuka satu halaman blog berarti visitornya satu dan PV nya satu. Sedangkan bila satu pengunjung membuka 3 halaman dalam sebuah blog berarti visitornya satu PV nya tiga. Begitu seterusnya.

Demikianlah kurang lebih, gambaran singkat tentang page view maupun visitor.

Sebelum beranjak ke pembahasan inti, yakni rahasia yang membuat jumlah page view blog meningkat, saya ingin menceritakan pula seperti apa pencapaian page view di blog saya. Yang walaupun jumlah page view di blog saya belum apa-apa, tapi yang namanya pemula, ini sudah cukup menjadi cambuk untuk tahap-tahap pencapaian selanjutnya.

Kisah Pencapaian Page View 2,4 K per hari

Page View 2,4 K per hari adalah angka pencapaian tertinggi pada blog saya untuk sementara di bulan November 2016. Yang berarti bahwa ada sekitar 2.400 tampilan halaman yang dilihat oleh para pengunjung di blog saya setiap harinya.

Baca Juga: Keunggulan dan Kelemahan Blog Niche Mata Pelajaran

Bisa saja angka 2,4 K adalah angka yang terlalu kecil buat para blogger lain yang sudah sukses, tapi bagi saya angka tersebut sangat pantastis. Sebab angka tersebut angka yang melewati target pencapaian saya di bulan November. Target saya di bulan tersebut cuma 1.500 per hari. Bukankah ini sebuah kejutan buat saya?

Lebih-lebih angka 2,4 K per hari adalah murni hasil pencarian pengunjung dari google dan mesin pencari lainnya. Itu lah yang membuat saya kadang bertepuk tangan sendiri di dalam kamar.

Memasuki bulan Desember, yaitu tanggal 2 Desember 2016 page view blog saya sudah mencapai 4,553 (4,5 K). Ini yang lebih membuat saya tak lelah mengucapkan Hamdalah.

Blogger mana yang tidak bangga ketika mendapatkan visitor ataupun PV yang meningkat? Karena itu artinya, usaha yang dilakukan selama ini tidak sia-sia.

Tetapi, yang namanya manusia, selalu saja tidak puas dengan berapa pun jumlah pengunjung blognya. Jika sudah mencapai 500  misalnya, pasti pinginnya 1000. Jika sudah mencapai 1000 pasti pingginya 2000 dan seterusnya.

Itu pula yang saya rasakan saat ini. Mula-mulanya PV blog saya tidak pernah sampai angka 300. Paling banter 100-150. Itu saja membuat saya senangnya bukan main, namun tak sampai mencapai puas. Saya maunya 500 ke atas.

Dan suatu waktu pernah mencapai 500, betapa terkejutnya saya. Kebetulan saat itu malam ujian nasional yang besonya ada ujian bahasa Indonesia. Mungkin saja banyak orang yang mencari soal-soal tentang  bahasa Indonesia. Lalu blog saya ketiban sedikit sasaran pengunjung. Dan terbukti, besok-besoknya pengunjung lari tunggang langgang.

Tapi alhamdulillah, di bulan November 2016 blog saya sudah mulai banyak dilirik pengunjung. Malahan  di bulan Agustus sudah mulai ada tanda-tanda itu. Tapi saya melihat puncaknya di bulan November . Dan bukan tidak mungkin lagi semakin melonjak di bulan-bulan berikutnya.

Sebagai catatan, ada beberapa hal yang menyebabkan pengunjung blog atau page view blog saya meningkat. Ini termasuk rahasia dalam meningkatkan pengunjung ataupun page view blog. Ini murni pengalaman saya sendiri, serta dari pelajaran-pelaran yang telah disumbangkan oleh para mastah lewat blognya.

Rahasia yang Membuat Jumlah Page View Blog saya Meningkat

1. Artikel di blog saya semakin banyak
Sampai di bulan Oktober artikel blog saya sudah mencapai 150 (asli blogger pemalas hehe). Jadi yang perlu saya catat: Semakin banyak artikel di blog maka semakin banyak kata kunci yang terbaca di seach engine. Maka, akan semakin banyak pula kemungkinan klik artikel dari pengunjung.

2. Meng-up date artikel secara rutin
Inilah yang menyebabkan artikel di blog saya semakin banyak. Saya mulai meng-up date blog secara rutin sejak bulan September. Saat itu saya berusaha menulis satu artikel satu hari. Dan hasilnya pengunjung blog saya mulai stabil. Juga alexa rank mulai ramping.

Jadi yang perlu saya catat adalah: semakin sering update artikel di blog maka akan semakin membuat blog maju. Indikasinya, pengunjugn semakin banyak.
Saya bayangkan kalau seandainya saya bisa menulis 5 artikel sehari secara rutin, bagaimana majunya sebuah blog.

