Cara Praktis Meningkatkan Earning dari Adsense

Sebetulnya saya merasa kurang begitu pantas membahas masalah ini, karena soal cara meningkatkan pendapatan Google Adsense (GA) adalah ranahnya para mastah. Dan saya menganggap judul semacam ini terlalu berani, sebab saya sendiri belum ada apa-apanya.

Lantas bukan maksud untuk menggurui, hanya saja tidak ada salahnya jika sekedar berbagi pengalaman, sekaligus berkeluh kesah masalah mencari sesuap nasi dari ladang Adsense. Dan harapan saya semoga saja artikel ini tidak terlalu jauh dari kenyataan.


Earning Adsense Saya Meningkat, Inilah yang Saya Lakukan
Berbicara soal Adsense berarti berbicara soal bisnis online. Bisnis online Adsense adalah bisnis yang berbasis iklan CPC (Cost Per Click) /BPK (Bayar Per Klik). Kita akan mendapatkan bayaran dari pihak Adsense bila ada yang mengklik iklan yang kita pasang pada blog ataupun website. Maka, jika mau berbisnis Adsense berarti kita harus menyiapkan blog atau website kemudian mendaftarkannya ke Adsense.

Nah, berkaitan dengan hal itu saya adalah salah satu orang yang sudah dua tahunan malang melintang dengan Adsense. Selama itu saya baru dua kali menarik uang Adsense.  Bayangkan saja, dua tahun. Tentu saja usia yang sudah cukup bagi orang berbisinis Adsense. Padahal orang-orang dalam jangka waktu beberapa bulan saja sudah bisa menarik uang dari Adsense.

Tapi itulah perjalanan bisnis, tidak ada yang sama. Pengalaman masing-masing tentu berbeda-beda, hal itu tergantung sikap dan optimisme masing-masing pebisnis.

Bila demikian berarti saya ini orang yang termasuk yang lemah dalam menjalankan bisinis Adsense. Tetapi tentu saya juga harus bersyukur karena berkesempatan di kasih bergabung dengan Adsense oleh Googe. Karena ikut nimbrung di Adsense itu tidak mudah.

Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit soal bagaimana cara saya meningkatkan earning (pendapatan) dari Adsense. Karena akhir-akhir ini saya tengah berupaya terus meningkatkan pendapatan. Dan hasilnya ada sedikit perubahan. Dan juga sudah tidak mau jadi orang yang stagnan terus. Saya harus berubah.

Berbagai upaya telah saya lakukan agar bisa meningkatkan pendapatan Adsense. Tentunya saya belajar dari para mastah. Juga dari saran google sendiri yang langsung mengirimkan tipsnya ke E-mail saya.

Perlu sahabat ketahui bahwa pertama kali dulu saya sangat sulit mendapatkan jumlah yang agak besar dari pendapatan Adsense. Misalkan pada bulan-bulan pertama semenjak saya diterima Adsense earning saya cuma berkutat pada angka 1 USD perbulan. Bayangkan saja 1 USD perbulan. Bila ditransformasi ke uang Indonesia maka jumlahnya Cuma RP 13.000. Miris sekali tentunya. Siapa yang mau berbisnis cuma dapat segitu perbulan? Tapi saya anggap ini adalah perjalanan. Dan perjalanan itu harus saya tempuh walau dengan susah payah. Dan suatu saat saya akan sampai pada tujuan yang saya harapkan. Atau setidaknya mengambil pelajaran atas semua yang saya alami selama ini. Inilah motivasi saya pertama kali dalam mengembangkan bisnis Adsense.

Kemudian setelah satu tahunan, Earning saya meningkat menjadi 2-4 USD perbulannya. Tentunya masih sangat miris. Bahkan semakin miris bila dilihat dari lamanya saya bekerja. Tapi saya tetap semangat. Saya tidak boleh patas semangat. Saya harus lanjut. Posting, posting, posting adalah tugas saya. Bukan malah memikirkan earning yang tak kunjung meningkat itu.

Akhirnya setelah visitor agak meningkat, barulah saya bisa menghasilkan 10 USD  perbulan. Selanjutnya angka 1 USD sudah tidak satu bulan lagi saya dapatkan, tapi sekarang sudah bisa hanya dalam satu hari. Bahkan sudah bisa 2-3 USD perhari. Alhamdulillah.

Nah, apa saja yang saya lakukan untuk bisa mendapatkan 1 USD perhari? Berikut ini triknya.

