Ini Dia 3 Bisnis UKM di Indonesia Dengan Keuntungan Besar


Sekarang ini bisnis yang sedang banyak dikembangkan oleh masyarakat Indonesia adalah bisnis UKM. Hal tersebut karena, bisnis yang satu ini memang hanya membutuhkan modal sedikit, bahkan risiko kerugian yang terjadi pun sangat minim. Dengan demikian, tak heran jika bisnis UKM di Indonesia ini, mampu pendapatan negara sekitar 60% dari Product Domestic Bruto(PDB), serta mampu membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat luas.

Meski terbilang menjanjikan, sebagian dari Anda tentu masih bingung jenis bisnis UKM  apa yang akan dipilih. Itu terjadi lantaran, sebagian orang masih terbelit dengan modal yang dimiliki, kurangnya pengalaman dalam bisnis UKM, bahkan kurangnya pengetahuan tentang teknik pemasaran yang baik, serta kendala lainnya yang menghambat proses bisnis.

Nah, bagi Anda yang masih bingung dalam memilih bisnis UKM, maka 3 bidang ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan:

1. Bidang Kuliner
Yaps, dalam jenis bisnis apapun, kuliner memang sangat menjanjikan, karena hanya memerlukan modal yang sangat sedikit. Tak hanya itu saja, alasan mengapa bisnis UKM dalam bidang kuliner lebih dipilih adalah, karena kuliner tak pernah sepi pengunjung.

Sedangkan untuk sukses atau tidaknya bisnis UKM dalam bidang kuliner, tentu tergantung bagaimana dengan kualitas serta rasa makanan itu sendiri. terlebih lagi dalam hal pelayanan, ini yang paling dilihat oleh konsumen.

Dengan demikian, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba bidang ini, pastikan pilih makanan yang sedang trend, berbeda dari lainnya, serta memiliki rasa yang enak dan pelayanan yang memuaskan.

2. Fashion
Selain kuliner, fashion juga menjadi bisnis UKM yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, jika diamati lebih dalam, saat ini penjualan fashion terutama busana telah meningkat secara drastis sesuai dengan perkembangannya.

Tak hanya itu saja, alasan mengapa bidang ini sangat menjanjikan adalah, karena fashion merupakan kebutuhan sekunder bagi manusia. Terlebih setiap harinya seseorang tentu ingin menggunakan busana yang berbeda.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis UKM ini namun memiliki modal sedikit atau tak memiliki modal sama sekali, maka bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropship. Baru setelahnya upgrade dengan memulai usaha sendiri dari produk yang dibuat sendiri.

3. Produk Kreatif
Berbicara tentang bisnis UKM pasti identik dengan produk kreatif. Dengan demikian, Anda bisa memulai bisnis ini sesuai dengan kemampuan atau kreativitas yang dimiliki.

Sedangkan dalam hal perkembangannya, seiring dengan kemajuan teknologi, Anda hanya menitipkan produk ke toko-toko saja, namun bisa dipasarkan melalui berbagai media elektronik seperti website atau media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter ataupun WhatsApp.

Dalam bisnis UKM yang terpenting sebenarnya adalah strategi pemasaran atau promosi. Artinya, jika promosi yang Anda buat baik dan menarik, maka untuk meningkatkan jumlah pelanggan akan semakin mudah. terlebih lagi saat ini perkembangan internet semakin maju, tentu bisa dijadikan sebagai peluang promosi yang besar.


Oleh: Venicka AP

Artikel Terkait

Kabar Bisnis 5084833156282654860

Post a Comment

Berkomentarlah dengan santun dan bermartabat.

emo-but-icon

Kabar Terbaru

item