3. Membuat link internal setiap artikel minimal dua.
Kunci meningkatnya PV di blog saya termasuk berkat adanya link-link internal yang saya buat. seperti yang diketahui bahwa ini merupakan bagian dari optimasi seo. Dengan adanya link-link internal pada setiap halaman, bisa dipastikan setiap pengunjung akan membuka lebih dari satu halaman. akibatnya, jumlah page view akan membengkak.

Jadi catatan saya adalah: membuat link internal minimal dua di setiap halaman akan menambah jumlah PV. Karena jika pengunjung tertarik, ia akan membuka link tersebut.

4. Membuat link artikel terkait di bagian bawah artikel
Hal yang hampir sama dengan catatan yang ke-3 tadi adalah membuat link artikel terkait. Perbedaanya, jika link internal biasanya dibuat menyatu dengan artikel, tapi kalau link artikel terkait akan dibuat terpisah. Link artikel terkait biasanya ditaruh di bagian bawah artikel. Dan bila link internal dibuat secara manual, tapi kalau link artikel terkait dibuat satu kali saja, yaitu dengan memasukkan scrip link artikel terkait lewat edit html.

Bukti keampuhan link artikel terkait: sebelum saya memasang link artikel terkait, PV kecil bahkan stagnan, tapi setelah saya memasang link artikel terkait, angka page view semakin bertambah, apalagi setelah ada kombinasi dengan link internal tadi.

Catatan saya: Dengan adanya link terkait, page view semakin meningkat. Maka, link terkait tidak boleh tidak ada di setiap blog. Karena ini sangat membantu para pengunjung untuk melihat artikel-artikel yang sesuai dengan harapannya.

5. Menghimpun artikel-artikel terkait menjadi sebuah artikel baru
Satu lagi yang membuat PV saya benar-benar meningkat adalah adanya sebuah artikel yang berisi link-link judul artikel di blog saya sendiri. Ibaratnya membuat bunga rampai. Jadi, artikel-artikel yang sudah saya buat sebelumnya saya himpun jadi satu menjadi sebuah artikel baru dengan kata kunci yang lebih umum. Anda pasti mengerti maksud saya.

Dengan cara ini, saya yakin pembaca semakin senang. mereka tidak perlu susah-susah mencari artikel serupa yang mereka butuhkan. Mereka pasti bolak-balik dari satu halaman ke halaman yang lain, dan kembali ke halaman semula.

Dan alhamdulillah dengan cara ini blog saya semakin disenangi mesin pencari. Artikel-artikel saya semakin banyak yang nongol di halaman pertama google.

Catatan saya: Menghimpunan artikel-artikel terkait menjadi sebuah artikel baru sangat mempengaruhi jumlah PV. Saya pun telah membuktikannya. Bahkan sudah ada beberapa himpunan artikel yang telah saya buat. hasilnya PV saya meningkat tajam.

6. Cukup sampai lima saja dulu.
Untuk yang keenam ini sebagai kesimpulan di dalam kesimpulan. Bahwa kelima catatan yang telah saya buat tadi merupakan sebuah sistem. Artinya, jika satu saja di antara yang kelima itu tidak ada, maka otomatis akan menghambat kinerja yang lainnya. 

Misalkan saja, jumlah artikel kurang memadai. Ini termasuk salah satu yang paling mempengaruhi kinerja yang lainnya. Bagaimana kita bisa membuat link-link internal kalau saja artikel hanya sebanyak jari tangan kita. Kan aneh.

Nah, itulah dia catatan saya dalam meningkatkan jumlah pengunjung (visitor) maupun jumlah tampilan halaman (page view). Semoga bisa bermanfaat.

Baca juga: Kisah Perjalanan Pertama Kali Membuat Blog

Artikel Terkait

Cerita Blogger 5202732815881755974

Post a Comment

  1. Intinya supaya mendapat banyak page view harus memperbanyak URL dan blog, dalam kata lain harus lebih giat memposting konten-konten yang bermanfaat ya gan :-)
    salam inforudi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mas, kuncinya postingan yang banyak dan berkualitas.

      Delete
  2. Info yang keren gan, pas banget nih buat pembloger pemula ,kaya saya..makasih gan

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya gan, sangat bermanfaat bagi kemajuan blog saya. sukses ya buat blog mu juga

    ReplyDelete
  4. Hehe yang nomor 5 bisa jadi yg palig ampuh nih :D

    ReplyDelete
  5. thank info gan , sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. wih bisa ane coba nih, thanks gan

    ReplyDelete

emo-but-icon

item