1. Mengganti Template/Tema
Sebelumnya saya memang lebih suka memakai template bawaan blogger. Entah kenapa saya enggan menggantinya. Saya merasa nyaman saja dengan tampilan hasil editan saya. Ketimbang saya menggunakan template buatan orang lain tentunya yang bukan kreatifitas saya. Itulah alasan mengapa saya tidak begitu peduli dengan template para suhu yang katanya lebih seo. Memang pada beberapa blog yang saya bangun ada beberapa yang menggunakan template unduhan. Hasilnya cukup bagus, fast loading, dan suffort dengan ponsel pintar. Lain dengan template asli blogger yang masih model lama yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan gadged.

Tapi belakangan saya pun mencoba mencari-cari tempalate yang sesuai dengan blog saya. Dan akhirnya saya menemukan sebuah template buatan bule. Saya coba.ternyata cocok. Saya ganti template pada saat tengah malam ketika pengunjung agak sepi. Pada beberapa hari berikutnya, hasilnya sangat mengejutkan. Yang semula angkat Page View saya Cuma mentok pada 2 K/hari, kini jadi 8 K, bahkan tembus juga 10 K. Luar biasa. Lalu dalam pikiran saya mengatakan, “Mengapa tidak dari dulu saya ganti template”

 Dan berikut ini adalah screen shoot pengunjung saya sekarang versi histats.


Dan di bawah ini adalah screen shot versi blogger.


Dampaknya, tentu sangat relevansi dengan earning. Saya pun mencoba memantau earning Adsense, wah tenyata ada peninkatan yang siginifikan. Lebih-lebih setelah saya melakukan optimasi pada beberapa fitur adsense pada penjelasan berikut ini.

2. Pengoptimalan Iklan
Setelah saya mengganti template kemudian yang lakukan adalah mengoptimalkan iklan. Padahal ini juga sudah beberapa kali saya lakukan sebelum mengganti template. Tapi kali ini saya lebih serius memanfaatkan beberapa fitur yang ditawarkan Adsense antara lain. 

a. Memasang Fitur Ads Ballance
Sebetulnya fitur Ads Ballance pernah saya coba sebelum mengganti template, namun hasilnya tidak membuat saya tersenyum, malahan saya tidak merasa puas. Dan akhirnya saya mencomotnya. Lalu setelah saya mengganti template dan kembali menggunakan fitur ini. Hasilnya, cukup wah. Berbeda dengan pengalaman sebelunya. Setelah saya menggunakan fitur Ads Ballance, kali ini earning selalu tembus USD 1 perhari. Lumayan kan bagi nubie. 

b. Mengatur Letak Iklan
Kemudian hal yang sangat berpengaruh terhadap peningkatan penghasilan Adsense adalah tata letak iklan. Dan yang paling banyak jumlah klik berdasarkan letak iklan menurut pengalam saya adalah penempatan di tengah artikel. Yang kedua di atas artikel atau di bawah judul blog (judul artikel), penempatan ini juga sangat memuaskan. Bahkan bisa dibilang sangat bersaing dengan yang di tengah. Kemudian penempatan selanjutnya yang potensial adalah di bagian bawah postingan, atau setelah berakhirnya artikel, lalu di side bar kanan-bawah. Kedua letak yang terakhir yang saya sebutkan ini cukup lumyan nilai kliknya. Silakan dicoba. 

c. Memvariasikan Iklan
Memasang beberapa jenis iklan di dalam blog sangat penting untuk meningkatkan earning atau pendapatan. Memvariasikan maksudnya di sini adalah menggabungkan beberapa jenis iklan yang ditawarkan oleh pihak Adsense. Ada beberapa jenis, tipe, dan ukuran iklan yang bisa dipadupadankan oleh blogger. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal biasanya saya memadukan antara iklan jenis gambar dengan iklan tautan (iklan baris).

3. Posting Secara Berkala
Hal yang tidak boleh tidak dilakukan adalah posting. Memang posting adalah nyawaya sebuah bisnis Adsense. Karena dengan mengepos secara berkala maka blog akan terus meningkat di mesin telusur. Dengan begitu peningkatan pada hasil klik iklan di blog pun terus meningkat, seiring dengan posisi artikel di mesin pencari.

Demikianlah pengalan saya dalam meningkatkan earning Adsense. Semoga saja Anda juga sudah melakukannya. Tentu pengalaman saya ini masih banyak kekuranngannya. Tapi ini adalah langkah awal untuk menemukan cara atau trik-trik yang lebih ampuh lagi. Bagi yang sudah berpengalaman, Anda juga bisa membantu saya untuk meningkatkan earning Adsense.

Artikel Terkait

Bisnis Adsense 3546537355748257726

Post a Comment

emo-but-icon

Cara Membuat Kue

Kabar Terbaru

item