3 Peluang Usaha di Desa yang Sangat Bakal Bikin Anda Kaya Raya

peluang usaha di desa

Sebagian dari Anda tentu berpikir bahwa peluang usaha yang menjanjikan hanya bisa dilakukan di kota saja. Namun pada kenyataannya tak demikian, karena banyak pembuktian bahwa peluang usaha di desa, meski hanya dengan modal kecil, namun bisa memberikan penghasilan yang sangat besar.

Bagaimana bisa? Ya, jika melihat fenomena di kota, seseorang yang berpendapatan besar tentu sebagian besar hanya bagi karyawan yang bekerja di perusahaan besar. Namun tidak di desa, Anda bisa menggunakan berbagai peluang usaha, meski menggunakan modal kecil sekalipun namun keuntungannya bisa sangat besar.

Apa saja peluang usaha di desa yang menjanjikan? Berikut diantaranya:

1. Usaha Dalam Bidang Hidroponik
Umumnya masyarakat pedesaan bekerja sebagai petani atau bercocok tanam. Nah, hal itu tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu peluang usaha di desa yang menjanjikan, yakni dengan memanfaatkan sebagian pekarangan rumah untuk bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik.

Mengapa peluang ini bisa sangat menjanjikan? Sebab sekarang ini banyak masyarakat yang menggemari sayuran hidroponik, sebab sayuran yang dihasilkan lebih higienis. Lebih dari itu, usaha yang satu ini juga tak membutuhkan lahan yang banyak, sehingga meski Anda memiliki lahan yang kecil tetap bisa melakukannya.

Jika ingin melakukan usaha ini, maka terdapat kriteria yang perlu dipenuhi dalam menentukan media yang akan digunakan, seperti:
  • Media yang digunakan harus memiliki kemampuan untuk menyimpan air, agar mampu menutrisi tanaman dengan baik.
  • Tanah yang digunakan mempunyai struktur yang gembur, agar zat nutrisi yang tersimpan di dalamnya dapat tersebar secara baik.
  • Tanah yang digunakan memiliki kandungan garam yang cukup rendah.
  • Terbebas dari hama, supaya tanaman tumbuh secara optimal.
  • Serta memiliki kandungan kapur serta kalsium yang tinggi.
Selain media yang bagus, Anda juga harus menggunakan beberapa bahan berikut ini:
  • Rockwool
  • Arang sekam
  • Cocopeat / sabut kelapa
  • Perlit.
Bahan-bahan penunjang tersebut agar mampu menunjang pertumbuhan tanaman dengan sangat baik. Selain itu, Anda juga harus mempelajari bagaimana cara bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik yang baik agar hasilnya lebih maksimal.

2. Ternak Ayam Kampung Menggunakan 3 Sistem
Selain bercocok tanam, peluang usaha di desa menjanjikan lainnya yang patut Anda coba adalah beternak, yakni ternak ayam kampung. Untuk melakukan usaha ini, terdapat 3 mode, yakni:

1) Metode Umbaran
Dimana mode ini memang lebih banyak diminati masyarakat pedesaan, karena tak butuh perawatan khusus. Yaps, metode umbaran merupakan salah satu metode beternak ayam kampung secara tradisional dengan membiarkan ayam mencari makanannya sendiri. Dan yang Anda butuhkan hanya menyediakan kandang saja sebagai tempat berteduh atau tidur ayam, ketika hujan dan malam hari.

2) Metode Semi Intensif
Hampir sama dengan metode umbaran, namun cara ini Anda harus membuat kandang umbaran yang besar agar ayam tidak lepas bebas. Tujuannya adalah agar Anda bisa melakukan kontrol, dari segi makanan, pertumbuhan, kesehatan serta lainnya.

3) Metode Intensif
Sedangkan metode intensif, Anda benar-benar melakukan pengontrolan terhadap ayam, dimana ayam harus di kandang sepanjang hari, agar tak lepas secara bebas. Dalam hal ini, memang Anda butuh kadang yang besar dan bersih, serta biaya pakan yang cukup banyak.

Dari ketiga metode tersebut, Anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan budget serta kemampuan.

3. Peluang Usaha Kuliner
Yaps, meski di desa, bukan berarti Anda tak bisa mengembangkan usaha kuliner. Hal tersebut karena, sektor industri kuliner mempunyai variasi produk berbeda sesuai dengan target market serta kondisi lingkungan. Lalu kuliner apa yang bisa Anda lakukan?

Dalam hal ini Anda bisa membuat warung makan dengan menu-menu ala pedesaan, umumnya area pedesaan yang sibuk dengan pekerjaan di sawah, menjadikan seseorang tak memiliki waktu untuk memasak.

Jika Anda tak memiliki modal untuk membuat usaha ini, maka ada usaha lainnya, yakni dengan membuka catering. Jadi nantinya Anda membuat makanan sesuai dengan pesanan, sedangkan modal bisa Anda dapatkan dari uang DP yang telah diberikan customer.

Pada dasarnya peluang usaha di desa yang menjanjikan dibangun dari kebiasaan masyarakat di pedesaan, seperti pertanian, peternakan dan kuliner.

Artikel Terkait

Kabar Bisnis 6910999233102039008

Kabar Terbaru

item