Cerita Blogger: Bagaimana Bisa Mendapatkan Pengunjung Ribuan dalam Sehari

Cerita Blogger: Bagaimana Bisa Mendapatkan Pengunjung Ribuan dalam Sehari | Batur Kabartumbuhmulia, kali ini saya kembali sharing tentang pengalaman blogging saya yang masih nubie ini. Yang mana semakin hari kegiatan blogging saya terus meningkat. Seiring pasca mendapatkan insentif dari Google Adsense yang walaupun cuma dua digit di belakang angka satu. Namun hal tersebut membuat saya semakin bersemangat berhubungan badan dengan blog, eh! Pengalaman kali ini mungkin saja bisa memberikan informasi yang penting buat Batur-batur sesama blogger. Yang walaupun ceritanya agak geli (mungkin) yang penting saya sampaikan dengan jujur.

Baca Juga: Inilah Rahasia yang Membuat Jumlah Page View Blog Meningkat

Saya ingin bercerita soal kejadian luar biasa yang terjadi pada blog saya pada awal bulan Mei 2017. Kejadian luar biasa yang dimaksud adalah kenaikan pengunjung yang sangat tajam.

Sebelum itu, mulai dari tanggal 29, 30 April memang sudah terlihat tanda-tanda akan adanya ledakan pengunjung. Sementara di hari-hari biasa page view blog saya bisa mencapai 2 K lebih (2 ribu lima ratusan). Tapi dua hari yang saya sebutkan tadi page view  mencapai 3000-4000. Nah, pada puncaknya yakni tanggal 1 Mei 2017, page view tembus 16.000. Wow! Suatu hal yang spektakuler menurut blogger nubie sekelas saya ini. Siapa yang tidak senang, siapa yang tidak bangga, dan heran tentunya, melihat pengunjung yang tiba-tiba melejit hingga 7 kali lipat dari hari-hari biasa. Tapi ini tentu bukan suatu hal yang datang dengan sendirinya, tapi berdasarkan  kerja yang cukup panjang dan melelahkan.

Anda bisa lihat screenhoot berikut ini sebagai bukti page views pada tanggal 1 Mei 2017.


Kemudian ada beberapa hal yang membuat salah satu blog saya tersebut tiba-tiba melejit. Saya ingin menguraikan sedikit apa yang sesungguhnya terjadi pada blog saya sehingga bisa mencapai angka yang begitu pantastis (untuk ukuran saya).

Bagaimana Saya Bisa Mendapatkan Pengunjung Ribuan dalam Sehari
Pertama, mungkin saya perlu garis bawahi dulu bahwa blog saya berniche mata pelajaran. Atau sebut saja blog yang membahas tentang mata pelajaran sekolah. Dan lebih spesifik lagi blog yang membahas tentang soal-soal mata pelajaran bahasa Indonesia. Jadi nichenya begitu sempit sekali. Bahkan saya persempit lagi menjadi blog mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Kalau boleh saya gambarkan deskripsi dan niche turunannya seperti berikut ini.

Contoh soal bahasa
Contoh Soal Bahasa Indoensia
Contoh Soal Bahasa Indoensia kelas 9
Contoh Soal Bahasa Indoensia kelas 9 pilihan ganda

Jadi, saya generasi keempat. Bila pengunjung mencari dengan kata kunci pertama, mungkin blog saya akan sulit ditemukan di google, begitu juga dengan yang kedua, tapi jika menggunakankata kunci yang ketiga dan keempat, bisa saja blog saya berada di halaman pertama. Itulah sebabnya saya katakan blog saya ini tergolong berniche sempit. Mengapa sempit? Karena target pembaca saya cuma orang-orang yang berurusan dengan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9. Siapa yang berurusan dengan pelajaran bahasa Indonesia kelas 9? Mereka para guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9, dan siswa-siswa kelas 9, sisanya paling orang-orang yang kebetulan salah alamat. Mereka mencari pelajaran bahasa SMA, tiba-tiba nyasar ke blog saya, karena mungkin kata kunci yang mereka gunakan sama dengan kata kunci yang saya bidik.

Kita kembali ke keadaan blog saya di awal bulan Mei. Seperti yang saya katakan tadi bahwa blog saya mengalami peningkatan yang dramatis di tanggal 1 dan 2 Mei 2017. Mengapa? Ayo, siapa yang bisa tebak.

