Peluang Usaha yang Cocok di Desa Dengan Modal Kecil Namun Memberikan Keuntungan Besar


Apakah Anda tinggal di daerah pedesaan dan sedang mencari usaha yang cocok di desa? Pada dasarnya peluang usaha yang bisa dilakukan di pedesaan, bisa dibuat dari rutinitas yang umum dilakukan di pedesaan, seperti bertani, beternak, berkebun, berkeramba atau lainnya.

Yaps, jika bidang-bidang tersebut bisa Anda lakukan dengan tekun dan  serius, maka bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar, bahkan melebihi usaha yang dilakukan di perkotaan.

Lalu apa saja usaha yang cocok di desa untuk dilakukan? Berikut referensinya:

1. Kebun Sayur Organik
Membahas tentang pedesaan, pasti identik dengan sayur-sayuran. Nah hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha yang cocok di desa. Bagaimana bisa menjanjikan? Dengan menarget warga kota sebagai target pemasarannya, maka bukan hal yang tak mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Hal tersebut karena masyarakat perkotaan saat ini telah kesulitan untuk mendapatkan sayur-sayuran organik, sehingga jika Anda memasok dalam jumlah yang banyak tentu pendapatan akan semakin bertambah.

Tak hanya itu saja, kelebihan dari usaha ini juga cukup banyak. Misalnya luasan lahan yang dibutuhkan tak harus banyak, asal Anda bisa memanfaatkan lahan tersebut dengan baik, contohnya dalam satu lahan Anda menanam jagung, terong dan sayuran lainnya. Selain itu, di wilayah pedesaan umumnya untuk mendapatkan jenis pupuk organik juga lebih mudah, sehingga usaha bisa berjalan dengan baik.

Keuntungan lainnya yang akan Anda peroleh tentu penghasilan, dimana jenis sayur organik mempunyai harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sayur biasa. Bahkan, peminat sayur organik juga datang dari kalangan kelas menengah ke atas.

2. Usaha Mebel
Di daerah pedesaan umumnya banyak petani yang menanam kayu di kebun. Nah, ini dapat dijadikan sebagai usaha yang cocok di desa untuk Anda lakukan. Apalagi usaha yang satu ini berhubungan dengan masyarakat kota sebagai target pasarnya, sehingga keuntungan yang didapatkan lebih besar.

Dalam hal ini, tentu yang perlu Anda perhatian adalah bagaimana cara membuat dari mebel yang memiliki estetika dalam desainnya, agar menghadirkan banyak peminat. Sedangkan kelebihan dari bisnis ini adalah, karena kayu yang digunakan dari sendiri, serta mempekerjakan warga pedesaan, maka modal yang dibutuhkan sangat kecil.

3. Beternak Ayam Kampung
Yaps, saat ini daging ayam kampung telah menjadi favorit untuk banyak orang, sehingga dapat dijadikan sebagai peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan. Lebih dari itu, seperti yang terlihat saat ini, bahwa daging ayam kampung lebih mahal dibandingkan daging ayam negeri, padahal cara perawatannya lebih mudah ayam kampung.

Berbicara tentang perawatan, untuk memelihara yaman kampung Anda bisa menggunakan metode umbaran, dimana ayam dibiarkan bebas untuk mencari makanannya sendiri. kalaupun ingin menggunakan kadang, biaya untuk membeli pakan juga sangat murah, karena ayam kampung bukan jenis binatang yang pemilih makanan.

Jika ditarik kesimpulan, maka usaha yang cocok di desa bisa diambil dari aktivitas yang umum dilakukan pedesaan. Selain itu, untuk memperoleh keuntungan yang besar target bidikannya adalah masyarakat perkotaan.


Oleh: Venicka AP

Artikel Terkait

Kabar Bisnis 2664293341937900561

Post a Comment

emo-but-icon

Cara Membuat Kue

Kabar Terbaru

item