Tidak Perlu Takut, Berikut Cara Mendapatkan Dana Modal Usaha Gratis


Keinginan membuka bisnis sendiri mungkin dimiliki sebagian besar orang. Bahkan tak jarang mereka sudah memiliki ide dan taktik untuk menjalankan usaha tersebut. Hanya saja semuanya tidak berjalan sebagaimana mestinya karena tidak memiliki dana modal yang cukup.

Memang tidak bisa dipungkiri, modal adalah masalah utama bagi Anda yang berniat membuka lapangan usaha. Tidak adanya modal ini membuat Anda dan lainnya rela bekerja 8 hingga 9 jam di kantor. Meskipun begitu tidak perlu panik dan putus asa, sebab ada beberapa cara mendapatkan dana modal usaha gratis. Berikut diantaranya

1. Menawarkan Proposal ke Donatur
Donatur untuk pengajuan modal bisa siapa saja, asalkan mempunyai kondisi ekonomi yang cukup kuat. Bisa jadi sahabat, teman sejak kecil, keluarga dan lainnya. Anda hanya perlu membuat proposal yang menarik dan masuk akal serta mencakup semuanya secara mendetail dari rencana tersebut. Proposal yang baik mampu menggambarkan keuntungan lebih jelas di antara dua pihak.

2. Menawarkan Diri Sebagai Partnership
Sistem rekanan ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama. Hanya saja Anda perlu memiliki ide sebuah usaha terlebih dahulu. Syaratnya satu, yaitu memiliki ide yang menarik kemudian salurkan ide tersebut pada rekan atau kelompok.

Rekan Anda akan memberikan modal tersebut dan gabung bersama untuk menjalankan bisnis. Di sini terlihat bedanya dengan donatur, jika donatur hanya memberikan modal saja sedangkan rekanan akan ikut berkontribusi untuk bisnis yang dilakukan bersama. Anda bisa memilih salah satu yang paling menguntungkan.

3. Dana Hibah
Cara mendapatkan dana modal usaha gratis yang terakhir adalah dengan mencari dana hibah. Saat ini sudah banyak lembaga atau pihak yang memberikan dana sebagai modal dengan Cuma-Cuma tanpa imbalan. Langkah ini sangat tepat bagi Anda yang masih belum kuat membayar cicilan dan bunga setiap bulannya.

Baca juga: Syarat dan Cara Mendapatkan Dana Hibah Internasional Dari Arab Saudi 

Tugas Anda kali ini adalah mencari sebanyak mungkin terkait dengan dana hibah dari beberapa lembaga seperti Bekrati, dinas sosial dan Kementerian Koperasi dan UKM. Pelajari syarat yang diperlukan kemudian penuhi semuanya dan ajukan permohonan modal usaha.
Bagaimana, tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Syaratnya hanyalah usaha dan proposal yang menarik. Mulailah untuk membuat proposal terbaik sebagai langkah awal mendapatkan dana modal usaha gratis. Selamat mencoba dan semoga beruntung!

Artikel Terkait

proposal 4250670126639896001

Post a Comment

Berkomentarlah dengan santun dan bermartabat.

emo-but-icon

Kabar Terbaru

item