Berbagi Ramadan: Tips Mengatasi Rasa Malas di Pertengahan Bulan Ramadan, dan Menjaga Tarawih Agar Tetap Utuh


Berbagi Ramadan: Tips Mengatasi Rasa Malas di Pertengahan Bulan Ramadan, Menjaga Tarawih Agar Tetap Utuh | Sekarang kita sudah berada di hampir pertengahan bulan suci Ramadan. Biasanya, pada hari-hari pertengahan bulan puasa kadang orang-orang sudah mulai lemah dan lesu dalam menjalankan ibadah. Terutama salat tarawih. Hal itu bisa dibuktikan tatkala shaf salat tarawih sudah mulai berkurang. Orang-orang pada ke mana ya?

Baik, kita berpikirnya positif aja. Mungkin orang-orang memilih istirahat di rumah. Rupanya rasa kelelahan mereka di siang hari saat bekerja membuat sedikit malas untuk melakukan ibadah. Atau nih, biasanya kalau muda-mudi sudah mulai menguras isi dompet ke supermarket dan mall-mall. Bisa jadi. Ehm.

Padahal kalau urusan belanja di zaman modern sekarang ini tidak harus ke luar rumah kan? Tidak perlu mengorbankan salat tarawih juga. Di akhir postingan ini ada tempat belanja yang paling rekomended juga loh!

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips bagaimana mengatasi kemalasan dalam hal melaksanakan salat tarawih di waktu pertengahan Ramadan. Karena kalau di awal Ramadan saya yakin kita semua pasti semangat banget. Ya kan?

Rasa malas merupakan penyakit semua manusia. Hanya saja masing-masing orang memiliki perbedaan sudut pandang dalam mengatasi penyakit ini. Kadang orang juga sudah tidak merasakannya sebagai suatu kemalasan, karena mereka sudah terbiasa atau membiasakan diri hidup dalam nikmatnya ibadah. Sehingga tidak ada rasa malas pun di hati mereka. jika pun mereka marasakannya, itu bisa diatasi dengan segera.

Nah, berikut ini adalah cara mengatasi malas beribadah di saat pertengahan  bulan ramadan

Pertama, pastikan Anda tidak makan yang terlalu banyak saat berbuka puasa. Cukup makan kurma, atau manis-manisan lainnya, lalu makan nasi dan lauk sedikit saja. Jika mau nambah makan nasi, sebaiknya bisa dilakukan nanti setelah salat tarawih. Bahkan disarankan agar tidak makan nasi sebelum selesai salat tarawih. Karena sesungguhnya yang membuat kita enggan bangkit untuk salat tarawih adalah terlalu banyak makan nasi dan minum.

Kedua, biasakan mandi setelah berbuka puasa. Tapi salat magrib dulu tentunya. Mandi merupakan kegiatan menyegarkan badan dan menenangkan pikiran. Anda memiliki kesempatan sepuluh sampai dua puluh menit setelah berbuka puasa. Pada kesempatan itu pergilah ke kamar kecil. Buang semua kotoran. Lalu mandilah. Anda pasti akan merasakan kesegaran. Sehingga tidak ada beban sedikit pun untuk melakukan ibadah.

Ketiga, begitu anda selesai mandi, jangan ada acara makan lagi. pergilah segera ke tempat ibadah. Pergilah lebih awal ke masjid atau musalla. Di sana Anda bisa i’tikab sebentar sembari menunggu azan tiba. Lalu melaksanakan salat isa berjamaah dan  salat tarawih.

Keempat, bagi yang suka berbelanja malam. Sudahi tradisi itu. Karena yang membuat blongnya salat tarawih di pertengahan atau pun akhir Ramadan kadang karena hal yang satu ini. Orang-orang kerap kali usai salat magrib langsung meluncur ke mall-mall, dengan maksud agar tidak kemalaman pulang. Ini mah rugi, rugi dunia akhirat.

Seperti yang saya katakan tadi, ini kan zaman modern. Kita bisa berbelanja dari dalam rumah. Maksud saya belanja online, yup! Belanja di toko online. Misalnya di Elevania.

elevania

Elevania adalah toko online yang menjual segala keperluan ramadan dan lebaran Anda. Anda bisa memesan Mukena dengan berbagai kualitas dan merk. Tersedia juga GamisBaju KokoHijab/Jilbab, dan lain sebagainya. Coba dicek deh, harganya miring banget. Bandingkan dengan harga di toko konvensional. Kamu pasti geleng-gelang. Yuk! Dipesan.

Sudah tidak takut pulang kemalaman lagi kan?

Demikianlah tips yang bisa dilakukan agar tidak berat ke tempat ibadah untuk melaksanakn salat tarawih, dan upaya agar tarawihnya tidak bolong gara-gara shopping. Sesungguhnya ini merupakan pengalaman pribadi penulis. Alhamdulillah sangat bermanfaat dalam menjalankan kebiasaan baik di bulan suci Ramadan.


Artikel Terkait

Tips 5276888822130201216

Post a Comment

emo-but-icon

item