Cerita Blogger: Statistik Merangkak, Earning Malah Ngesor


Selamat pagi/siang/malam #Batur Kabartumbuhmulia ID, kembali saya berbicara, tepatnya menulis soal pengalaman blogging. Pengalaman kali ini adalah soal statistik blog saya yang mulai merangkak, namun justru earning (pendapatan) dari Adsense malah ngesor. Mengapa bisa begitu? Apa penyebabnya?

Saya memang bukanlah seorang mastah, melainkan cuma nubie yang selalu ingin terus belajar dan belajar dari orang-orang dan juga dari pengalaman sendiri. Namun tetap saja seperti ini keadaannya. Bisnis online yang saya bangun belum banyak mengalami peningkatan. Namun yang jelas perubahan itu ada, namun sangatlah lambat.

Nah, pada kesempatan ini perkenankan saya berceritra sedikit soal yang yang satu ini.

Semenjak dua bulan terakhir blog saya khususnya yang ber-niche mata pelajara sekolah mengalami penurunan pengunjung yang sangat dramatis. Yakni hampir angka 100 %.  Saya benar-benar telah kehilangan pengunjung. Mungkin ini resiko blog yang berniche mata pelajaran. Sebagaimana yang telah saya singgung pada artikel terdahulu, lihat: Keunggulan dan Kelemahan Blog Niche Mata Pelajaran. Blog niche mata pelajaran sekolah akan turun pada saat libur sekolah, lebih-lebih libur panjang.

Sebagaimana yang telah saya alami di beberapa waktu lalu. Jadi saya tidak terkejut. Hanya saja sempat panik dengan pikiran yang macam-macam. Kena google pink lah, atau pun google panda. Tapi saya tetap yakin jika suatu saat blog saya akan kembali normal.

Terbukti dua bulan kemudian blog yang saya maksud sudah ada tanda-tanda kenaikan traffik. Sudah sempat menembus PV 1000 versi histats. Itu artinya blog saya akan benar-banar akan pulih. Saya tinggal menunggu waktu yang tepat. Seperti halnya dahulu tatkala setiap harinya PV rata-rata 1000. Kalau sudah demikian maka saya anggap blog saya sudah normal.

Tapi itu masih kategori normal. Belum lagi menunjukkan kemajuan. Padahal seharusnya, bila diuukur dari usia, blog saya seharusnya sudah bisa mencapai 10 K. Tapi entah mengapa, tidak terjadi  pada blog saya.

Tapi apa boleh dikata. Jujur, saya memang agak malas dalam hal memosting, apalagi sampai kontinu dan teratur. Dan itu saya akui. Jadinya saya tidak terlalu berharap yang lebih dari blog tersebut. Lain bila seandainya saya mem-posting setiap hari. Kemudian pengunjung sepi. Saya mungkin akan mengambil tidakan yang lain. Tapi untunglah saya masih diberikan kesempatan untuk bisa bertahan di angka-angka (menurut saya) normal.

Sekarang yang menjadi problem adalah perolehan CPC yang begitu minim. Bayangkan, blog saya sudah bisa mendapatkan belasan klik, tapi tetap saja earningnya setai kuku. Rata-rata perkelik cuma US 0,02. Siapa yang tidak khawatir. Kapan bisa PO nya kalau terus seperti itu. Makanya, saya mungkin perlu merubah sistem yang ada di situs-situs saya. Mungkin dari perbaikan-perbaikan kecil yang nantinya bisa mengundang angka yang lebih besar dari itu. Seperti mengubah posisi iklan, menyalin ukuran iklan, mengkombinasikan iklan, dll.

Saya sih tidak berharap yang banyak juga, karena saya akui kemalasan saya tadi. Tapi minimal seperti dulu, saat bisa mendapatkan 0,05 setiap klik. Saya rasa itu sudah cukup normal untuk ukuran blog dan jumlah traffik di beberap web saya. Tapi untuk sementara ini saya masih bimbang. Saya sedikit kecewa dengan angka-angka dollar yang masuk ke akun Adsense saya. Tapi, mungkin memang udah rezekinya kali ya! Hehe...

Keep spirit! Teruslah berjuang para blogger Indonesia.

Artikel Terkait

Cerita Blogger 8741098151802286504

Post a Comment

emo-but-icon

item