Cara Membuat Blog Gratis Terbaru dengan Blogspot


Selamat pagi, siang, malam, #Batur Kabartumbuhmulia! Jumpa lagi kita pada season cerita blogger.

Artikel kali ini merupakan kelanjutan dari pembahasan pendahulu mengenai cerita blogger.  Yang mana sebelumnya saya pernah menulis kisah pertama kali membuat blog. Maka pada kesempatan ini saya kembali menulis tentang  bagaimana membuat blog dengan topik cara membuat blog gratis terbaru dengan blogspot.

Baca juga: Tips Blogging Sederhana Buat Para Pemula

Tutorial singkat ini diperuntukkan buat Batur-Batur yang belum tau caranya membuat blog. Siapa tau Batur berhajat membuat blog tapi masih bingung bagaimana memulainya, maka artikel ini diharapkan bisa membantu Batur-batur yang masih nubie. Yang walaupun sebenarnya saya juga masih nubie tapi hanya duluan sedikit aja. Dikiiiiiiit aja. Hehe

Sebelum kita mulai membahas cara membuat blog, terlebih dahulu kita berkenalan dengan istilah blog itu sendiri. Seperi kata orang bijak, tak sayang maka tak kenal, eh, maksud saya tak kenal maka tak sayang.

Apa Itu Blog?

Blog atau yang biasa disebut dengan Web Blog dapat disebut sebagai buku harian pribadi yang ditampilkan secara online di Internet. Web blog dapat diakses oleh orang banyak dan dapat dikomentari oleh pembacanya.

Sebuah web blog juga dapat dilengkapi dengan halaman berita, pengumuman, polling, dan berbagai fasilitas lainnya. Ada beberapa situs web yang khusus menyediakan fasilitas untuk membuat web blog, antara lain www.blogspot.com, wordpress.com, dll.

Sekarang ini blog merupakan salah satu trend yang tidak boleh terlupakan. Menjamurnya blogger-blogger baru menjadi indikasi bahwa blog memang memiliki banyak peminat. Bahkan tidak jarang orang-orang mulai meninggalakan media sosial dan memilih menjadi blogger. Dan asal Batur tau, blog juga bisa menghasilkan uang loh! (Sssstttt.....kalau soal itu kita bahas nanti saja.)

Mengapa Harus Blogspot, Bukan yang Lain?

Pertanyaan selanjutnya, mengapa harus Blogspot, bukan Wordpress, Webbly, Tumblr, atau yang lainnya?

Ini cuma soal pilihan. Namun tentu ada alasan yang mendukung mengapa kita harus menggunakan blogspot. Diantara alasan yang mendukung adalah blogspot lebih familiar, lebih simpel, lebih fress, gratisan lagi. Dan hal yang paling rekomendatif adalah blogger itu miliknya google, jadi kesempatan untuk nongol di google sudah dijamin. Karena google akan sangat senang melihat kita membuat blog dengan fitur buatannya. Itulah alasan penting mengapa saya menggunakan blogspot dan mengajak Batur membuat blog dengan menggunakan blogspot.

Cara Membuat Blog Gratis Terbaru dengan Blogspot

Sebelum mulai membut blog, saya pastikan Batur sudah memiliki akun Google Mail (Gmail). Karena akun gmail merupakan syarat mutlak jika Batur ingin membuat blog dengan blogspot. Kalau Batur belum memiliki gmail silakan buat akun dulu di sini. Atau kalau belum tau caranya lihat pada Cara Membuat E-Mail dengan Mudah di Google Mail (Gmail)

Baiklah mari kita bahas satu persatu.

1. Masuk ke mesin telusur dengan mengetikkan kata 'blogger'. Maka akan tampil 'Blogger.com - Create a unique and beautiful blog. It's easy and free'. Silakan klik saja kalimat tersebut seperti yang tertera pada screnshot di bawah ini.

2. Kemudian inilah laman yang terbuka. Klik 'Create Your Blog' pada kotak berwarna orange.


3. Google meminta Batur memasukkan sandi ulang. Kata sandi yang dimaksud adalah kata sandi Gmail. Silakan masukkan kata sandi Batur!

4. Lalu akan tampil alternatif pilihan. Jika Batur sudah membuat akun google+ silakan pilih 'Profil Google+', namun jika belum, pilih saja 'Profill Blogger'. Pada artikel ini saya anggap Batur belum memiliki Google+, maka saya pakai Profil Blogger saja.
5. Jika sudah memilih Profill Blogger,  silkan isi nama Anda (profil  blogger Anda)
 
6. Klik 'mengerti'

7. Klik 'Mengerti' lagi.

8. Sekarang masukkan judul blog, alamat (url blog) yang diinginnkan untuk dibuat.
Misal:
a. nama blog: Ayo Ngeblog

Perhatian! 
Jika alamat yang Batur masukkan berwarna merah, itu tandanya alamat sudah ada. Silakan masukkan kata-kata yaang lain. Jika kotak centangan terlihat biru, maka alamat tersebut boleh dipakai.

c. Pilih dan klik template yang mau dipakai
d. Klik 'Buat Blog'

 

9. Selamat! 
Blog Batur sudah jadi. Sekarang tinggal mengisi blog tersebut dengan tulisan, gambar, video, atau yang lain. Sesuai dengan maksud Batur membuat blog. Misalkan Batur mau mengisinya dengan tulisan, silakan klik 'Entri Baru'


10. Akan muncul seperti berikut:
a. Kolom judul artikel
b. Ruang tempat menulis
c. Label tulisan (ini fungsinya untuk memisahkan bagian-bagian postingan)
d. Publish (Publikasikan)

Silakan tulis apa yang ingin Batur tulis. Kemudina publikasikan


11. Kalau sudah mempublish, silakan lihat tampilan artikel yang ditulis.


12. Misalnya seperti berikut ini



Bagaimana, mudahkan?
Itulah tadi cara membuat blog gratis terbaru dengan blogspot. Sampai di sini dulu pembahasan kita kali ini. Kalau ada yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

Artikel Terkait

Cerita Blogger 8167049684713811098

Post a Comment

emo-but-icon

item