Contoh Proposal Permohonan Bantuan Pembangunan Sanitasi dan MCK


Contoh Proposal Permohonan Bantuan Pembangunan Sanitasi dan MCK

Contoh Proposal Permohonan Bantuan Pembangunan Sanitasi dan MCK: Selamat datang pengunjung Kabartumbuhmulia  yang budiman. Kali ini kami kembali berbagi tentang contoh proposal. Bagi teman-teman yang membutuhkan Contoh Proposal Permohonan Bantuan Pembangunan Sanitasi dan MCK, mungkin ini bisa menjadi alternatif.


..................Kop Surat.................
-----------------------------------------------------------------

No.             : -
Lampiran    : 1 Bendel
Hal        : Permohonan Bantuan Pembangunan Sanitasi dan MCK
          ( ...nama yayasan/lembaga...)

Yth.  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTB
Jalan Udayana No.06
Mataram, 83122


Assalamualaikum Wr. Wb.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat muslim terutama di wilayah Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, dengan ini kami ( ...nama yayasan/lembaga...), Jalan ................, akan membangun sarana sanitasi dan MCK.  Sarana tersebut akan dibangun dengan biaya RP52..200.000,- (Limat Puluh Dua Juta Dua Ratus Ribu Rupiah).

Sehubungan dengan hal tersebut, dengan segala kerendahan hati dan penuh rasa hormat, kami mengajukan permohonan kepada Bapak agar sudilah kiranya berkenan memberikan bantuan demi terlaksananya pembangunan tersebut.

Atas perhatian dan bantuan Bapak, kami segenap pengurus ( ...nama yayasan/lembaga...) menyampaikan terimakasih yang setulus-tulusnya.

Wasslamualaikum Wr. Wb.

........,  Mei 2016

...nama lembaga...

Ketua Umum,                                                Sekretaris Umum,




(  ................. )                                               (  ................ )  

----------------------------------------

Kata Pengantar


Rasa syukur yang berlimpah kami panjat kehadirat Allah SWT, atas rahmat serta karunia-Nya, akhirnya kami dapat menyelesaikan Proposal Permohonan Bantuan Sanitasi di ( ...nama yayasan/lembaga...).

Proposal ini diajukan dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia seutuhnya dan sekolah yang bermutu agar terciptanya proses belajar mengajar yang bermutu di sekolah tersebut.

Melihat dari lokasi ( ...nama yayasan/lembaga...) yang berada di lingkungan padat penduduk, sewajarnya perlu diperhatikan pembangunan sanitasi yang mulai tidak mencukupi memenuhi kebutuhan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Apalagi madrasah-madrasah di bawah naungan ( ...nama yayasan/lembaga...) merupakan madrasah Inti di wilayah Boro’Tumbuh.

Dalam hal itu, kami mengajukan proposal ini kiranya dapat memenuhi segala yang menjadi kebutahan prioritas ( ...nama yayasan/lembaga...).

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpatisipasi dalam penyusunan proposal ini. Kami menyadari bahwa di dalam proposal ini masih banyak kekurangan, untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi kesempurnaan proposal ini.

Pemohon,
(...nama lembaga...)

Ketua Umum,




(....... nama terang......... )
---------------------------------------------------


1. Latar Belakang
Pengertian umum lingkungan sekolah adalah salah satu kesatuan lingkungan fisik, mental dan sosial dari sekolah yang memenuhi syarat-syarat kesehatan sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar dengan baik dan menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan murid secara optimal.

Faktor lingkungan sekolah dapat mempengaruhi proses belajar mengajar, juga kesehatan warga sekolah. Kondisi dari komponen lingkungan sekolah tertentu dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan. Faktor resiko lingkungan sekolah tersebut antara lain kondisi atap, dinding, lantai, dan aspek lainnya sebagai berikut :

a. Air bersih : Ketersediaan air bersih baik secara kualitas maupun kuantitas muklak diperlukan untuk menjaga hygiene dan sanitasi perorangan maupun lingkungan. Beberapa penyakit yang dapat ditularkan melalui air antara lain diare, kholera, hepatitis, penyakit kulit, mata dan lainnya. Idealnya ketersediaan air adalah 15 liter/orang/hari.

