Cara Menambah Pundi-Pundi Keuangan dari Blog Gratisan

Cara Menambah Pundi-Pundi Keuangan dari Blog Gratisan

Cara Menambah Pundi-Pundi Keuangan dari Blog Gratisan
Berbagai bisnis telah berkembang pesat di dunia maya atau internet. Rupanya lahan bisnis di internet sangat menjanjikan. Sehingga ada banyak orang yang sukses di sana. Sebut saja, bidang salah satunya adalah blogger.

Menjadi seorang blogger saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Secara bertahap, dunia blogger telah menjadi pilihan banyak orang. Karena ternyata dari blog seseorang akan mendapatkan penghasilan yang menggiurkan.

Lihat : Cara Membuat Blog Gratis Terbaru dengan Blogspot

Faktanya: Baru-baru ini dunia maya dihebohkan dengan kesuksesan sebuah desa yang disebut sebagai Kampung Blogger. Mengapa disebut Kampung Blogger? Karena orang-orang di sana pada ngeblog semua. Tentara, petani, pemuda, remaja, ibu rumah tangga, buruh pabrik, ngeblog semua. Siapa yang menggagas semua itu? Ialah seorang mastah yang bernama Simbodo Malik.

Simbodo Malik telah berhasil mencetak jutawan-jutawan baru di dunia blogging melalui Kampung Blogger yang didirikannya. Sebut saja dua orang muridnya yang bernama Zhee Innezta dan Dian Firatpini.Kedua wanita tersebut berhasil meraup keuntungan besar melaui blog dengan bisnis Google Adsense.

Tahukan Batur, Zhee Innezta saat ini mampu meraup keuntungan sampai 50 juta rupiah lebih pada bulan ketiga. Sedangkan Mbak Dian Firatpini pada bulan pertama saja sudah meraup 30 jutaan. Siapa yang tidak geger. Padahal kedua wanita paruh baya tersebut secara teknis bukanlah bidangnya. Melainkan mereka cuma ibu-ibu rumah tangga yang ingin mengubah konsep hidupnya. Karena sebelumnya terpuruk oleh keadaan ekonomi yang tak kunjung untung. Dan sekarang ngeblog, kehidupan keluarga mereka lebih bernafas lega.

Nah, dari dua contoh tadi mungkin sudah cukup sebagai gambaran bahwa menjadi blogger itu memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Tapi menjadi blogger sepertinya bisa dicoba untuk membuka ladang baru di zaman modern sekarang ini.

Tapi,  kesuksesan mereka tentu saja tidak sertamerta berjalan dengan mulus bin lulus, melainkan banyak rintangan yang mereka hadapi. Sama halnya seperti merintis karir yang lainnya. Paling tidak menjadi blogger harus rela mengorbankan waktu dan tenaga di depan layar komputer.

Yup! Ngomongin soal cara menambahkan pundi-pundi keuangan di blog  itu sebenarnya sudah tidak asing lagi. Sebagaimana yang saya contohkan tadi. Sekarang ini, ngeblog malah sama posisinya seperti bisnis-bisnis yang lain. Seperti buka toko lah, buka warung lah, buka kios lah, buka baju lah! Kira-kira seperti itu. Hanya saja tempatnya yang berbeda. Tau sendirikan? Sebab pada hakikatnya membuat blog juga membuka ladang  baru di suatu lahan yang gersang. Sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkannya, mengolahnya dengan benar. Mau kita tanam apa di sana. Itu terserah. Jika kira rajin merawatnya, yaaa...pasti dapat berkahnya. Cuma itu saja kok hakikatnya hidup ini. Eits..ini bukan dakwah lho!

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus Batur pilih agar blog bisa mengasilkan uang. Cikidot!

Pertama: Menayangkan Iklan di Blog


Hal yang paling diminati oleh para blogger saat ini adalah menayangkan iklan di blognya. Ada banyak Jasa periklanan yang bersedia bekerja sama dengan blogger. Seperti Iklan Adsense, Iklan klik saya, Iklan Kumpulblogger, Iklan Adsense Camp, dll.

Perusahaan periklanan yang saya sebutkan tadi merupakan perusahaan yang berbasis CPC (Cost Per Clik) atau dalam bahasa Indonesianya bayar per klik. Jadi, kita akan dibayar oleh pengiklan ketika ada pengunjung yang mengklik iklan di blog kita.

Kemudian ada juga pengiklan yang bersedia membayar perbulan. Ini disebut dengan iklan mandiri. Batur akan menaruh slot iklan di bagian-bagian tertentu pada blog. Kemudian nanti jika ada tawaran, atau katakanlah orang yang ingin menyebarluaskan produknya, maka Batur akan dikontak dan tentu saja akan terjadi transaksi-transaksi. Batur mungkin akan mematok harga sekian perbulan, itu terserah. Tapi ingat! Blog harus banyak pengunjung dulu. Mana mau orang pasang iklan kalau pengunjungnya cuma yang punya blog saja. Kikuk!

