4 Tips Mengatasi Kesulitan Belajar di Rumah Pada Buah Hati

Tips Mengatasi Kesulitan Belajar

Belajar di rumah mungkin sudah biasa dilakukan dengan mengerjakan tugas dari guru. Namun sudahkah buah hati Anda belajar di rumah secara rutin meskipun tidak ada tugas? Padahal belajar di rumah itu sangat diperlukan guna menambah pemahaman anak pada materi. Jadi ketika berada di kelas dan guru menjelaskan anak sudah paham dan cenderung lebih aktif.

Baca juga: Kiat untuk Membuat Anak Mencintai Buku

Mungkin saja anak tidak mau belajar di rumah karena memiliki beberapa kendala. Dan kali ini Anda sebagai orang tua wajib untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut, sehingga belajar pun akan menjadi lebih menyenangkan dan anak tidak merasa bosan. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan.

1. Ciptakan Sudut Belajar

Anda bisa menyulap salah satu sudut kamar buah hati menjadi sudut belajar yang menarik. Buat bagian tersebut menggunakan dekorasi yang kreatif. Ajak anak berkontribusi di dalamnya untuk mengetahui apa yang dia inginkan jadi semangat belajar akan naik dengan sendirinya.

2. Together is Much Better
Jelaskan pada buah hati bahwasanya daripada bermain lebih baik belajar di rumah. Anda perlu membuat jadwal kegiatan untuk buah hati. Anak diperbolehkan bermain hanya saja dengan waktu yang wajar. Setelah pikiran fresh karena bermain maka sore hari setelah mandi Anda bisa mengajaknya belajar bersama atau mengundang seorang tutor.

3. Gunakan Metode Ser-San
Cara mengatasi kesulitan belajar yang ketiga ini cukup efektif bagi anak-anak. Sebab pada usia tersebut anak cenderung lebih suka bermain daripada belajar. Anda kini harus bisa berpikir cerdas dan buat metode belajar yang serius namun tetap santai. Aplikasikan games atau kuis ketika proses belajar berlangsung.

4. Siapkan Camilan Favorit Buah Hati

Salah satu tips agar anak tidak cepat mengantuk ketika belajar adalah siapkan makanan favoritnya. Mengunyah saat belajar sangat disarankan sebab akan menjadikan buah hati lebih fokus. Camilan ini tidak diberikan terus menerus, namun hanya saat anak merasa sudah bosan belajar di rumah saja.
Kini tidak ada lagi alasan bagi buah hati untuk malas belajar di rumah, sebab Anda sudah membantunya dengan menyelesaikan problem dan kesulitan belajar anak. Dengan beberapa tips di atas anak akan lebih semangat belajar bahkan lama-lama akan menjadi kebiasaan yang baik.

Artikel Terkait

Tips Belajar 5955651025002862551

Post a Comment

emo-but-icon

Cara Membuat Kue

Kabar Terbaru

item