Contoh Proposal Bantuan Pengaspalan Jalan Lintas Desa

proposal pengaspalan

Nomor : .............
Lamp   : .............
Perihal : Permohonan Bantuan Pengaspalan Jalan Lintas Desa
                 
K e p a d a
Yth. Bapak Menteri Desa, PDT dan Transimigrasi
Cq. Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal
Di -
       Jakarta

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’ alaikum Wr. Wb

Bersama ini Kami Pemerintah Desa Tumbuh Mulia Mengajukan Permohonan Kepada Bapak setelah melihat kondisi jalan lintas Desa yang ada di Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur yang belum pernah tersentuh oleh Program Pengaspalan. Permohonan pengaspalan teserbut sudah beberapa kali kami usulkan Kepada Pemerintah Kabupaten lombok Timur dan Pemerintah Provinsi Nusa tenggara Barat namun sampai saat ini belum ditindak lanjuti dan perlu Bapak ketahui bahwa jalan tersebut adalah jalan ekonomi (Merupaka akses lumbung pangan terbesar di Kecamatan Suralaga yang dibangun pada awal tahun 2008 dan di tambah lagi tahun 2013 dan 2015) dan merupakan satu- satunya akses terdekat untuk angkutan umum yang menghubungkan 4 (empat) Desa yakni Desa Tumbuh Mulia, Desa Suralaga, Desa Dasan Borok dan Desa Bagik Payung (Photo lokasi jalan usaha tani yang dimaksud terlampir).

Oleh karena itu kami minta kepada Bapak agar dapat memberikan bantuan Pengaspalan  jalan tersebut dengan panjang  5.732 Meter dengan lebar badan jalan 4,75 meter dengan Rencana Anggaran Biaya Rp. Rp. 2.863.060.000.
Demikian untuk maklum dan mendapat perhatian sebagaimana mestinya, untuk itu tidak lupa kami ucapkan terima kasih.-

Billahitaufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

KEPALA DESA .........

( .................. )


Tembusan disampaikan Kepada Yth :
1. Ketua DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat di Mataram.
2. BAPEDA Provinsi Nusa Tenggara Barat di Mataram.
3. Kepala Dinas PU Provinsi Nusa Tenggara Barat di Mataram.
4. Camat Suralaga di Suralaga.
............................................................

A. Latar Belakang
Penyediaan prasarana merupakan bagian terpenting dalam upaya pengembangan dan pembangunan wilayah. Tersedianya prasarana yang memadai dapat meningkatkan kebersihan lingkungan dan menunjang kegiatan sosial ekonomi. Prasarana dasar seperti jalan yang tidak baik dapat menimbulkan masalah aksesibilitas bagi masyarakat yang tinggal wilayah tersebut yang juga berdampak pada rendahnya estetika Desa dan berkurangnya kenyamanan masyarakat. Namun demikian, perkembangan desa yang cepat secara langsung berdampak pada bertambahnya jumlah jalan dan beban pembiayaan pemerintah yang besar terhadap pembangunan dan pemeliharaan prasarana tersebut.

Kecamatan Suralaga khususnya Pemerintah Desa Tumbuh Mulia, Desa Suralaga, Desa Bagik Payung dan Desa Dasan Borok menghadapi kendala yaitu keterbatasan dana untuk mengakomodir semua kegiatan-kegiatan pembangunan maupun pemeliharaan jalan usaha tani atau jalan lingkungan lainnya. Untuk mengatasi masalah pembiayaan yang sangat besar dan karena keterbatasan pemerintah dalam menyediakan dana untuk pembangunan Desa, maka pemerintah Desa dituntut untuk melakukan efesiensi dan efektifitas dengan melakukan berbagai strategi inovatif untuk memastikan bahwa persoalan-persoalan yang ada di masyarakat dapat tertangani. Inovasi yang kami lakukan untuk mengatasi permasalahan jalan Lintas Desa adalah permohonan bantuan dana untuk pengaspalan jalan.

Program ini selain mengurangi beban pembiayaan dari pemerintah tentunya juga dapat memperbesar peran serta masyarakat dalam pembangunan, perbaikan serta pengelolaan sehingga masyarakat lebih memiliki kemampuan berpartisipasi dalam penyediaan prasarana di lingkungannya dan pemeliharaan dan beban pemerintah dapat dikurangi.