b. Toilet (kamar mandi, WC dan urinoir). Kamar mandi : Bak penampungan air dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, demikian juga kamar mandi yang pencahayaannya kurang memenuhi syarat kesehatan akan menjadi tempat bersarang dan beristirahatnya nyamuk. WC dan urinoir : Tinja dan urine merupakan sumber penularan penyakit perut (diare, cacingan, hepatitis ). Penyakit ini ditularkan melalui air, tangan, makanan dan lalat. Untuk perlu diperhatikan ketersediaan WC dalam hal jumlahnya. Perbandingannya adalah : 1 WC untuk 25 siswi dan 1 WC untuk 40 siswa.

c. Pengelolaan sampah : Penanganan sampah yang tidak memenuhi syarat kesehatan dapat menjadi tempat berkembang biaknya vektor penyakit seperti lalat, tikus, kecoak. Selain itu dapat juga menyebabkan pencemaran tanah dan menimbulkan gangguan kenyamanan dan estetika. Untuk itu disetiap ruang kelas harus terdapat 1 buah tempat sampah dan di sekolah tersebut harus tersedia tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

d. Sarana pembuangan air limbah : Sarana pembuangan air limbah yang tidak memenuhi syarat kesehatan ataupun tidak dipelihara akan menimbulkan bau, mengganggu estetika dan menjadi tempat perindukan dan bersarangnya tikus. Kondisi ini berpotensi menyebabkan dan menularkan penyakit seperti leptospirosis dan filariasis (kaki gajah).

Berdasarkan asfek-asfek tersebut, maka Yayasan Pondok Pesantern Darul Iman Wattaqwa NW Boro’Tumbuh berupaya dan berikhtiar untuk mengadakan sarana dan prasarana sanitasi dan MCK agar tercipta suasan yang bersih, nyaman, dan asri di sekitar lingkungan yayasan.

2. Tujuan
a. Memenuhi syarat-syarat kesehatan sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar dengan baik dan menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan murid secara optimal.
b. Memberikan kenyamanan bagi guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar.
c. Sebagai pusat kegiatan belajar mengajar.
d. Membina dan mengembangkan sekolah sebagai salah satu sumber belajar.
e. Mengembangkan daya fisik siswa yang lebih aktif dan kreatif serta membutuhkan rasa percaya diri.
f. Membantu masyarakat belajar (guru dan siswa) dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Manfaat
Setelah diterimanya bantuan pembangunan sanitasi, manfaat dan hasil yang diharapkan akan diperoleh oleh madrasah kami serta pemeliharaan yang mudah-muadahan dapat kami lakukan adalah :
1. Terciptanya sekolah/madrasah yang menunjang lancarnya proses belajar mengajar.
2. Memacu Guru dan Kepala Sekolah untuk belajar meningkatkan mutu dan  tugas serta tanggung jawab masing-maisng.
3. Tumbuhnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan diantara pihak sekolah dengan masyarakat.
4. Terciptanya pusat kegiatan belajar mengajar yang efektif.
5. Berkembangnya daya fisik siswa yang lebih aktif dan kreatif serta menumbuhkan rasa percaya diri.
6. Terfasilitasinya guru dan siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar praktis dan efektif.

4. Profil Yayasan
Nama Yayasan  :
Alamat              :
Nomor HP        :
Tahun didirikan   :
Nomor Statistik    :
Tahun beroperasi    :
Luas            :
Status tanah        :
Kepmenhumkam    :

5. Program Kegiatan
Program kegiatan di ...................  yaitu:
a. Kegiatan belajar mengajar konvensional merupakan kegiatan utama yang dilaksanakan setiap hari, dimulai sejak pukul 06.30 s/d 13.00.
b. Selain kegiatan pokok tersebut di atas, ( ...nama yayasan/lembaga...)  juga mengembang kegiatan ekstrakurikuler seperti Pramuka, PMR, Marcing Band, Pencak Silat, dan Kasidah tradisional. Kemudian pada setiap sore Kamis diadakan hiziban akbar dan pembacaan al-Barzanji secara rutin diikuti oleh seluruh santri.
c. Pengajian umum bagi umat muslim yang diikuti oleh masyrakat luas juga diselenggaran pada setiap satu kali sebulan.

6. Fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM)
a. Sumber Daya Manusia (SDM)
(...nama lembaga...)  dipimpin oleh ketua umum yayasan: (...nama ketua yayasan...)
b. Tenaga pendidik di lingkungan Yayasan Pondol Pesantern Darul Iman Wattaqwa NW Boro’Tumbuh terdiri dari guru/pegawai swasta yang rata-rata berpendidikan sarjana (S1) dan mengajar sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.  Jumlahnya 70 orang yang terdiri dari 40 guru laki-laki dan 30 guru perempuan.

c. Jumlah santri dalam 3 (tiga) tahun terakhir:

Lembaga    Jumlah Santri    TOTAL
2014-2015    2015-2016    2016-2017   
MA    170    150    155               475
MTs    182    165    135               482
MI    145    134    160               439
TK    30    35    37               102
JUMLAH    527    484    487            1.498


7. Fasilitas
a. Yayasan ini fasilitasnya masih terbatas, seperti :
- Ruang kelas (TK belum ada ruang/numpang, MI 6 ruang, MTs. 6 ruang, MA 7 ruang )
- Kantor pada masing-masing lembaga
- Perpustakaan pada masing-masing lembaga
- Gedung serba guna (belum ada)
- Mushalla (belum ada)
b. Fasilitas yang akan dibangun
- Sanitasi dan MCK

8. Jaringan Kerja Sama
a. Yayasan ini bernaung dibawah organisasi Nahdlatul Wathan sehingga bekerja sama dengan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur.
b. Taman Pendidikan al-Quran al-Ikhlas Dasan Tumbu Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur.
c. Taman Pendidikan al-Quran Baitussollah Dasan Tumbu Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur,
d. Taman Pendidikan al-Quran Darul Iman Dasan Tumbu Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, dan
e. Taman Pendidikan al-Quran al-Muttaqin Dasan Kulur Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur

9. Kebutuhan dan Penggunaan Dana
Agar penyelenggaraan program-program di ( ...nama yayasan/lembaga...) ini dapat berjalan dengan baik, diperlukan dana yang akan dipergunakan untuk membangun Sanitasi dan MCK dengan rincian sebagai berikut :

-    Pembangunan Sanitasi dan MCK            : Rp. 52.200.000,00


10. Sumber Dana
Kebutuhan dana tersebut dikumpulkan dari :
a. Dana yang sudah dimiliki (swadaya)
b. Sumbangan dari pemerintah
c. Sumbangan, infaq, amal jariyah, shadaqah dari masyarakar muslim/muslimat.
d. Donatur tetap maupun donatur tidak tetap.
e. Usulan lain yang sah dan halal.

11. Susunan Pengurus Yayasan
Terlampir

12. Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Terlampir

13. Sketsa Rencana
Terlampir

14.  Badan Hukum
- Rekening Yayasan/lembaga terlampir.
- NPWP Yayasan/lembaga, terlampir.
- Fotocopy KTP Ketua Pengurus Yayasan/lembaga, terlampir.

15. Penutup
Demikian gambaran singkat tentang ( ...nama yayasan/lembaga...) Jalan ..... Semoga mendapat perhatian.

Untuk melengkapi proposal ini, berikut kami lampirkan gambar dan rekapitulasi rincian biayanya.

Selanjutnya dengan segala kerendahan hati dan penuh rasa hormat pengurus atau penaggungjawab ( ...nama yayasan/lembaga...)  mengetuk pintu hati nurani Bapak untuk berkenan memberikan bantuan amal jariyah, infaq, shadaqah berupa apa saja demi terwujudnya madrasah tersebut dalam rangka mengembangkan pendidikan islam untuk kemaslahatan umat.

Semoga amal baik Bapak/Ibu/Saudara diterima di sisi Allah SWT, dan mendapatkan balasan yang setimpal baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin, aamiin, Ya Rabbal’alamiin.

........, ................Mei 2016


(...nama yayasan/lembaga...)

Ketua Umum,                                                Sekretaris Umum,




(  ................. )                                               (  ................ )

Artikel Terkait

proposal 4496258876964413473

Post a Comment

emo-but-icon

item