Tips Blogging Sederhana Buat Para Pemula


Sebenarya sudah banyak yang membahas tips blogging atau tips ngeblog dari para mastah. Tulis saja kata kunci di mesin pencari seperti tips blogging pasti akan muncul ratusan artikel yang membahas soal itu.

Dan kini, saya juga ingin berbagi pengalaman. Karena bagaimana pun juga pengalaman ngeblog masing-masing blogger pastilah berbeda, walau pun tujuannya kadang-kadang sama.

Baca Juga:  Kisah Perjalanan Pertama Kali Membuat Blog

Sehingga saya pun mencoba menulis tips blogging yang agak sederhana, dengan judul Tips Blogging Sederhana Buat Para Pemula. Mari disimak uraian berikut ini.

Tips Blogging Sederhana Buat Para Pemula
Pertama, blogger pemula harus fokus dengan konten dan menyiapkan konten asli sebanyak mungkin. Jangan memikirkan hal yang lain dulu. Semisal keinginan mendapatkan uang dari blog.

Meskipun uang mungkin adalah tujuan akhirnya, tapi untuk tahap pertama jangan sekali-kali ditimbulkan di dalam hasrat dan jiwa.

Jika niat awal adalah uang, maka biasanya sulit untuk menemukan jati diri sebagai blogger. Di samping blog sulit berkembang juga akan menyakiti blog itu sendiri. 

Ambisi ingin mendapatkan uang dari blog juga akan berdampak terhadap kualitas konten. Sebab berbagai cara pasti akan ditempuh dalam rangka mendapatkan konten, temasuk duplikat konten.

Maka sekali lagi, di awal-awal fokuslah pada konten dulu. Tulis, tulis, dan tulislah terus konten yang unik. Setidaknya satu atau dua artikel perhari. Praktekkan selama satu atau dua bulan pertama.

Kedua, sediakan waktu khusus untuk ngeblog. Anda bisa memilih waktu di malam hari, atau siang hari. Anda juga bisa sisipkan di pagi hari atau sore hari. Mana waktu yang paling pas buat blogging Anda.

Kalau di siang hari Anda mungkin perlu memenuhi kebutuhan keluarga kalau sudah bekeluarga, atau Anda mungkin harus bersekolah jika memang anak sekolahan. Maka, lakukan di malam hari.

Jadi, usahakan jangan sampai kegiatan ngeblog Anda mengganggu kegiatan pokok yang lain. Tapi ingat, jika ingin menjadi blogger yang sukses Anda harus menganggap kegiatan ngeblog adalah sesuatu yang pokok, sehingga waktunya harus disediakan secara khusus. Atau bila perlu full time blogger.

Sama kayak makan, kita tidak akan menjadi sehat jika makan di sembarangan waktu. Ngeblog juga demikian, blog tidak akan menjadi professironal jika hanay diapdet sembarangan waktu.

Maka, cari waktu khusus, mana waktu yang tidak terpakai. Di situlah Anda pergauli, bercumpu rayu dengan blog Anda.

Ketiga, jaga kesehatan. Kesehatan adalah segalanya. Bila kesehatan terganggu, kegiatan yang lain pun ikut terusik. Barang kali kata-kata lebih baik mencegah daripada mengobati  adalah sangat bijak untuk diterapkan di sini.

Kegiatan ngeblog adalah kegiatan yang sangat berat (sesungguhnya). Sehingga kalau merujuk pada pengalaman saya sendiri, karena saking nikmatnya ngeblog, telah beberapa kali saya pusing-pusing akibat kekurangan darah. Kadang terasa ingin muntah-muntah. Itu semua karena akifitas blogging saya yang sempat tidak terkontrol.

Karena saya ngeblog kapan pun saya mau. Terkadang menyempatkan diri mengisi konten tatkala sedang bekerja. Akibatnya pekerjaan saya jadi terbengkalai.

Sehingga  persentase keberadaan saya di depan komputer tergolong sangat tinggi. Dalam sehari saya bisa duduk 8-10 jam di depan komputer. Itu yang membuat saya pusing tujuh keliling.

Lalu beberapa kali saya harus dirawat secara tadisional oleh isteri karena tidak adanya dana untuk berobat.  Misalnya dengan meminum air gula sebanyak-banyakya untuk menambah darah.

Konon gula bisa menambah tensi darah, benar atau tidaknya saya juga tidak tau, yang jelas saya merasa agak mendingan ketika minum air gula. Dan beberapa kali saya mengalami kesembuhan dari pusing dan mual-mual sebab minum air gula. (Sekalian berbagi tips kesehatan nih, hehe..)

Sekali lagi, menjaga kesehatan adalah sangat penting. Diantaranya dengan berolah raga, atau jalan-jalan pagi setidaknya satu kali dalam seminggu.

Karena jalan-jalan dapat menyegarkan otot-otot mata, otot-otot lengan, otot-otot jemari yang telah lelah meneken tuts komputer, lebih utamanya otot –otot kepala yang telah lelah memikirkan konten berhari-hari lamanya.

Bagaimana tidak blank, bagaimana tidak anemia, jiak tubuh sudah dipaksakan memandang kompputer 8-10 jam. Kata orang memandang komputer dalam jangka waktu yang melewati batas akan mengakibatkan sakit jantung, bahkan struk.

Itulah tips dari saya sebagai blogger pemula. Semoga tips sekaligus pengalaman saya ini bisa berkenan menjadi bahan perbandingan buat teman-teman blogger lainnya (bagi yang serius blogging).

Artikel Terkait

Cerita Blogger 2705717893506890680

Post a Comment

emo-but-icon

item