4 Usaha yang Menguntungkan di Desa Ini Wajib Anda Coba

usaha yang menguntungkan

Berbicara tentang peluang usaha, sebenarnya usaha tak mengenal tempat, yakni baik di kota maupun di desa mampu memberikan penghasilan yang sangat besar, tergantung bagaimana cara mengelolanya. Berkaitan dengan hal tersebut, lalu usaha yang menguntungkan di desa apa yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: 4 Peluang Usaha 2019 Dengan Modal Kecil dan Keuntungan Besar

Pada dasarnya, peluang usaha di desa itu bisa dilakukan sesuai dengan kebiasaan yang ada di desa, seperti bertani, beternak, atau lainnya. Nah, beberapa usaha yang menguntungkan di desa ini patut Anda coba untuk menunjang penghasilan yang besar:

1. Toko Sembako
Usaha yang menguntungkan di desa pertama yang bisa Anda coba adalah membuka toko sembako. Yaps, umumnya masyarakat di desa kesulitan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari karena jauh dari pasar, sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Bagi Anda yang ingin membuka toko sembako, maka perhatikan beberapa tips berikut ini:
  • Posisi serta lokasi warung harus strategis
  • Jenis produk yang dijual tentu merupakan kebutuhan yang sangat pokok dan dibutuhkan oleh banyak masyarakat
  • Jangan lupa untuk mencatat secara lengkap tentang keluar masuk barang
  • Memberlakukan harga yang kompetitif untuk salah satu produk, agar menjadi daya tarik warung Anda. 

2. Menjual Aneka Bibit
Salah satu kebiasaan masyarakat pedesaan adalah berkebun. Nah, jika ditekuni berkebun dapat dijadikan sebagai usaha yang menguntungkan di desa. Yakni dengan cara menjual aneka bibit yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

Apa saja bibit yang bisa Anda coba? Bibit yang sedang banyak digemari saat ini adalah, bibit kelapa sawit, karet, atau pepohonan seperti basiar, mahoni, serta jenis bibit sayuran seperti bibit cabai, bibit terong, serta aneka bibit tanaman kebun lainnya.

3. Usaha Perkebunan/Bercocok Tanam
Selain menjual bibit, tak ada salahnya Anda untuk mencoba berkebun sendiri kemudian menjualnya dalam bentuk sayuran. Jenis-jenis tanaman yang bisa Anda coba seperti daun seledri, kebun kelapa, cabai, terong atau lainnya yang memiliki nilai jual tinggi.

4. Budidaya Ikan
Untuk bidang peternakan, salah satu usaha yang menguntungkan di desa adalah beternak ikan. Namun jika Anda ingin beternak ikan, maka cobalah untuk meriset pasar terlebih dahulu dengan melihat jenis ikan apa yang sedang menjadi primadona.

Selain itu, Anda juga harus mencari secara lengkap tentang bagaimana budidaya ikan yang benar, serta mencari agen dan distributor ikan yang akan diajak kerjasama.

Dengan beberapa pertimbangan tersebut, maka nantinya Anda bisa menghitung berapa besar biaya untuk budidaya serta berapa harga jual yang akan Anda lakukan. Dengan begitu Anda bisa memprediksi berapa keuntungan yang akan didapatkan.

Untuk jenis ikan yang bisa Anda coba yakni, ikan hias seperti, ikan mas koi, cupang, arwana, lougan, oscar, gurame, man fish, rainbow fish atau lainnya. sedangkan untuk ikan kebutuhan, seperti ikan nila, lele, betutu, galah, kepiting, gurame, atau lainnya.

Beberapa usaha yang menguntungkan di desa tersebut tentu mampu memberikan penghasilan yang besar asal dilakukan secara ulet dan benar.


Oleh: Venicka AP.

Artikel Terkait

Kabar Bisnis 7579049681137108776

Post a Comment

emo-but-icon

Cara Membuat Kue

Kabar Terbaru

item