Jadi, sekarang mana yang paling efektif? Semuanya tergantung pada diri masing-masing blogger. Tapi berdasarkan pengalaman nih, untuk para blogger kebanyakan biasanya memakai sistem CPC. Dan yang paling diburu saat ini adalah Google Adsense.
   
Kedua: Menulis Review (Produk, Usaha, dan Lain Sebagainya)


Menambah pundi-pundi keuangan lewat blog dengan cara menulis review juga menurut saya sangat baik. Bahkan ini uangnya terlihat lebih nyata.  Nyata maksudnya di sini cepat dan langsung. Begitu terjadi kontak, kemudian terjadi bargaining, ya dapat uangnya.

Cara ini sering dilakukan oleh para blogger-blogger wanita. Mereka biasanya mereview produk kecantikan, obat-obatan, dan hal-hal lain yang berbau kewanitaan (eits, jangan salah!) Maka mereka akan dibayar oleh si mpunya produk atau jasa dan lain sebagainya.

Ketiga: Menjual Produk Sendiri (Aplikasi, E-book, Baju, dll)

Contoh blogger sukses yang menjual produk sendiri adalah Mas Sugeng lewat blognya SUGENG.ID. Ia menjajakan template buatannya sendiri melalui blog pribadinya. Atau sebut saja penyedia jasa template. Dan beliau sekarang dikenal sebagai pembuat template yang mempuni. Produk-produk templatenya banyak yang pakai di dalam dan luar negeri. Selain menjual template Mas Sugeng juga menjual kaos. Wah, enakkan, duduk-duduk di depan komputer jualan kaos.

Keempat: Ikut Program Afiliasi


Apa itu perogram apiliasi? Program apiliasi merupakan program yang memberikan imbalan komisi dalam persentase tertentu kepada klien. Misalnya Batur sebagai klien, maka Batur akan meletakkan teks link (tautan teks) atau banner (spanduk gambar/garfis) pada blog yang Batur kelola. Jika seorang pengunjug mengklik apa yang Batur pampang tersebut, dengan sendirinya dihantarkan ke situs web penyedia banner. Kemudian Batur akan mendapatkan imbalan berupa komisi dari mereka.

Ibaratnya, Batur ikut menjajakan barang mereka lewat blog, nanti ada yang klik produknya. Lalu Kita akan dapat jatah dari yang punya program. Haha, keren. Pundi-pundi keuangan pun akan mengalir ke kantung-kantung celana blogger. Kalau gak nampung di celana luar, juga bisa di dalam kok. hehehe...[jorok]

biasayanya, untuk ikut serta menjadi member program afiliasi tidak dipungut biaya apa pun. Batur cukup mendaftar sebagai peserta program dan Batur akan dibekali dengan cara-cara untuk membuat tautan afiliasi di situs Batur.

Ada banyak program afiliasi, salah satunya yang paling terkenal adalah Amazon.com. Di Indonesis sendiri ada Lazada, Yubi, Zalora, dll.

Kelima: Ikut Kontes SEO


Selain keempat bisnis di atas, masih ada satu lagi nih yang tidak boleh ketinggalan. Hal yang satu ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki blog. Tidak pilih-pilih mau blog gratisan apalagi yang berbayar. Yang penting dalam kompetisi ini adalah kecakapan dalam menulis dan mengelola situs agar berada di halaman pertama di mesin pencari.

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimation yakni mengoptimalkan website dimata mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo! dll.  Mengikuti kontes SEO berarti lomba membuat artikel sesuai ketentuan panitia dan membuatnya menjadi berada di urutan pertama pada mesin pencari, atau setidaknya berada pada posisi halaman pertama.

Jika menang, tentu saja ada hadiahnya. Ada yang besar, sedang, dan kecil. Besarannya ada yang sampai belasan juta rupiah untuk pemenang pertama. Seperti kontes seo yang pernah saya ikuti pada 2016 lalu, hadiahnya sampai 12 jutaan. Tapi sayang sungguh sayang, saya belum beruntung. Padahal yang menjadi pemenang dan akan mendapatkan hadiah sampai urutan ke-20.

Intinya, kontes SEO perlu Batur coba untuk mendapatkan pengalaman. Kalau tidak beruntung, ya minimal blog Batur di kenal banyak orang. Keren kan?

Bagaimana, mau ikut bisnis di internet? Buat blognya dulu.Di sini ni, Cara Membuat Blog Gratis Terbaru dengan Blogspot

Artikel Terkait

Cerita Blogger 7440575750391199138

Post a Comment

emo-but-icon

item