Ada apa dengan tanggal itu?

Ketahuilah bahwa tanggal itu merupakan hari pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTs untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Hari pelaksanaannya tanggal 2 tapi ledakan pengunjung pada tanggal 1. Mengapa begitu? Karena mereka yang terlibat dengan UN bahasa Indonesia kelas sembilan sedang mempersiapkan diri pada hari itu. Sehingga rata-rata orang yang mengunjungi blog saya pada hari itu adalah siswa-siswi kelas 9 SMP/MTs. Jadi pengunjung yang masih muda belia. Dan rata-rata menggunakan ponsel pintar. Perbandingannya 70 persen telpon pintar, 28 persen PC atu laptop, dan Cuma 2 persen yang menggunakan tablet. Semua itu kita bisa lihat di google analitik.

Ok, terlepas dari semua itu. ini merupakan keberuntungan, sekaligus kemajuan blog saya. saya ingat pada tahun lalu, di musim Ujian Nasional saya cuma bisa mendapatkan 500 PV itu pun sudah membuat saya terkaget-kaget. Dan sekarang 19.000, ini versi histats lho!. Kalau versi bloggernya 26.000. saya sempat menggeleng-geleng. Saking senangnya saya pun membagikan informasinya kepada teman-teman. Mereka bertepuk tangan di media sosial untuk mengekspresikan senang atau pun iri. Seperti Zain misalnya, dia mengatakan, “Wow! Kok bgitu! Parah!”. Kemudian pak Hifini juga bilang, “Hebat ustz, kita ikut senang melihatnya.”

Lalu kegigihan saya di bulan-bulan sebelumnya memang berperan penting dalam meningkatkan pengunjung di bulan Mei ini. Coba saja kalau saya tidak memposting hal-hal yang berkaitan ujian nasional, saya tidak mungkin mendapatkan angka segitu. Secara sadar saya memang sudah memprediksikan itu terjadi. Saya sengaja membuat soal-soal Ujian Nasional untuk target ini. Dan saya berhasil memposting hampir seluruh kisi-kisi ujian Nasional bahasa Indonesia tahun ini. saya katakan saya cukup berhasil.

Lalu bagaimana dengan penghasilan dollar?

Memang untuk CPC masih belum sebanding dengan jumlah angka kunjungan. Saya bisa predikisi bahwa karena rata-rata pengunjung pokus pada konten. Mereka rata-rata menganalisa konten, dan terus berkomentar jika konten ada yang kurang dimengerti. Rata-rata begitu. Dan juga waktu mereka berkungjung sangat singkat. Mereka cuma membaca untuk target ujian nasional besok. Mereka tidak ada waktu untuk melihat iklan. Meski iklan yang saya tampilkan tidak tanggung-tanggung, ada banner yang berukuran cukup besar, dan itu pasti mereka bisa lihat. Tapi sekali lagi mereka tidak begitu tertarik dengan iklan.

Jujur saya cuma dapat 2, sekian dollar pada hari itu dengan besaran CPC 0,03 saja. tapi meski begitu saya sangat bersykur. Ada satu hal yang membuat saya senang pada hari itu yakni bisa berinteraksi secara langsung dengan para siswa di seluruh tanah air. Alhamdulillah

Terakhir, saya ingin menyimpulkan terkait soal bagaimana saya mendapatkan pengunjung hingga ribuan dalam sehari tadi. Berikut ini kesimpulan saya.
  • Buatlah blog yang berniche khusus.
  • Fokuslah pada niche yang dibuat.
  • Jangan tergiur untuk membuat konten selain konten niche yang sudah disepakati.
  • Manfaatkan momen-momen penting untuk meledakkan pengunjung. 
  • Perbanyak konten sebelum datangnya momen (sekedar contoh: blog Anda tentang puasa, maka perbanyak konten tentang puasa sebelum datangnya bulan Suci Ramadhan).
  • Bekerja keraslah!

Artikel Terkait

Cerita Blogger 1396347034413827735

Post a Comment

  1. Keren euy,,, ada tips agar mudah membuat artikel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering-seing praktik aja Gan. Kalau saya biasanya nulis catatan harian di laptop. Sewaktu-waktu catatan itu bisa diambil jadi artikel. Bahkan dengan membuat catatan harian kita bisa memiliki banyk stok artikel untuk diposting.

      Delete

emo-but-icon

item