Contoh Proposal Pembangunan Sarana Air Bersih Perdesaan

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Lebih-lebih kebutuhan akan air bersih. Tapi seiring perkembangan zaman ketersediaan air bersih mulai berkurang. Hal itu tidak lain disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Pembabatan daerah perhutanan, perluasan industri hingga pertumbuhan penduduk yang tidak terbendung menyebabkan daerah-daerah sumber air menjadi kritis.

Untuk menanggulangi hal yang demikian, masyarakat perlu dibangunkan sarana air bersih. Baik di perkotaan maupun di perdesaan penting memiliki sumber air yang sehat dan higienis. Nah, berikut ini adalah Contoh Proposal Pembangunan Sarana Air Bersih untuk daerah Perdesaan.

KOP
.............................................................................................

Nomor  : ...........
Lamp    : -
Perihal : Pembuatan Sarana Air Bersih

K e p a d a
Yth. Kepala Dinas PU Kab. Lombok Timur
Di -
    SELONG

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’ alaikum Wr. Wb

Mengingat banyaknya permohonan masyarakat Dusun Gegurun dan Dusun Dasan Kulur Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga akan kebutuhan Air Bersih bagi Rumah Tangga yang selama ini belum tersentuh oleh Program Pemerintah Khususnya mengenai Pembuatan sarana air bersih ataupun Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lombok Timur,  Oleh sebab itu kami mengaharapkan bantuan Kepala Dinas PU Kab. Lombok Timur untuk pembuatan sarana perasarana air bersih/fasilitas penyaluran air bersih kepada masyarakat Desa Tumbuh Mulia.

Sehubungan dengan hal tersebut, dan sesuai dengan hasil survei kami di lapangan bahwa potensi dari wilayah yang kami ajukan ini sangat memungkinkan untuk mendapatkan bantuan Pembuatan Sarana Air Bersih karna di Dusun Gegurun terdapat 3 (tiga) mata air yang memiliki debit air yang cukup besar dan mampu memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah Desa Tumbuh Mulia.
Adapun sebagai bahan pertimbangan Bapak bersama ini kami lampirkan Surat Pernyataan Pembebasan Lahan bermatrai yang di buat oleh pemilik lahan.

Demikian untuk maklum dan mendapat perhatian sebagaimana mestinya, untuk itu tak lupa kami ucapkan terima kasih.-
Billahitaufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

KEPALA DESA TUMBUH MULIA

( ........................)

Tembusan disampaikan Kepada Yth :
1. Kepala BAPEDA Kab. Lotim di Selong;
2. Camat Suralaga di Suralaga;
3. Pertinggal;

............................................................................................................
PROPOSAL USULAN PEMBANGUNAN SARANA AIR BERSIH PERDESAAN

I. LATAR BELAKANG
Dusun Gegurun Desa Tumbuh Mulia Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat, secara geografis wilayahnya mayoritas lahan pertanian dengan jumlah penduduk 1.728 jiwa dengan jumlah KK sebanyak 319 KK, dan terletak di wilayah utara Desa Tumbuh Mulia.

Seperti pada umumnya di wilayah Desa Tumbuh Mulia memiliki banyak mata air yang masih terjaga akan kelestariannya namun belum bisa dimanfaatkan secara maksimal artinya hanya dipakai oleh masyarakat yang ada disekitar mata air saja, padahal bila dikelola atau difungsikan dengan baik tentunya menjadi salah satu omset desa namun karna banyaknya program perioritas dan bencana di wilayah Desa Tumbuh Mulia sehingga dana desa belum mampu di alokasikan untuk kegiatan tersebut. Oleh sebab itu kami Pemerintah Desa Tumbuh Mulia sangat mengharapkan bantuan atau partisipasi dari Bapak demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan air bersih.

II. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud pengajuan usulan pembangunan sarana air bersih pedesaan, ini yakni untuk memudahkan warga masyarakat Desa Tumbuh Mulia dalam rangka mencukupi kebutuhan air bersih, yang mana selama ini sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersih terutama disaat musim kemarau.

