Senangnya! Alexa Rank di Bawah Satu Juta, Apa Rahasianya?

alexa 1 juta

Alexa rank di bawah satu juta  saya anggap sebagai hadiah tahun baru. Karena merupakan momen yang sangat langka bagi diri saya secara pribadi. Dan sebuah prestasi yang sulit saya dapat sebelumnya.  Ketika memasuki tahun 2017, alexa rank saya meramping hingga di  bawah satu juta (lihat screnshot di atas).

Angka alexa rank tersebut bersumber dari salah satu blog saya yang berniche pendidikan. Blog tersebut saya bangun pada Desember 2015 lalu. Jadi usianya kurang lebih 13 bulan, per-Januari 2017

Perlu diketahui bahwa para blogger lain banyak yang bisa merampingkan alexa rank walau usia blog di bawah satu tahun. Dan banyak pula yang alexa ranknya tetap membengkak meski usia blog sudah dua-tiga tahun atau bahkan lebih. Seperti halnya blog-blog saya yang lain, ada yang sudah tiga tahunan, tapi alexa rank-nya masih bertahan di angka 4-5 juta. Oleh sebab itu, untuk kali ini saya merasa bersyukur ketika salah satu blog saya ada yang alexa rank-nya di bawah satu jutaan.

Alhamdulillah, berkat usaha dan kerja keras saya selama ini, akhirnya saya bisa melihat bagaimana tampilan alexa rank yang mengerucut. Padahal sejak dulu ketika baru-baru mulai ngeblog saya sangat mendambakan yang namanya alexa rank di bawah 5 juta. Tapi eh, ternyata sekarang saya malah mendapat di bawah satu juta.

Apa rahasianya agar angka alexa rank mengecil?

Bagi para nubie mungkin tidak terlau peduli dengan angka alexa rank. Karena rata-rata mereka tidak tau juga apa itu alexa rank. Sama seperti halnya saya dulu ketika baru mulai ngeblog. Bisa punya blog saja syukurnya tiada tara. Eh, tenyata setelah satu tahunan ngeblog, ketemu juga dengan yang namanya alexa rank. Akhirnya berusaha untuk memeperkecil alexa rank.

Kaitannya dengan mengecilkan alexa rank sebenarnya saya cuma mengikuti alur. Bahkan saya tidak menyangka kalau saya bisa mendapatkan alexa yang ramping di salah satu blog. Tapi setelah saya pelajari kejadian demi kejadian, pengalaman demi pengalaman, akhirnya saya temukan rahasia mengecilkan alexa rank, seperti berikut ini.

#1 - Up Date Artikel di Blog Secara Rutin
Yang perlu digarisbawahi di sini adalah kata rutin. Rutin bekaitan dengan kata berkala. Jadi, kita perlu mengapdate blog secara berkala, minimal 2 kali seminggu. Atau kalau tidak mampu cukup satu kali saja.

Walaupun seminggu sekali asalkan tetap itu akan lebih baik jika hanya 3 kali seminggu tapi dalam dua bulan. Menurut para suhu, cara demikian merupakan kunci kemajuan sebuah blog. Yaitu konsistensi dalam meng-upgrade blog.

Yang dibutuhkan di sini adalah ke-tetap-an. Kita harus bisa membuat siklus yang teratur dan tetap. Jika up date hari Minggu, ditetapkan saja pada hari Minggu. Supaya siklusnya berjalan normal.

#2 Fokus
Seperti kata ulama, "Istikomah lebih baik dari seribu macam keramat." Menurut saya kata-kata itu cocok juga buat blogger. Kalau kita fokus dan istikomah mengerjakan sesuatu, pastilah akan mendapatkan apa yang kita inginkan, termasuk mendapatkan ranking alexa yang mungil. Hehe...

#Tambahan: Blog Niche Khusus Lebih Mudah Dirampingkan
Menurut saya, blog dengan niche tertentu akan lebih mudah dirapingkan alexa rank-nya. Karena pengalaman saya dalam mengelola beberapa blog, ada yang gado-gado dan ada yang berniche khusus. Ternyata yang cepat ramping  adalah yang berniche khusus. Jadi saran saya, buat blog yang membahas satu topik tertentu kalau ingin melihat alexa rank yang seksi.

Tapi perlu diingat!  Ini cuma pengalaman saya. Bila ada kelemahannya mohon dimaklumi. Karena asing-masing blogger punya pengalaman yang berbeda-beda dalam merampingkan alexa rank.

Sekali lagi, ini sebagai hadiah tahun baru buat saya. Untuk sementara, ini sudah cukup. Cukup membuat bibir tersungging dan membangkitkan kembali nafsu ngeblog saya. Ehm...

Artikel Terkait

Cerita Blogger 3722530629025006107

Post a Comment

  1. alexa rank mah gk terlalu fokus ane... alexa rank kurang relefan karena dia menilai rank berdasarkan pengguna yg memakai alexa toolbar. biasanya blog yg berniche seo ramping2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya juga sih, tapi bagi ane tetap berguna, minimal bikin semangat ngeblog meningkat, lagu pula alexa rank tetep dijadikan patokan oleh situs-situs besar untuk mengukur peringkatnya kan? setau aku sih begitu.. Terima kasih kunjugannya Mas, :)

      Delete

emo-but-icon

item