Cara Membuat E-Mail dengan Mudah di Google Mail (Gmail)

Cara Membuat E-Mail dengan Mudah di Google Mail (Gmail) - Assalamualaikum #Batur Kabartumbuhmulia. Kali ini saya akan mengajak Batur untuk membuat E-Mail dengan Google Mail (Gmail). Ini saya persembahkan buat Batur-batur yang belum memiliki E-Mail. Karena E-Mail itu sangatlah penting di dunia modern sekarang ini.

Mengapa saya memilih Google Mail, bukan Yahoo! Mail, Hotmail, dan yang lain-lain. Tentu ada alasannya. Dan salah satu alasan yang terpenting adalah agar Batur bisa masuk langsung ke blogger dan membuat blog. Asyik kan!

Nah, tanpa berlama-lama, mari kita membuat E-mail dengan Google Mail. CIKIDOTT!

Pertama-tama silakan bukan browser Batur dahulu. Biasanya Batur pakai browser apa, misalnya mozila, google chroom, opera atau yang lainnya. Tapi kali ini saya contohkan pakai mozila aja. Mari kita mulai (Eh, kan dari tadi udah mulai ya!)

1. Kalau sudah masuk di Mozila silakan klik kata "gmail" seperti contoh di bawah ini.


2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti yang ada di bawah ini. Silakan klik urutan paling atas yang pada bagian: google.com - Create a Gmail adress.

3. Akan muncul isian seperti gambar di bawah ini. Isikan kolom-kolom tersebut dengan benar. 


Dan kalau Batur masih bingung dengan bahasanya silakan scrool ke bawah untuk mengganti bahasa. Pilih bahasa Indonesia.



Nah kemudian mari kita bahas satu per satu bagian -bagian berikut ini.


a. Tulis nama Batur. Pada bagian ini boleh menggunakan huruf kapital karena ini merupakan Identitas Batur.

b. Bagian ini merupakan alamat E-mail yang akan Batur buat. Silakan ktikkan kata sesuia keinginan Batur. Ingat menggunakan huruf kapital di sini. Bila kata yang dimasukkan salah maka akan ada tanda merah saat masuk di kolom sandi, namun bila benar maka tidak ada tanda merah itu. Silakan ketikkan ulang kata yang ingin Batur buat jadi alamat E-mail sampai benar.

c. Buat kata sandi yang agak panjang. Jika terlalu pendek akan ada tanda warna merah. Itu artinya sandi yang dibuat terlalu lemah. Kemungkinan besar akan bisa dilacak oleh orang. Tapi kalau muncul tanda warna hijau itu artinya sedang-sedang saja. Sedangkan bila muncul tanda warna biru itu berari sandi yang Batur buat sudah sangat rumit sehingga tidak mudah dilacak oleh siapa pun.

d. Masukkan ulang sandi yang sudah dibuat. Jangan sampai salah. Persis seperti sandi yang ditulis pertama.

e. Masukkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Batur.

f. Pilih jenis kelamin Batur. (Ingat kalau jenis kelamin Batur pria tulis pria, jangan pilih wanita, hehe...)

g. Masukkan nomor seluler Batur. Ini fungsinya sebagai keamanan akun Batur. Misalnya bila suatu saat ada orang yang ingin masuk dengan akun Batur maka ia perlu memasukkan kode dulu. Sementara kode yang dimaksud masuk ke ponsel Batur. Jadi ia harus minta dulu kepada Batur. Jadi, apa mau dikasih?

h. Bagian ini kosongkan saja.

i. Kalau Batur orang Belanda silakan pilih Belanda.

j. Nah, yang ke pamungkas, klik langkah selanjutnya.

4. Sekarang akun batur sudah jadi. Klik saja tanda biru seperti di bawah.



5. Klik SAYA SETUJU

6. Sip! Sudah jadi. Klik Continue to Gmail

Kalau Batur mau dengan cara yang di bawah ini juga bisa. Ada pilihannya. Mau bikin akun google+, youtube, google drive, dll. Tapi mengingat kali ini kita sendang membuat E-mail, maka tentunya masuk ke Gmail dulu lah. Kita lilat-lihat dulu fasilitas yang ada di Gmail. Kapan-kapan bisa Batur buat yang lainnya.

7. Nah, akan muncul halaman seperti scren shoot berikut ini di Gmail.
 
Ada kota masuk, ada tempat untuk menulis E-mail yagn berwarna merah. Silakan utak-atik. Dan kalau mau keluar klik pojok kanan atas yang ada tanda huruf "F", sebab ini merupakan inisial nama masing-masing pemilik akun, jadi berbeda-beda sesuai huruf awal nama pemilik akun. Dan ini juga menandakan bahwa akun Batur masih baru, belum ditaruhkan foto. Maka ganti saja huruf tersebut dengan foto Batur. Pasti keren.

Demikian, itulah tadi Cara Membuat Email dengan Mudah di Google Mail (Gmail). Semoga bermanfaat. Nanti kita sambung lagi dengan tutorial yang lain.

Artikel Terkait

Cerita Blogger 2227720358377202695

Post a Comment

emo-but-icon

item