2 Trik Mudah Tingkatkan Motivasi Belajar dari Diri Sendiri


Belajar adalah hal yang menjadi aspek penting di dalam kehidupan manusia. Meskipun penting dan dibutuhkan nyatanya kebanyakan orang masih merasa malas atau kurang semangat untuk melakukan kegiatan tersebut. Ada cukup banyak alasan yang keluar seperti lelah, mengantuk, bukan waktu paling tepat dan lainnya.

Salah satu cara paling ampuh yang dapat digunakan agar Anda semakin semangat belajar adalah memotivasi diri sendiri. Buat belajar menjadi hal yang menyenangkan. Nah berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan membuatnya terasa lebih menyenangkan.

1. Buat Agenda untuk Belajar
Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat sebuah perencanaan belajar secara jelas. Jika Anda belajar namun tidak tahu apa yang akan dipelajari maka sia-sia saja waktu tersebut. Anda menghabiskan waktu hanya untuk hal yang kurang berguna. Dari sekarang mulailah untuk membuat agenda agar belajar Anda lebih fokus dan terarah.

2. Pahami Gaya Belajar yang Paling Menyenangkan

Setiap orang tentunya mempunyai karakter dan gayanya masing-masing. Begitu juga dengan belajar, Anda pun memiliki gaya yang berbeda dengan lainnya. Setiap gaya tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan. Berikut beberapa gaya belajar yang bisa Anda pilih sesuai dengan kepribadian.

a. Visual
Meningkatkan motivasi belajar dengan gaya yang pertama adalah metode visual. Dimana Anda bisa menggunakan bantuan foto, gambar ataupun pemahaman dari tata ruang. Apabila Anda salah satu tipe orang dengan metode ini, mungkin diagram ataupun grafik akan cukup membantu. Anda pun bisa memanfaatkan flow chart agar bisa melihat gambaran dari konsep tertentu.

b. Audio
Bagi Anda yang cenderung bisa belajar melalui bunyi-bunyi, maka gaya yang kedua ini wajib untuk dicoba. Gunakan media rekaman atau berdiskusi bersama kelompok untuk mendapatkan kenyamanan dalam belajar. Selain itu Anda juga bisa mendengarkan musik.

c. Kinestetik
Gaya yang terakhir ini condong belajar menggunakan anggota badan yang terampil. Anda bisa menggunakan komputer untuk mengetes kemampuan dalam belajar, atau cara yang lebih sederhana adalah mencoba mengingat topik pembelajaran ketika sedang beraktivitas, misalnya ketika sedang berjalan.

Di atas adalah dua tips yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan motivasi belajar. Buatlah agenda dari sekarang dan pilih salah satu jenis gaya belajar yang paling Anda sukai. Hanya diri Anda sendiri yang mengerti karakteristik diri dan cara paling tepat untuk belajar. Selamat mencoba!


Oleh: Venicka A. P
LihatTutupKomentar