Adapun tujuan dari usulan ini nantinya di Desa Tumbuh Mulia akan ada system jaringan air bersih atau perpipaan yang akan mengalirkan air dari sumber air ke Bak Induk dan Pivanisasi yang menjangkau rumah-rumah penduduk yang ada di Dusun Gegurun dengan menggunakan Water Meter dan akan dilakukan penarikan dana semurah mungkin yang tujuannya hanya sebagai biaya pemeliharaan jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan. Disimping itu pula didalam perkembangannya nanti jika debit air dinyatakan mampu megairi Dusun lainnya di Desa Tumbuh Mulia maka tentunya akan dilakukan penambahan jaringan.

III. KONDISI SUMBER AIR
Potensi sumber mata air yang ada di Gelumpang Dusun Gegurun Desa Tumbuh Mulia memiliki debit air yang cukup besar dan sampai saat ini belum dimanfaatkan sacara optimal, hal ini dikarenakan  keterbatasan dana Desa yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dan juga pertimbangan program prioritas karna di Desa Tumbuh Mulia terjadi bencana yang harus ditangani secepat mungkin demi kenyamanan dan keamanan warga yang ada di wilayah bencana.

Di lokasi mata air yang kami maksud tersebut memiliki dua titik mata air yang letaknya tidak lebih dari 10 meter dan jika ditangani dengan baik tentunya hal tersbut tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Dusun Gegurun saja, tapi bisa dialirkan ke Dusun lainnya yang ada di Desa Tumbuh Mulia seperti Dusun Dasan Kulur dan Dusun Dasan Tumbu, sehingga akan memudahkan bagi warga masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

IV. PROGRAM PEMBANGUNAN YANG DIUSULKAN
A. Penanganan Sumber Air
Memperhatikan dari kondisi topografi struktur tanah dan luapan air dari areal persawahan yang ada di atas mata air, maka perlu dilakukan pelestarian pepohonan yang ada disekitarnya demi menjaga kesetabilan tanah, kelangsungan dan debit air itu sendiri. Perlu Bapak ketahui bahwa tanah yang ada di atas mata air tersebut sudah dilakukan pembebasan lahan dari pemilik tanah dan Surat Pernyataan Pembebasan Lahan terlampir.

Kegiatan yang akan dilakukan adalah  system jaringan air bersih atau perpipaan yang akan mengalirkan air dari sumber air ke Bak Induk dan Pipanisasi yang menjangkau rumah-rumah penduduk yang ada di Dusun Gegurun dengan menggunakan Water Meter dan akan dilakukan penarikan pembayaran atas penggunaan air sesuai dengan penggunaan air itu sendiri. Pembayaran atas penggunaan air bertujuan sebagai biaya untuk pengembangan PAMDes, biaya perawatan dan biaya operasional serta honor petugas PAMDes.

B. Penanganan Sistem Pelayanan Pada Masyarakat
System yang di gunakan untuk melayani kebutuhan air bagi masyarakat yakni dengan pembangunan Bak Induk Penampungan (Reservoir), Jaringan transmisi, distribusi pipa PVC dan Water Meter.

Pembagunan sarana tersebut di rencanakan di tengah pemukiman warga, sehingga memudahkan dalam pembuatan jaringan distribusi pelayanan air bersih kepada masyarakat.

C. Volume Sarana Yang Diusulkan
NO JENIS BARANG    VOL    JUMLAH
1 Bak Induk / Reservoir    10 M3    2 Buah
2 Pipa PVC    2 Inchi    3.000 meter
3 Pipa PVC    1 Inchi    2500 Meter
4 Water Meter    500 Buah    500 Buah
5 Keran    500 Buah    500 Buah

V. LAMPIRAN-LAMPIRAN
- Peta / Denah Gelumpang Dusun Gegurun Desa Tumbuh Mulia Kec. Suralaga Kabupaten Lombok Timur.
- Surat Pernyataan Pembebasan Lahan

VI. PENUTUP
Demikian Proposal Usulan Pembangunan Sarana Air Bersih ini kami sampaikan, Kami berharap seluruh rencana Pembangunan Sarana Air Bersih Perdesaan dapat berjalan lancar dan sukses mencapai tujuan dimaksud, dengan dukungan penuh dari semua pihak yang terkait.

Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Tumbuh Mulia, .............. 2017
Kepala Desa Tumbuh Mulia

( ....................................... )

Demikian Contoh Proposal Pembangunan Sarana Air Bersih Perdesaan semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Artikel Terkait

proposal 8783945321425918324

Post a Comment

emo-but-icon

item