Gegurun, Sabet Juara Takbiran Malam 1 Syawal 1438 H di Desa Tumbuh Mulia


Kabartumbuhmulia: Gegurun, Sabet Juara Takbiran Malam 1 Syawal 1438 H di Desa Tumbuh Mulia | Seperti biasa setiap tahun pada malam Idul Fitri, Karang Taruna desa Tumbuh Mulia mengadakan acara pawai takbiran. Acaran yang diikuti oleh peserta dari tiga kekadusan (Dasan Tumbu, Dasan Kulur, Gegurun) tersebut selalu meriah. Antusiasme para peserta pun meningkat setiap tahunnya.

Kendati pawai takbiran tahun ini, ada sedikit pembatasan dari pihak pemerintah. Dalam hal ini Kapolsek Suralaga mengeluarkan aturan bahwa tidak boleh mengadakan pawai takbiran ke luar lingkungan desa. Artinya peserta pawai harus berkeliling di dalam lingkungan desanya masing-masing. Hal yang demikian itu hanya untuk menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan semata.

Sehingga untuk tahun ini pawai takbiran di desa Tumbuhmulia tidak sampai melewati desa tetangga seperti Desa Borok, Desa Gerung Permai, dan lainya. Begitu pula sebaliknya, Desa Borok tidak boleh masuk ke wilayah Desa Tumbuhmulia.

Walaupun demikian, tidak menyurutkan antusis kaum muslim Desa Tumbuhmulia untuk mengumandangkan takbir melalui pawai. Karena tujuan utama bertakbir adalah memuji kebesaran Allah SWT. Seperti kata salah seorang pemuda Desa Tumbuh Mulia "Yang  terpenting adalah takbirnya, bukan pawainya"

Begitu pula menurut ketua Karang Taruna "Tumbuh Jaya" Desa Tumbuh Mulia, M. Hifni, acara ini diselenggaran untuk memeriahkan malam takbiran satu syawal. Jadi bukan semata-mata untuk kompetisi. Sehingga apabila ada peserta yang cuma mengharapkan hadiah berarti itu minsetnya salah. "Yang kita butuhkan adalah partisipasi, bukan kompetisi, jadi apabila ada peserta yang mengharapkan hadiah, berati mereka gagal minset" kata M. Hifni usai acara pembagian hadiah.

Sementara pada lomba pawai takbiran tahun ini Dusun Gegurun kembali berhasil meraih juara satu. Setalah tahun lalu juga berhasil meraih juara tersebut. Sedangkan juara dua Dasan Kulur. Juara tiga Dasan Tumbu, dan Juara empatnya Kampung Muhajirin.

Masinng-masing pemenang mendapatkan satu ekor kambing plus uang tunai. Jadi, untuk urusan hadiah semuanya hampir sama. Panitia sudah men-setting semua demi memeriahkan malam takbiran.

Artikel Terkait

Kabar Desa Tumbuh Mulia 5906519592433275035

Post a Comment

emo-but-icon

item