Pengalaman Pertama Booking Tiket Online, Jadi Bisa Dengan Traveloka

Hidup di zaman modern sekarang memang benar-benar membuat segalanya menjadi mudah. Sebut saja urusan transportasi udara. Karena untuk mendapatkan tiket pesawat udara sudah tidak perlu lagi capek-capek pergi ke tempat agen tiket konvensional. Yang biasanya akan memakan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit tentunya, sebab harus ke keluar kota menghabiskan bensin. Tapi sekarang kita sudah bisa memesan tiket sambil bercengkrama dengan keluarga di rumah. Tidak perlu melangkahkan kaki satu langkah pun. Kalau sudah klik, tinggal membayar dengan mentransfer uang melalui ATM. Atau, jika punya aplikasi E-banking, tidak perlu pergi ke mesin ATM tapi cukup bayar lewat ponsel saja.


Nah, berbicara soal tiket pesawat, kali ini saya akan membagikan pengalaman pertama booking tiket secara online. Dan yang namanya baru pertama kali, sudah barang tentu ada keraguan, kekhwatiran, bahkan putus asa. Tapi ternyata tidak untuk kali ini. Bahkan saya baru sadar tenyata memesan atau membeli tiket secara online jauh lebih mudah dan praktis. Dan itu semua berkat situs penjualan tiket online yang bernama Traveloka.

Traveloka merupakan situs penjualan tiket terbesar di Indonesia. Situs yang dikelola secara professional ini memang sudah menjadi primadona para traveler. Keluarga saya, teman-teman saya selalu menggunakan Traveloka kalau urusan tiket. Seperti halnya teman saya yang kebetulan saat ini bekerja di Jakarta, namanya Zain Zalik, yang kebetulan seorang entertaint. Ia selalu menggunakan jasa Traveloka ketika pulang dan pergi dari Lombok-Jakarta. Setiap tahun ia pulang ke Lombok. Dan dia selalu cerita kalau dia booking tiket di Traveloka.

Begitu juga salah satu paman saya yang suka merantau ke Malaysia. Ternyata dia juga memakai jasa Traveloka. Tidak jarang saya disuruh untuk sekedar mengecek harga tiket via online. “Coba cekkan saya tiket di Traveloka dulu,” katanya di suatu waktu. Saya pun langsung browsing dan menuliskan kata Traveloka di Google.

Lalu suatu hari, secara kebetulan saya pun memesan tiket penerbangan untuk tiga orang sekaligus. Yaitu untuk saudara saya yang akan pergi ke Tarakan, Kalimantan. Dia bilang “Pesankan kita tiket di Traveloka sekali, Dek.” Katanya. Saya pun sempat mikir sejenak. Karena selama ini saya belum pernah yang namanya memesan tiket, cuma saja saya sering mengecek harga tiket. Tapi dengan mantap saya katakan, “Ya” kepada mereka.

Saya pun akhirnya melihat-lihat harga tiket di internet. Berbagai situs penjualan tiket online saya buka. Hingga pada akhinya saya pun merasa lebih mantap di Traveloka. Karena berbagai fitur saya temukan di sana. Mungkin ini salah satu alasan mengapa orang-orang lebih suka di Traveloka, pikir saya.

(Gambar: Fitur pencarian harga tiket di Traveloka)

Salah satu fitur yang paling mengesankan bagi saya di Traveloka yakni memiliki fitur pencari harga terbaik (Fitur best price finder). Karena dengan fitur semacam ini saya merasa leluasa dalam hal mencari-cari harga tiket, menetukan jenis pesawat, menentukan jumlah penumpang, menentukan tanggal pemberangkatan, dan lain sebagainya. Meskipun di situs penjualan lain juga punya tapi cara kerjanya agak berbeda dan terkesan njelimet. Sementara di Traveloka tidak ada yang ribet, simpel-simpel saja, dan dijamin akan bisa melakukan transaksi meskipun baru pertama kali.

Benar sekali. meskipun sempat ragu juga untuk membooking tiketnya. Karena memang ini baru pertama kali. Namun berkat fitur yang disajikan oleh Traveloka membuat semuanya lantas tidak menjadi sulit.

Akhirnya saya mencari jadwal pemberangkatan yang pas di Traveloka. Tapi sebelum itu login dulu memakai e-mail. Sehingga tepat pada hari Rabu saya klik, harganya IDR 1.133.000. Lebih murah dari harga tiket yang saya lihat di tanggal-tanggal yang lain. Melihat hal itu, ketiga saudara saya sangat senang. Mereka pun sepakat memilih yang itu.

Saya pun langsung memberanikan diri untuk mengklik kata “pilih”. Proses selanjutnya pun berjalan tanpa hambatan.

Akhirnya mereka bertiga akan pergi pada hari Rabu atau 4 hari setelah pemesanan. Saya pun melanjutkan prosesnya, dan berhasil. Karena tidak memiliki aplikasi pembayaran via banking, kami pun lekas pergi ke mesin ATM untuk melunasi tiket. Tenggat waktu pembayara cuma 2 jam setengah. Dan kami berhasil membayarnya tanpa ada kendala.

Usai pembayaran saya pun mencetak tiket elektroniknya. Maka, saya dinyatakan berhasil memboking tiket pada hari itu. Adalah merupakan satu pengalaman baru yang sangat berharga. Untuk hari-hari berikutnya saya tidak perlu ragu lagi membeli tiket secara online di Traveloka. Sebab membeli tiket via online saya rasakan jauh lebih mudah dan murah.

“Nanti saat kami pulang, saya telepon, booking kan kami tiket untuk pulang. Kirim kan kami kode penerbangannya,” Ujar Kakak saya. Kebetulan ketiga kakak saya itu bekerja sebagai pencari gaharu. Setahun sekali mereka pulang.

Demikianlah kisah dan pengalaman saya membooking tiket di Traveloka.

Selamat bergabung di Traveloka. #Jadi bisa dengan Traveloka

Artikel Terkait

Review 483889219873975027

Post a Comment

emo-but-icon

item