Inilah Dampak dari Gempa Bumi Lombok

gempa bumi lombok

Kabartumbuhmulia ID | Gempa bumi yang mengguncang Lombok (05/08) dengan magnitudo 7,0 SR telah merenggut ratusan nyawa, ratusan ribu bangunan rumah rusak, juga fasilitas umum seperti tempat ibadah, rumah sakit, sekolah, perkantoran, kios, jalan dan jembatan juga ikut hancur.

Berikut ini adalah data-data dampak korban bencana gempa Lombok yang berhasil kami himpun berdasarkan data dari Sembalun Online yang diperoleh dari Kepala pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Jumlah korban jiwa hingga Sabtu (11/08/) tercatat 387 orang meninggal dunia dengan sebaran Kabupaten Lombok Utara 334 orang, Lombok Barat 30 orang, Lombok Timur 10, Kota Mataram 9, Lombok Tengah 2, dan Kota Denpasar 2 orang.

Sedangkan kerusakan fisik yaitu 67.875 unit rumah, 468 sekolah, 6 jembatan, 3 rumah sakit, 10 puskesmas, 15 masjid, 50 unit mushola, dan 20 unit perkantoran.

Sementara itu, sebanyak 13.688 orang luka-luka. Pengungsi tercatat 387.067 jiwa tersebar di ribuan titik. Ratusan ribu jiwa pengungsi tersebut tersebar di Kabupaten Lombok Utara 198.846 orang, Kota Mataram 20.343 orang, Lombok Barat 91.372 orang, dan Lombok Timur 76.506 orang.

Baca juga: Desa Tumbuh Mulia Kirimkan Bantuan untuk Korban Bencana Gempa di KLU

Diperkirakan jumlah korban meninggal akan terus bertambah karena masih ada korban yang diduga tertimbun longsor dan bangunan roboh, dan adanya korban meninggal yang belum didata dan dilaporkan ke posko. 

Angka kerusakan fisik juga masih sementara. Pendataan dan verifikasi masih dilakukan petugas. Pendataan dan verifikasi rumah diprioritaskan agar terdata jumlah kerusakan rumah dengan nama pemilik dan alamat untuk selanjutnya di-SK-kan Bupati/Walikota dan diserahkan ke BNPB untuk selanjutnya korban menerima bantuan stimulus perbaikan rumah.

Begitu pun angka pengungsi juga berubah-ubah karena banyak pengungsi yang pada siang hari kembali ke rumah atau menengok kebunnya, tetapi pada malam hari kembali ke pengungsian. Selain itu belum semua titik pengungsi terdata.

Hingga H+6 masih terdapat beberapa pengungsi yang belum mendapat bantuan, khususnya di Kecamatan Gangga, Kayangan dan Pemenang yang aksesnya sulit dijangkau. Juga di beberapa titik di Lombok Barat.

Data: Sembalun Online
Image: tempo.co

Artikel Terkait

Berita 2940366332704723807

Post a Comment

emo-but-icon

Kabar Terbaru

item