B. Maksud dan Tujuan
1 Pengajuan Proposal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran
mengenai kondisi jalan lintas Desa yang ada di Desa Tumbuh Mulia (Dusun Dasan Tumbu, Dusun Dasan Kulur dan Dusun Gegurun) yang menguhubungkan 4 (empat) Desa Yakni Desa Tumbuh Mulia, Desa Suralaga, Desa Bagik Payung dan Desa Dasan Borok Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur.

2 Pengajuan proposal ini bertujuan untuk menyampaikan permohonan
pengaspalan jalan lintas Desa yang ada di Desa Tumbuh Mulia (Dusun Dasan Tumbu, Dusun Dasan Kulur dan Dusun Gegurun) yang menguhubungkan  4 (empat) yakni Desa Tumbuh Mulia, Desa Suralaga, Desa Bagik Payung dan Desa Dasan Borok Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur.

C. Usulan Proyek
Kebutuhan prasarana dan sarana transportasi merupakan kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak karena dengan kondisi jalan yang kurang baik, akan berdampak pada ketertinggalan Kemajuan masyarakat khususnya dalam hal peningkatan perekonomian dan kesehatan lingkungan yang tentunya berdampak pada kesejahtraan masyarakat diberbagai aspek kehidupan.
Adapun ruas jalan yang kami usulkan adalah sebagai berikut:
1 Jenis Proyek         : Pengaspalan Jalan Lintas Desa
2 Lokasi Proyek     : 4 (empat) Desa/lintas Desa jalan satu arah
3 Volume Proyek     : Panjang 5.732 Meter  dan Lebar 4,75 Meter
4 Sifat Peroyek     : Baru
5 Manfaat Proyek     :
- Memperlancar arus transportasi masyarakat
- Memudahkan masyarakat dalam hal pengangkutan hasil pertanian, terbentuknya tata ruang desa yang baik serta kenyamanan dan kesehatan masyarakat.
- Meningkatkan taraf hidup petani/Kelompok Tani beserta anggotanya.
- Menanggulangi permasalahan pertanian
- Meningkatkan kelembagaan pertanian.
- Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para petani/Kelompok Tani beserta anggotanya
- Berorientasi pertanian berwawasan bisnis.
- Menjalin hubungan antara Pemerintah dan petani

D. Manfaat Kegiatan
Pengaspalan Jalan Lintas Desa Tumbuh Mulia (Dusun Dasan Tumbu, Dusun Dasan Kulur dan Dusun Gegurun), Desa Suralaga, Desa Bagik Payung dan Desa Dasan Borok Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur akan memberikan kontribusi yang cukup bersar terhadap peningkatan perekonomian masyarakat diantaranya sebagai berikut :
1. Meningkatkan perekonomian masyarakat karena jalan tersebut
melalui lahan pertaniaan, sehingga akan memberikan kemudahan bagi
masyarakat dalam hal mengangkut hasil pertanian.

2. Selain mempunyai fungsi utama kelancaran arus transportasi juga
akan berdampak terhadap kesehatan lingkungan pemukiman penduduk Desa.

E. Penutup
Keberhasialan suatu program sangat ditentukan oleh itikad baik semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Hal ini dikarenakan bahwa pembangunan merupakan tanggung jawab bersama dan hasil pembangunan tersebut akan bermanfaat pula bagi pemerintah dan masyarakat, demikian pula dalam perbaikan prasarana dan sarana transportasi akan dapat dilaksanakan apabila adanya pehatian terutama dari pemerintah, karena apabila ditangani oleh masyarakat hal ini belum memungkinkan, sebab keterbatasan teknis dan dana akhirnya melalui proposal ini kami mengharapkan perhatian dan bantuan dari Bapak untuk kegiatan Pengaspalan Jalan Lintas Desa tersebut.

Demikian proposal ini kami sampaikan, besar harapan kami agar permohonan kami ini dapat dikabulkan. Atas bantuan dan partisifasinya Bapak Bapak Menteri Desa, PDT dan Transimigrasi Cq. Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal kami ucapkan terimakasih.

Artikel Terkait

proposal 5526538367902345090

Post a Comment

emo-but-icon

item